Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Ketika pertama kali mendengar tentang Kota Semarang, apa yang pertama kali kamu ingat? Mungkin Sebagian akan mengingat tempat wisata terkenal di sana, seperti salah satunya adalah Lawang Sewu. Tapi, bukan hanya itu saja yang bisa kita ingat dari Kota Semarang. Karena ada juga 16 makanan khas Semarang yang terkenal enak dan seringkali membuat rindu.

1. Soto Semarang

Soto Semarang Makanan Khas Semarang yang tak boleh terlewatkan

Soto Semarang punya kuah kaldu bening kekuningan, yang akan dipadukan santan sebagai campurannya. Ketika disajikan, soto akan dihidangkan dengan semangkuk nasi, mie beras, irisan ayam dan kerupuk kerak yang terbuat dari nasi yang sudah dikeringkan. Untuk lauknya, kamu bisa menambahkan sate kerang, sate telur puyuh ataupun sate ati. Kamu juga bisa menambahkan menu pendamping lain seperti mendoan ataupun tahu. Untuk menemukan kuliner khas Semarang ini tidak sulit kok, karena di berbagai wilayah di Semarang, soto ini banyak dijual dengan harga per porsinya mulai dari Rp 10.000 saja.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal, Makan khas Semarang yang unik

Makanan khas Semarang satu ini terdiri dari tahu yang digoreng, irisan kol mentah, tauge, telur dan juga udang. Semua isian ini akan disajikan dengan tambahan kuah yang terbuat dari bumbu kacang berbahan kacang tanah, cabai dan petis udang. Di tengah kota, ada salah satu tahu gimbal terkenal yang bisa kamu coba bila datang ke Semarang. Harganya mulai dari Rp 8.000 per porsinya, lho.

3. Babat Gongso

Babat Wongso Makanan Khas Semarang

Babat Gongso adalah salah satu makanan legendaris di Semarang, karena sudah ada sejak lama dan dijual turun temurun. Makanan ini adalah jeroan sapi berupa babat yang disajikan dengan kuah manis pedas. Yang khas dari makanan satu ini adalah cara memasaknya yang masih tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku, sehingga rasa yang dihasilkan pun terbilang unik dan berbeda.

4. Lumpia

Makanan Khas Semarang yang Cukup terkenal

Makanan khas Semarang ini adalah makanan wajib yang harus dicoba ketika berada di Semarang. Makanan ini juga jadi salah satu makanan legendaris karena sudah ada sejak lama sekali. Kulit lumpia terbuat dari tepung yang dibentuk seperti lembaran, yang kemudian digulung dan diberi isi seperti daging, udang dan rebung. Untuk penyajiannya, lumpia umumnya disajikan dengan saus manis kental. Tapi, lumpia juga cocok untuk dimakan bersama menu lain seperti misalnya nasi, lho. Di Semarang, kamu bisa temui lumpia di setiap sudutnya.

5. Bandeng Presto

Makanan Khas Semarang yang Sering Jadi Oleh-Oleh

Nah, kalau makanan satu ini mungkin seringkali kita dapatkan ketika ada kerabat yang pulang kampung dari Semarang. Benar tidak? Memang makanan ini adalah salah satu oleh-oleh terkenal dari Semarang. Yang membuat bandeng presto ini khas adalah karena sebelum disajikan, ikan bandeng dipresto terlebih dulu hingga duri bandeng yang tadinya keras jadi lunak dan mudah dimakan. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk bandeng presto Semarang ini pun menambah kelezatannya.

6. Wingko Babat

Oleh-oleh wajib dari Semarang

Satu lagi, oleh-oleh populer khas Semarang yang bikin rindu, yaitu wingko babat. Makanan satu ini terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda dan juga gula. Wingko disajikan dalam bentuk bundar pipih, dengan banyak pilihan rasa.

7. Mochi

Gak Cuma Sunda, Makanan Khas Semarang juga ada Mochi

Mochi khas Semarang juga jadi salah satu makanan yang dijadikan buah tangan. Kue kecil yang terbuat dari tepung ketan dan beragam isian ini punya ciri khas tersendiri lho. Mochi dari Semarang umumnya diberi taburan wijen dan gula halus sehingga rasa manisnya pun jadi pas ketika dimakan.

8. Tahu Petis

Tahu Petis Makanan Khas Semarang

Camilan khas Semarang ini banyak diburu orang karena kelezatannya. Makanan ini dibuat dari tahu yang digoreng kering dan disajikan bersama sambal dari petis udang. Yang membuat makanan ini jadi makanan favorit adalah karena rasa sambal petisnya yang asam dan juga segar.

