Image default
Lokal

6 Makanan Khas Lampung yang Memanjakan Lidah

Sebuah provinsi di Indonesia yang berada di paling selatan pulau Sumatera ini ternyata memiliki kuliner yang tidak kalah lezat dari kota lainnya. Bahkan mungkin, makanan khas Lampung ini masih asing terdengar, padahal punya rasa yang sangat memanjakan lidah. Penasaran ingin coba?

Kalau bicara soal makanan dari Lampung, mungkin yang akan terpikirkan oleh banyak orang adalah keripik pisang. Makanan satu ini memang seringkali dijadikan buah tangan oleh orang-orang yang mengunjungi Lampung. Namun, bukan hanya keripik pisang saja lho yang bisa kamu coba bila berkunjung ke Lampung. Berikut ini adalah daftar makanan lezat asal Lampung:

Makanan Khas Lampung

1. Seruit

Seruit Makanan Khas Lampung yang Terbuat dari Ikan

Bisa dibilang, makanan khas Lampung Seruit ini yang paling populer dan terkenal. Umumnya, makanan satu ini disajikan di acara besar seperti pernikahan, adat ataupun keagamaan.

Nama Seruit sendiri diambil dari kata ‘nyeruit’ yang punya arti dilakukan bersama-sama. Nama ini diberikan karena khas masyarakat Lampung yang memang punya kebersamaan yang tinggi. Mereka senang berkumpul, dan menjadikan Seruit ini sebagai makanan yang akan mereka makan bersama-sama saat berkumpul tersebut.

Seruit ini adalah makanan yang bahannya terdiri dari ikan goreng atau bakar, yang dicampur sambal terasi, tempoyak ataupun mangga. Jenis ikan yang biasa dipakai untuk Seruit adalah ikan baung, balide, layis ataupun jenis ikan sungai lain. Cita rasa pedas, asam dan asin dari makanan ini membuatnya jadi disukai banyak orang.

Baca Juga: Bukan Hanya Pempek, Ini Dia 20 Makanan Khas Palembang yang juga Wajib Untuk Dicoba

2. Gabing

Gabing Makanan dari Batang Kelapa

Makanan yang terbilang sederhana ini dibuat dari bahan utama berupa batang kelapa yang masih muda atau yang dikenal dengan sebutan umbut. Umbut ini berada di dalam batang pohon, warna putih gading dan teksturnya padat.

Cara pembuatan gabing ini dengan mengiring umbut sampai kecil memanjang, lalu dimasak menggunakan kuah santan dan bumbu pelengkapnya. Cita rasa sayur gabing ini manis, dan teksturnya mirip dengan rebung. Gurihnya santan pun akan memanjakan lidahmu.

3. Gulai Taboh Makanan Khas Lampung

Gulai Taboh dikenal sebagai makanan Lampung pesisir, yang jadi menu wajib ketika acara adat. Bahan utama makanan satu ini yaitu ikan laut ataupun ikan sungai. Ikan sungai akan diasap semalaman dengan campuran kluwak dan tuba saja. Namun bila bahannya dari ikan laut, maka ikan ini ditambah kacang panjang, melinjo, labu kuning, serta sayuran lain.

Baik ikan sungai ataupun ikan laut tersebut akan dimasak bersama santan. Bila dilihat sekilas, mungkin kamu akan menganggap makanan ini mirip dengan sayur lodeh. Soal rasa pun bisa dibilang juga hamppir menyerupai. Namun gulai taboh ini cenderung lebih gurih dan juga kaya bumbu.

4. Umbu

Umbu Makanan Khas Lampung yang unik

Umbu ini bisa dibilang makanan Lampung yang sangat unik. Bahan utamanya adalah dari rotan yang masih muda. Rotan tersebut akan direbus beberapa saat sampai teksturnya jadi lunak. Rasanya mungkin sedikit pahit, seperti rasa ketika kamu makan pare.

Umbu makanan khas Lampung ini umumnya dijadikan bahan dasar sayur oseng ataupun dijadikan lalapan. Namun rotan yang sulit ditemukan, membuat umbu jadi makanan yang umumna disajikan hanya ketika acara adat ataupun acara penting saja.

5. Tempoyak Bukan Hanya Makanan Khas Palembang Tapi juga Lampung

Tempoyak

Tempoyak atau tempoyang ini adalah fermentasi durian, yang dibuat menjadi saus atau bisa dibilang pelengkap makanan. Terkadang tempoyak ini juga bisa kamu gunakan sebagai bumbu masakan. Bukan hanya di Lampung, tempoyak ini pun terkenal di Palembang, Jambi, ataupun Padang.

Untuk membuat tempoyak, daging buah durian akan diperam terlebih dulu dalam wadah tertutup, ditambah garam serta ragi, lalu dimasukkan dalam kulkas. Hasil fermentasi ini akan membuat durian berubah rasa menjadi agak asam. Nah, setelah itu, tempoyak bisa dimakan bersama ikan mujair, ikan mas, dan jenis ikan lainnya, serta tidak lupa dengan tambahan nasi hangat.

6. Kue Engkak

Kue Engkak

Kue Engkak adalah sejenis cemilan dengan cita rasa manis dan gurih yang teksturnya lembut. Bila dilihat sekilas, mungkin terlihat seperti kue lapis legit.

Untuk membuat Engkak ini terbilang butuh bahan yang tidak banyak, bahan utamanya hanya mentega dan telur saja. Namun untuk memasaknya butuh waktu yang cukup lama, karena harus kue engkak dipanggang menggunakan Loyang dengan cara berlapis-lapis.

Baca Juga: Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Itu dia makanan khas Lampung yang bisa dibilang unik dan mungkin tidak sering kamu dengar, tapi kalau bicara soal rasa, layak sekali untuk kamu coba! Siapa sangka kalau hidangan sederhana tersebut ternyata punya rasa yang luar biasa, lho!


Related posts

Nikmat! Rempah Asli Indonesia Kaya Manfaat

Menyantap Makanan Khas Papua Penuh Cita Rasa Alam

Rostina Alimuddin

Menggugah Selera, Ini Dia 8 Makanan Khas Riau yang Lezat!

Marsyaviani Darestuti