Tips

Beberapa Makanan Sehat untuk Anak yang Perlu Ada di Rumah

--> Liquid Saltnic Rendah Nikotin

Makanan sehat untuk anak ini mempunyai kepentingan yang sama untuk bisa melengkapi gizi tubuh seimbang. Namun, tidak semua cemilan sehat bisa dikonsumsi untuk pelengkap nutrisi, melainkan harus bisa memenuhi kriteria camilan sehat untuk anak.

Tingginya aktivitas anak dari pagi sampai sore, memang memerlukan pasokan energi lebih. Hal ini tentunya agar tubuhnya kuat dan terhindar dari penyakit.

Iklan Backlink

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak

Makanan sehat untuk anak yang teratur dapat meningkatkan energi dan membantu anak mendapatkan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Berikut ini sudah ada beberapa jenis makanan sehat anak yang lezat dan bergizi.

Portal Informasi Seputar UKM Indonesia

Yogurt

Yogurt
Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan sehat untuk anak. Hal ini tentunya karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik.

Sebagian besar yogurt juga diketahui telah mengandung bakteri hidup yang bermanfaat bagi sistem pencernaan, Pilihlah yogurt tanpa menggunakan lemak atau rendah lemak serta mempermanisnya dengan buah segar atau sedikit madu.

Hindari juga memilih yogurt dengan pemanis buatan. Namun, pastikan juga untuk tidak memberikan madu terhadap bayi di bawah 12 bulan. Sebab, akan berisiko lebih besar terkena infeksi serius yang dikenal sebagai botulisme.


Liquid Saltnic Rendah Nikotin

Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal

Oatmeal ini bisa menjadi salah satu ide untuk sarapan sehat Si Kecil, namun juga bisa menjadi makanan sehat untuk anak yang enak. Oat kaya akan serat yang bisa meningkatkan jumlah bakteri serta memperlancar saluran pencernaan.

Oleh karena itu, pilihlah oat yang rendah gula dan tambahkan sekitar 1/8 sendok teh kayu manis. Beberapa apel bisa dipotong dadu untuk bisa menambah rasa manis.

Apabila Anda bisa membuat oatmeal dengan susu dan bukan air. Hal ini akan menambah protein serta kalsium tambahan untuk gizi anak.

Iklan Hosting

Smoothies

Smoothies
Smoothies

Apabila anak kurang suka makan buah potong, maka dapat mengubahnya menjadi smoothies. Makanan sehat untuk anak ini bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk mengemas nutrisi ke dalam sajian lebih menarik.

Anda juga dapat menambahkan sayuran ke dalam smoothie. Dengan rasa manisnya buah, anak tidak akan menyadari bahwa sayuran ada di dalamnya.

Oleh karena itu, gunakan bahan buah segar yang utuh dan hindari jus buah tinggi gula. Sebagian besar buah memang mengandung serat serta nutrisi penting seperti kalium dan vitamin A dan C.

Buah Potong

Buah Potong
Buah Potong

Makanan sehat untuk anak berikutnya yaitu buah potong. Sepotong buah bisa menjadi salah satu camilan yang nyaman dan sehat untuk anak-anak.

Saat ini sebagian besar buah mengandung serat dan nutrisi penting, misalnya seperti potasium dan vitamin A dan C. Pisang, pri, apel, anggur, persik, dan plum juga menjadi contoh buah-buahan yang bisa digunakan untuk camilan dibawa-bawa.

Potong buah-buahan seperti nanas, melon, maupun mangga juga bisa menjadi potongan-potongan kecil. Anda bisa menyimpannya dalam wadah kecil untuk camilan yang lezat dan menyegarkan.

Kismis

Kismis
Kismis

Kismis merupakan salah satu anggur kering, karena memiliki hampir semua nutrisi yang ditemukan dalam anggur segar, namun dalam paket lebih kecil. Kismis ini sudah mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup.

Bahkan, buah ini diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, kismis juga telah mengandung senyawa tanaman, khususnya asam oleanolic.

Jadi buah ini juga bisa melindungi gigi anak dari gigi berlubang. Caranya cukup dengan mencegah bakteri menempel pada gigi.

Ubi

Ubi
Ubi

Saat orang tua sibuk dan ingin menyajikan makanan bernutrisi, ubi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Ubi juga telah mengandung vitamin A yang tinggi, serat, serta kalium.

Kalium sebenarnya berperan penting dalam kesehatan jantung serta menjaga tekanan darah. Ubi juga mudah diolah, tinggal cuci dan tusuk- tusuk dengan garpu.

Lalu bisa panaskan di microwave selama 3-5 menit, dan bisa disajikan kepada bayi, anak, dan remaja. Rasanya sangat manis sehingga menggugah selera makan anak.

Iklan Backlink

Alpukat

Alpukat
Alpukat

Alpukat ini tentunya mengandung lemak tipe monounsaturated fatty acid yang sangat baik. Bahkan, buah ini juga berperan dalam mengurangi peradangan serta menjaga kadar kolesterol tubuh.

Alpukat juga akan menjaga agar anak kenyang lebih lama. Hal ini karena lemak alpukat bergerak di usus secara perlahan. Alpukat bisa langsung disajikan sebagai smoothie, jus, saus pesto, atau dimakan menggunakan roti dan telur.

Alpukat juga bisa menjadi perkenalan makanan MPASI yang baik untuk bayi dan balita. Makanan sehat untuk anak ini bisa disajikan setiap hari.

Portal Informasi Seputar UKM Indonesia

Kue

Kue
Kue Gulung

Anak-anak biasanya lebih menyukai makanan manis, khususnya kue. Anda dapat langsung membuat kue sebagai camilan sehat anak. Anda bisa mencoba buat kue rendah gula dan masukkan buah-buahan ke dalam adonan atau sebagai topping. Apabila anak suka dengan salah satu kartun, seperti Mickey Mouse.

Maka Anda dapat membuat kue berbentuk kartun tersebut agar anak lebih tertarik untuk memakannya. Mulai saat ini, bisa ganti makanan Sehat untuk Anak seperti di atas.


Emkay Blast Lite Lychee

Related posts

Begini Cara Mengolah Santan agar Lebih Sehat

Rostina Alimuddin

10 Resep Makanan Ringan Sehat untuk Dinikmati Setiap Hari

Faqih Jafar

Mengapa Makanan Pedas Lebih Menyehatkan Daripada yang Anda Pikirkan?

Faqih Jafar

Leave a Comment