Image default
Lokal

6 Kuliner Legendaris Semarang, Manjakan Lidah!

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah yang dulunya merupakan pusat perdagangan yang ramai sejak abad ke-16. Tidak mengherankan kota ini telah menerima pengaruh dari budaya Belanda, Cina, dan Jawa sehingga menghasilkan akulturasi budaya yang bisa kamu rasakan melalui kuliner legendaris Semarang yang khas.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Semarang

Kuliner Legendaris Semarang yang Manjakan Lidah
Source: Pexels.com

Berikut ini adalah beberapa review makanan khas Semarang yang enak untuk patut untuk kamu masukkan ke list kuliner yang wajib kamu coba:


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

1. Sate dan Gule 29

Sate & Gule 29 Legendaris
Source: Tribunnews.com

Salah satu kuliner legendaris di Semarang yaitu Sate Kambing dan Gule 29. Tempat makan ini erletak di kawasan Kota Lama dan sudah ada sejak tahun 1945. Aneka menu berbahan dasar kambing seperti sate buntel, gulai, hingga pepes olor tersedia di sini.

Baca Juga: Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Untuk harganya, satu porsi gule dibanderol Rp. 30.000, sate buntel Rp. 50.000, gule kaki Rp. 40.000, sate campur Rp. 50.000, dan masih banyak menu hidangan lezat lainnya. Tertarik mencicipinya? Sate Kambing dan Gule 29 terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kota Lama Semarang. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00-21.00 WIB.

2. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur Semarang
Source: https://profile.perpus.jatengprov.go.id/

Rekomendasi kuliner legendaris Semarang lainnya ada mie kopyok yang sering disebut sebagai jajanan karena tidak membuat perut terlalu kenyang. Dalam satu porsi mie kopyok biasanya terdapat lontong, mie kuning, tauge, tahu pong, dan kerupuk gendar yang disiram kuah berbumbu bawang putih.

Sebagai pelengkap di atasnya ditaburi irisan bawang goreng dan seledri. Tempat makan mie kopyok yang paling terkenal dan wajib kamu jajal adalah mie kopyok Pak Dhuwur yang terletak di Jalan Tanjung, Semarang. Kedai makan legendaris ini siap melayani pembeli mulai dari pagi sampai sore, yakni pukul 08.00-16.00 WIB.

3. Tahu Pong Gadjah Mada

Tahu Pong Gajah Mada
Source: https://telusuri.id/

Tahu Pong Gadjah Mada ini adalah semacam warung makan yang sudah ada sejak tahun 1955. Tempat makan ini menyakinan makanan khas dari Semarang yang sayang bila tidak kamu coba, tahu pong.

Tahu pong atau tahu kosong yang rasanya gurih dan nikmat, sangat cocok untuk teman bersantai atau makan siang. Makanan ini biasanya disajikan dengan acar timun dan kecap yang dicampur dengan petis.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung, lokasinya berada di Jalan Gadjah Mada Nomor 63 B, Kembangsari dan mulai melayani pengunjung mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB. Soal harganya, satu porsi tahu pong dibanderol Rp. 28.000.

4. Gudeg Koyor Mbak Tum

Gudeg Koyor Semarang Mbak Tum
Source: https://www.alisson.id/

Mau kuGudeg Mbak Tum merupakan kuliner legendaris yang buka hingga tengah malam, sehingga sangat cocok bagi Anda yang lapar di malam hari. Gudek Mbak Tum telah membuka cabang di beberapa tempat, yaitu di jalan Majapahit dan Purwodadi.

Rasa dari gudeg koyor Mbak Tum dijamin nagih banget. Dalam satu piring isinya gudeg khas Semarang lengkap dengan urat daging (koyor) dan nasi putih hangat. Rasanya yang gurih dan nikmat, membuat Gudeg Koyor Mbak Tum ini tak pernah sepi pembeli, apalagi di malam hari. Tak heran jika warung ini tergolong sebagai tempat makan legendari di Semarang dan masih bertahan meski sudah berdiri sejak tahun 1991.

5. Toko Oen

Toko Oen Semarang Kuliner Legendaris Khas Semarang
Source: https://jatenglive.com/

Salah satu tempat kuliner legendaris Semarang lainnya adalah Toko Oen. Bagaimana bisa legendaris? Pasalnya, toko ini diketahui telah berdiri sejak tahun 1936 di Jalan Pemuda Semarang. Di sini para pengunjng bisa memesan aneka es krim dengan berbagai rasa seperti coklat, moka, vanilla, dan kopyor.

Salah satu es krim yang menjadi ciri khas kedai ini adalah Oen’s Symphony. Menu ini menyajikan 5 scoop es krim dengan rasa yang berbeda dan disajikan dengan slagroom dan katetong. Selain es krim, kamu juga bisa memesan aneka makanan Italia, Eropa, dan Indonesia.

Jika tertarik untuk berkunjung, langsung saja datang ke alamatnya di Jalan Pemuda Semarang, antara pukul 10.00-22.00 WIB.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

6. Es Puter Cong Lik

Es Puter Conglik Semarang Kuliner Legendaris Semarang
Source: Solopos.com

Kuliner es krim khas Semarang lainnya yang legendaris adalah Es Puter Cong Lik. Tempat makan ini sudah berdiri sejak 1982 dan masih eksis hingga kini. Rasa es krimnya yang manis, segar, dan lembut telah mendapat tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Menariknya lagi, es puter ini dibuat secara manual menggunakan buah asli. Biasanya ada empat rasa yaitu durian, coklat, kelapa, dan alpukat. Es puter ini disajikan dengan topping kelapa dan durian. Untuk lokasinya, es puter Cong Lik terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan, tepatnya di depan RS Telogorejo yang buka dari pukul 17.30 – 23.30 WIB.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Tengah Populer

Nah, itulah beberapa kuliner legendaris Semarang yang wajib kamu coba, mulai dari makanan berat hingga ringan. Tertarikkah kamu untuk mencicipi salah satu kuliner di atas saat berlibur ke Semarang?


Related posts

Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Marsyaviani Darestuti

Makanan Jawa Barat dari Singkong, Dikenal hingga Luar Daerah

Risma Mualifa

7 Makanan Khas Indonesia Paling Lezat dan Mendunia

Linda Arista