13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Makanan Indonesia menjadi salah satu kuliner paling kaya rasa di dunia. Berbagai macam rempah dan bumbu digunakan hingga menghasilkan cita rasa yang nikmat. Ditambah dengan teknik-teknik masak yang unik, masakan Indonesia mampu menggugah selera. Menariknya lagi, kuliner Indonesia terdiri dari banyak jenis yang datang dari daerah yang berbeda-beda, seperti salah satunya makanan khas Sunda.

Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia, Sunda memiliki beragam kekayaan mulai dari tradisi, budaya dan kebiasaan masyarakatnya. Kekayaan itu juga menghasilkan makanan khas yang menjadi karakter khusus suku tersebut. Sebagai ciri khas yang paling terlihat, masakan Sunda juga menggunakan perpaduan banyak jenis bumbu serta bahan. Makanan Sunda pun sudah sangat populer dan banyak ditemukan di daerah lain, seperti berikut ini.

1. Nasi Liwet

Menu nasi seakan menjadi menu yang paling umum bagi masyarakat Indonesia sebab beras merupakan bahan makanan pokok di negara ini. Dari Tanah Sunda, menu nasi khas yang paling terkenal adalah nasi liwet. Nasi ini dimasak dengan santan kelapa kental sehingga menghasilkan aroma yang lebih wangi. Dalam penyajiannya, makanan khas Sunda ini biasanya disertai sejumlah lauk seperti ayam goreng, tahu, teri, telur rebus dan sesekali bisa diberi tambahan sambal. Makanan ini kerap disajikan ketika acara kumpul bersama.

2. Nasi Timbel

Tidak jauh berbeda dengan nasi liwet, menu nasi khas Sunda yang berikut ini juga disajikan pada momen tertentu. Nasi timbel biasanya disantap sebagai menu perkenalan atau pembuka. Jadi makanan Sunda lain bisa dinikmati setelah memakan nasi timbel. Ciri unik dari menu ini adalah nasinya yang dibungkus daun pisang berbentuk memanjang. Cara penyajian inilah yang membuat nasi timbel bercita rasa nikmat dan harum. Sebagai pelengkap, nasi ini biasanya diberi lauk ikan asin, ayam bakar atau goreng serta lalapan.

3. Lotek

Lotek Makanan Khas Sunda
Source: Kulinerdago.com

Indonesia punya beberapa menu khas yang terbuat dari sayuran dan disiram bumbu kacang. Dari Jawa ada rujak, sementara dari Jakarta ada gado-gado. Sunda juga tidak mau kalah karena mempunyai lotek. Tentu saja ada perbedaaan di antara ketiga menu yang hampir sama itu. Meskipun sama-sama terbuat dari sayuran rebus, lotek mewajibkan adanya bayam, kacang panjang dan kapri. Lotek sebagai makanan khas Sunda yang ikonik ini biasa dinikmati bersama lontong, nasi bahkan mie.

4. Karedok

Satu lagi menu khas berbahan sayuran yang juga disertai siraman bumbu kacang, karedok. Tapi jangan sampai salah membedakan karedok dengan lotek, rujak maupun gado-gado. Karedok dibuat dari sayuran mentah. Rasa saus kacang karedok juga memiliki rasa khas yang berbeda dibanding saus kacang pada menu sayuran lain. Sebagai sentuhan akhir, sayuran segar yang telah disiram saus kacang melimpah ditambah dengan ayam atau gurame goreng.

5. Bakakak Ayam

Sebagai salah satu hewan yang paling umum dikonsumsi, ayam bisa dijadikan berbagai menu masakan. Seluruh wilayah di Indonesia memiliki menu khas yang terbuat dari daging ayam, termasuk suku Sunda. Bakakak ayam adalah makanan khas Sunda yang sering dihidangkan saat acara hajatan. Masakan ini dibuat dari ayam utuh yang dibalut dengan bumbu rempah kemudian dibakar atau digoreng.

6. Soto Bandung

Soto juga menjadi menu khas Indonesia yang terdapat di banyak tempat, mulai dari Jawa hingga Kalimantan. Orang Sunda pun memiliki menu bakso khasnya yang biasa disebut Soto Bandung. Soto khas Sunda menggunakan irisan daging sapi atau tetelan sebagai isiannya. Kuahnya yang hangat dan penuh rasa menjadikannya makanan yang sangat cocok dengan suhu dingin kota Bandung. Bagian yang membedakan Soto Bandung dengan soto lain adalah tambahan kacang kedelai goreng dan lobak.