9. Pisang Plenet

Pisang Plenet Makanan Khas Semarang

Murah dan enak adalah dua kata yang bisa menggambarkan camilan berbahan pisang ini. Pisang yang digoreng tanpa tepung ini akan dipipihkan terlebih dulu, itulah kenapa namanya adalah pisang planet atau pisang gepeng. Ada berbagai rasa yang bisa kamu pilih bila ingin mencicipi camilan satu ini, seperti cokelat, selai strawberry ataupun meses dan keju.

10. Gandos

Bukan Pancong, Tapi Gandos

Kalau kamu mungkin akan menyebut ini kue rangin atau kue pancong. Karena nama-nama itulah yang seringkali orang sebut ketika melihat makanan satu ini. Tapi di Semarang, kue ini dikenal dengan nama gandos. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras yang dicampur santan kelapa, lalu ditambah gula dan garam. Ketika disajikan, gandos akan diberi taburan gula halus ataupun tambahan rasa lainnya seperti keju, atau coklat bubuk.

11. Tahu Pong

Nikmati Tahu Sambil Di Oles Sambal Kecap

Satu lagi olahan tahu yang berasal dari Semarang. Yang membuat tahu pong ini khas adalah karena tahu yang digunakan bentuknya bulat. Tahu ini akan digoreng kering dan diberi sambal petis. Selain itu, tahu ini juga ternyata tidak punya isian di dalamnya alias kopong.

12. Mie Kopyok

Mie Kopyok

Makanan legendaris lainnya dari Semarang yaitu mie kopyok. Mie ini punya ciri khas irisan daging sapi dan juga tambahan tahu dan kerupuk gendar. Mie kopyok juga berisikan mie basah dan kecambah rebus, lalu ada tahu dan potongan ketupat atau lontong sebagai pelengkap. Akan lebih nikmat memakannya bila ditambahkan bawang goreng, daun seledri dan juga kuah kaldunya. Hmm… Bikin rindu~

13. Mangut Kepala Manyung

Mangut Kepala Manyung

Makanan khas Semarang ini terbuat dari kepala ikan Manyung, daging Manyung asap, santan, tomat dan cabai. Yang membuat makanan ini berbeda adalah rasa khas kuah santannya yang kental dan dipadukan dengan rasa khas ikan Manyung yang nikmat. Cocok sekali untuk dimakan bersama nasi hangat dan tambahan perkedal.

14. Nasi Ayam

Nasi Ayam Makanan Khas Semarang

Menu pilihan makan siang satu ini punya porsi yang terbilang banyak. Bahan utamanya tentu saja ayam dan campuran kuah kental. Nasi ayam ini umumnya disajikan bersama dengan sayur, urap dan juga gorengan.

15. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel Kuliner Khas Semarang

Namanya memang terbilang unik ya? Ternyata nama ini diberikan karena alasan roti ini punya bentuk balok kotak yang serupa dengan bantalan rel kereta. Nah, roti ini dibuat dari tepung terigu dan gula, dan punya aroma kayu manis yang khas serta diberi taburan wijen di atasnya. Tekstur roti ini tidak terlalu empuk, karena malah cendeurng kering dan keras. Tapi, roti ini cocok banget jadi teman minum teh ataupun kopi, lho. Selain itu, roti ganjel rel ini juga banyak dijadikan oleh-oleh.

16. Nasi Pecel

Nasi Pecel Makanan Khas Semarang Wajib Dicoba

Kalau ke Semarang, tidak lengkap rasanya kalau tidak makan nasi pecel. Yang khas dari nasi pecel ini yaitu penggunaan daun pepaya sebagai sayurnya. Tapi tenang saja, rasa pahit dari daun pepaya ini bisa tersamarkan dengan sambal kacangnya, kok. Selain makan dengan nasi, kamu juga bisa memilih ketupat untuk jadi teman si pecel.

Kalau berbicara tentang kuliner khas Semarang, sepertinya akan ada banyak sekali yang harus kita coba, nih. Kuliner dari Kota Semarang memang terbilang banyak, dan punya ciri khas tersendiri. Jadi, bila kamu ada kesempatan mengunjungi Semarang, jangan lupa menyisihkan waktu untuk mencicipi semua kulinernya ya. Sekali mencoba, dijamin akan bikin rindu untuk memakannya lagi~

Share