Image default
Lokal

7 Makanan Khas Indonesia Paling Lezat dan Mendunia

Ada banyak makanan khas Indonesia paling lezat dan dan terkenal hingga mencanegara. Kekayaan kuliner ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing untuk datang berkunjung ke Indonesia. Selain memiliki beragam jenisnya, makanan khas Indonesia juga kaya akan rempah-rempah sehingga punya tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner.

Makanan Khas Indonesia Paling Lezat

Di antara ribuan hidangan Nusantara yang ada, inilah 7 makanan khas Indonesia paling lezat dan populer di kancah internasional:

1. Rendang

Rendang Menjadi Makanan Khas Indonesia yang mendunia
Source: Kumparan.com

Makanan khas Nusantara ini telah menjadi hidangan yang menempati posisi nomor 1 di dunia sebagai makanan terenak. Rendang merupakan hidangan khas Sumatera dan terbuat dari daging sapi. Tak hanya terkenal di Indonesia, bahkan makanan ini pun populer di hingga ke negara tetangga seperti, Malaysia dan Singapura.

Rasanya yang lezat membuat kuliner yang satu ini kerap menjadi incaran wisatawan yang ingin mencicipi kelezatannya. Tak heran jika rendang kerap menjadi rekomendasi para jasa tour guide Indonesia. Bahkan, tak sedikit chef luar negeri yang mencoba untuk meniru masakan ini. namun, rasanya tentu tidak sama dengan rendang asli di Indonesia.

Baca Juga: 8 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

Untuk membuat rendang, dibutuhkan bumbu seperti santan, kayu manis, adas bintang, kapulaga, cabai kering, bawang putih, dan bawang merah, lalu dimasak bersama daging sapi. Proses memasaknya pun memerlukan waktu yang cukup lama supaya agar bumbu bisa meresap ke dalam daging.

2. Nasi Padang

Nasi Padang Kuliner Khas Indonesia
Source: Harianhaluan.com

Nasi Padang adalah hidangan kaya rasa yang berasal dari Padang, Indonesia. Kuliner ini biasanya berupa nasi yang dihidangkan dengan berbagai pilihan lauk dan sayur. Misalnya  kari, ayam, ikan, aneka olahan daging, tumis sayur, dan lain-lain.

Cara penyajiannya pun sangat unik. Anda cukup duduk di meja yang telah disediakan. Kemudian pramusaji akan membawakan Anda nasi, lengkap dengan berbagai pilihan lauk dan sayur di atas meja. Anda bebas memilih mau makan hidangan yang mana dan cukup membayar hidangan yang Anda makan saja.

3. Sate

Sate Makanan Khas Indonesia yang Paling Lezat
Source: Unsplash.com

Makanan khas Indonesia paling lezat dan mendunia selanjutnya ada sate. Daging yang ditusuk dan diolah dengan saus kacang kaya rempah-rempah ini di masak di atas bara api yang begitu panas. Maka dari itu, para penjual sate di Indonesia umumnya akan membutuhkan kipas untuk menghilangkan asapnya.

Daging yang biasa digunakan untuk olahan sate di antaranya daging ayam, kambing, daging kambing, atau kelinci. Tidak hanya lezat, namun cita rasa kuliner ini juga sangat khas. Selain dioles dan disiram dengan saus kacang yang berlimpah, bara api yang terbuat dari tempurung kelapa juga membuat cita rasa bakarannya berbeda dengan panggangan biasa.

Jenis sate di Indonesia pun cukup beragam dan banyak. Hampir setiap daerah memiliki Sate masing-masing. Seperti Banda Aceh, terdapat Sate Cumi, Padang, terdapat Sate Padang, Jakarta memiliki sate betawi, Tegal ada sate Tegal, Solo ada Sate Solo, dan Sate Madura yang cukup terkenal di Indonesia.

4. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Source: Haibunda.com

Meskipun nasi goreng merupakan makanan yang umum dijumpai di seluruh Asia, nasi goreng menjadi salah satu kuliner yang terpopuler di Indonesia. Nasi goreng khas Indonesia memiliki cita rasa yang khas namun mudah diterima oleh lidah semua orang.

Nasi goreng terdiri dari nasi yang ditambahkan kecap manis, telur dadar, suwiran ayam, irisan sosis, serta mentimun dan wortel. Selain itu, beberapa penjual nasi goreng juga menawarkan beberapa level kepedasan yang bisa Anda coba.

5. Kerak Telor

Kerak Telor
Source: Gatra.com

Rekomendasi makanan khas Indonesia paling lezat berikutnya adalah kerak telor yang berasal dari Jakarta. Kerak telor adalah masakan yang terbuat dari telur dan ketan yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, gula, garam, dan bawang putih.

Campuran tersebut kemudian dimasak di atas kompor arang dengan penyebaran panas yang merata untuk mencapai konsistensi seperti cangkang di bagian luar piring. Tak hanya menjadi ikon kuliner Jakarta, makanan ini juga banyak diminati oleh wisatawan asing.

6. Soto

Soto
Source: Resepkuliner.id

Soto adalah hidangan sup yang populer di Indonesia. Hidangan ini berisi ayam suwir lembut, mie bihun, daun bawang, dan telur rebus dalam semangkuk kuah kaldu yang lezat. Dua jenis soto yang yang paling favorit di bagi masyarakat Indonesia antara lain soto ayam dan soto mie.

Bahkan beberapa kota di Nusantara juga memiliki soto khas daerahnya masing-masing, seperti Soto Padang, Soto Lamongan, dan Soto Kudus. Anda dapat menikmati hidangan ini dengan nasi, lontong, atau ketupat sebagai pelengkapnya.

7. Pecel Lele

pecel Lele makanan khas Indonesia
Source: Qraved.id

Pecel lele merupakan hidangan ikan lele goreng yang disajikan dengan saus sambal bersama dengan beberapa sayuran segar. Hidangan mudah dijumpai di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Pedagang kaki lima yang menjual hidangan ini umumnya buka pada malam hari. Selain rasanya yang lezat, harganya pun relatif terjangkau. Tak heran jika makanan khas Indonesia yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta kuliner.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jawa Timur yang Lezat dan Bikin Nagih

Nah, demikianlah rekomendasi makanan khas Indonesia paling lezat dan mendunia yang patut masuk list wisata kuliner Anda. Rasanya yang mampu memanjakan lidah dijamin daftar makanan di atas akan membuat Anda ketagihan.


Related posts

Berkenalan dengan Kue Peler Bedebu Asal Kepulauan Seribu

Marsyaviani Darestuti

Resep dan Tips Membuat Roti Ketawa yang Renyah, Empuk, dan Mekar

Linda Arista

13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Risma Mualifa