7. Soto Mie

Tidak hanya Soto Bandung, orang Sunda juga mengenal menu soto mie sebagai masakan khasnya. Soto ini disajikan dengan kuah kental bersama dengan mie sebagai isian utamanya. Untuk melengkapi rasanya, menu ini juga disertai daging atau jeroan sapi, irisan kol dan tauge. Rasa khas soto mie dikenal dari kuah kentalnya yang pedas namun sedikit manis. Makanan khas Sunda yang tepatnya berasal dari Bogor ini banyak dijumpai di berbagai tempat makan.

8. Mie Kocok

Masih penasaran dengan makanan berkuah lain dari Sunda? Selain dua menu di atas, ada juga mie kocok yang tak kalah legendaris. Makanan ini berbahan dasar mie kuning yang disajikan bersama kuah kaldu sapi hangat. Irisan daging sapi beserta taburan bawang goreng semakin menambah kenikmatan saat menyantap makanan ini. Di beberapa tempat makan, mie kocok juga kerap disajikan bersama bakso.

9. Sate Maranggi

Makanan Khas Sunda yang Cukup Terkenal di Purwakarta

Tidak jauh-jauh dari olahan daging, kali ini ada masakan khas Sunda yang bernama sate maranggi. Selain dari daging sapi, sate ini juga biasa dibuat dari daging ayam. Sate ini dimasak dengan terlebih dahulu merendam daging yang sudah ditusuk ke dalam adonan bumbu kemudian dibakar. Bagian uniknya adalah sate ini tidak disajikan bersama kuah atau bumbu yang disiram seperti menu sate pada umumnya. Meski tanpa bumbu tambahan, rasa manis sate maranggi tetap menggugah selera berkat perpaduan bumbu yang pas.

10. Batagor

Batagor Makanan Khas Sunda Legendaris
Source: tribunnews.com

Setelah membahas beberapa menu makanan berat, kali ini datang rekomendasi makanan ringan dari Sunda. Namanya adalah batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Saking populernya, batagor tidak hanya ada di Bandung dan sekitarnya tetapi juga sudah banyak dijual di daerah lain. Meskipun termasuk makanan ringan, menyantap seporsi batagor tetap bisa membuat perut kenyang lebih lama.

11. Tahu Gejrot

Wajib cobain makanan khas sunda satu ini saat ke Cirebon

Satu lagi pilihan makanan ringan khas Sunda yang juga cukup melegenda, tahu gejrot. Tahu sebagai bahan utamanya disajikan bersama kuah pedas. Uniknya tahu yang digunakan dibiarkan kosong bagian dalamnya dengan tujuan agar kuahnya bisa meresap. Rasanya cenderung manis, tetapi jika ingin lebih pedas bisa ditambahkan dengan cabe rawit. Tak kalah populer dari batagor, tahu gejrot juga mulai dijual secara meluas hingga daerah lain.

12. Tahu Sumedang

Makanan Khas Sunda yang Melegenda

Dari Sumedang, ada makanan khas Sunda lain yang juga sering dijadikan buah tangan. Tahu khas Sumedang memiliki tekstur yang lembut di bagian dalamnya dan renyah di bagian luar. Tahu ini dimasak dengan cara digoreng seperti pada umumnya. Menyantapnya pun akan terasa lebih nikmat sambil menggigit cabe rawit. Sekalipun disebut tahu goreng biasa, rasanya tidak akan lengkap perjalanan ke Jawa Barat tanpa membawa pulang tahu ini.

13. Surabi

Surabi Makanan Khas Sunda

Selain kaya akan makanan sebagai menu utama, orang Sunda ternyata juga punya banyak jenis camilan. Surabi dikenal sebagai kue khas Sunda dengan bahan utamanya tepung beras. Cara memasaknya sangat unik karena dipanggang di atas tungku tanah liat. Surabi tradisional diberi tambahan oncom atau gula merah sebagai taburannya. Namun sekarang sudah banyak jenis topping surabi kekinian.

Makanan khas Sunda berasal dari resep tradisional yang terbukti masih eksis sampai sekarang. Tidak hanya masakan yang biasa disajikan sebagai menu utama, Sunda juga mempunyai banyak jenis makanan ringan yang khas. Semuanya masih dapat ditemui sampai saat ini dan tidak sedikit yang sudah mengalami inovasi. Temukan makanan khas lainnya Dibungkus.com.

Share