Image default
Lokal

Berkenalan dengan Kue Peler Bedebu Asal Kepulauan Seribu

Pernah mendengar tentang Kue Peler Bedebu? Kalau mendengar atau membaca namanya, mungkin memang terbilang nyeleneh dan menggugah rasa penasaran akan tampilannya. Betul kan? Sebagai bocoran, Peler Bedebu ini ternyata nama kuliner yang rasanya manis dan lezat. Kalau kamu penasaran asal usul nama nyelenehnya ini serta bagaimana tampilan makanan satu ini, simak ulasannya yuk!


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Tentang Kue Peler Bedebu

kue peler bedebu khas kepulauan seribu

Kalau dilihat secara tampilan, kuliner bernama unik ini punya ciri-ciri yang menyerupai kue klepon. Mungkin bila hanya dilihat dengan mata pun kita akan menyangka bahwa makanan tersebut adalah kue klepon.

Untuk membuat Peler Bedebu ini dibutuhkan bahan berupa ubi jalar, yang kemudian ditumbuk hingga menjadi halus dan dicampur dengan tepung sagu. Seperti sebagaimana pembuatan klepon, makanan ini pun adonannya diisi gula merah, lalu dikukus sampai matang. Setelah itu, proses pembuatan dilanjutkan dengan memberikan taburan kelapa parut.

Kuliner satu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970an, lho. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Kepulauan Seribu.

Meskipun jadi makanan tradisional di sana, namun ternyata makanan ini seringkali sulit dan jarang ditemukan. Karena bahan bakunya yaitu seperti ubi jalar, tepung sagu, gula merah dan kelapa parut terbilang sulit ditemukan di Kepulauan Seribu. Untuk membeli bahan baku dan membuat makanan ini, biasanya masyarakat Kepulauan Seribu akan membeli bahan baku dengan menyeberang ke Jakarta Utara. Wah, perjuangan sekali ya dalam pembuatannya!

Asal Usul Nama Kue Peler Bedebu

Bagi masyarakat Kepulauan Seribu, nama Peler Bedebu ini mungkin tidak lagi asing ataupun tidak lagi terdengar ambigu. Namun bagi masyarakat di luar Kepulauan Seribu, namanya mungkin akan terasa aneh bahkan lucu untuk disebut atau dibaca.

Asal usul dari nama kuliner ini konon berasal dari bentuk dan tekstur kue yang dijadikan bahan candaan masyarakat sekitar. Kue ini memang punya tekstur yang lembek dan berbentuk seperti kelamin laki-laki. Dari sinilah, akhirnya penganan satu ini dinamakan demikian.

Baca Juga: Resep dan Tips Membuat Roti Ketawa yang Renyah, Empuk, dan Mekar

Selain itu, kue inipun juga bisa ditemui di sekitar Pulau Pramuka serta Pulau Panggang. Namun, lagi-lagi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan ini tidak selalu dibuat, karena bahan-bahannya yang juga sulit ditemukan di sana.

Selain Kue Peler Bedebu, Kepulauan Seribu Memiliki Banyak Kuliner Bernama Nyeleh

Faktanya, Kepulauan Seribu ternyata memiliki beberapa jenis makanan yang punya nama unik, lho. Selain Kue Peler Bedebu ini, ada juga penganan bernama Janda Mengandang, Selingkuh, Bom Atom dan Roket.

  • Janda Mengandang

selain Kue Peler Bedebu adapula kue Janda Mengandang

Kue bernama unik ini ternyata punya sejarah tentang asal usul namanya, lho. Di mana dikatakan bahwa dalam agama Islam, wanita yang diceraikan suaminya memiliki masa iddah selama 100 hari, di mana selama waktu itu ia tidak boleh keluar dari rumah.

Nah, dalam kurun waktu itu, untuk dapat menghilangkan rasa bosannya, pihak orangtua biasanya akan memberi pekerjaan berupa membuat kue yang terbuat dari tepung beras yang harus ditumbuk sendiri hingga menjadi tepung oleh si wanita yang telah menjanda tersebut.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Kemudian setelah tepung beras dibuat, akan ditambah parutan kepala dan juga garam, lalu dikukus. Ketika akan dikonsumsi, kue ini akan dicocol dengan air gula merah untuk memberikan rasa manisnya.

Namun, perihal pemberian nama juga ada pula yang mengatakan bahwa kue ini dibuat oleh para istri untuk bekal suami mereka melaut, di mana belum dapat dipastikan apakah sang suami dapat kembali pulang atau tidak. Konon penamaannya jadi suatu metafora yang menunjukkan kalau para istri pelaut tersebut seakan seperti janda yang ditinggal suaminya.

  • Selingkuh

selain Kue Peler Bedebu adapula kue selingkuh

Kalau dilihat sekilas, bentukan kuliner ini seperti lontong. Di mana makanan ini berisikan abon ikan.

Pemberian nama makanan ini, konon berasal dari zaman dulu, yang aman masyarakat di Pulau Panggang sering mencari ikan dengan jarak yang terbilang jauh seperti ke Tanjung Pinang, Kalimantan dan juga Bangka Belitung. Biasanya dibutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan untuk pulang ke rumah kembali.

Di mana kue Selingkuh ini memiliki pesan kalau di daerah orang tidak boleh ‘main-main’ dengan wanita lain atau berselingkuh.

  • Bom Atom

kue bom atom

Warnanya yang pink kemerahan membuat makanan ini disebut Bom Atom. Bahan pembuatannya adalah tepung terigu, telur serta mentega, dan dibentuk lonjong seperti bentuk bom atom. Warna pink tersebut didapat dari warna gula yang diberikan pewarna makanan. Jadi, setelah makanan ini matang, akan dicelupkan pada gula berpewarna tersebut, sehingga hasil yang didapat adalah makana berwarna pink kemerahan tersebut.

Baca Juga: Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

  • Roket

Kue Roket

Makanan yang mirip combro ini berisikan ikan dan biasanya dijual dengan harga yang murah. Rasa isiannya pun punya cita rasa yang pedas. Bukan hanya secara tampilan, bahan baku yang digunakan pada kue Roket inipun mirip dengan combro, yaitu terbuat dari singkong yang biasa dikenal juga sebutan Dangder oleh para masyarakat Kepulauan.

Nah, itu dia beberapa hal menarik tentang Kue Peler Bedebu serta beragam jenis makanan Kepulauan Seribu lain yang ternyata punya nama yang benar-benar unik.


Related posts

9 Makanan Khas Sumatera Barat, Selalu Pengen Teriak Tambuah Ciek

admin

Bukan Hanya Pempek, Ini Dia 20 Makanan Khas Palembang yang juga Wajib Untuk Dicoba

Marsyaviani Darestuti

Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

admin