Image default
Lokal

Menyicipi Kelezatan 8 Makanan Khas Lombok

Bukan hanya memiliki pemandangan yang mempesona, namun kenyataannya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga punya kuliner lezat yang sayang banget untuk dilewatkan. Nah, makanya, bila mengunjungi Lombok berarti kamu juga harus menyisihkan waktumu untuk mencoba makanan khas Lombok berikut ini nih.

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang sebagai Makanan Khas Lombok yang sudah dikenal nasional

Kalau namanya, mungkin makanan satu ini bisa dibilang tidak asing lagi. Ayam taliwang ini salah satu makanan yang berasal dari Lombok, dan bisa dibilang paling terkenal, baik di Lombok ataupun di luar Lombok. Di Lombok sendiri pun hampir seluruh rumah makan pasti menjual menu satu ini.

Baca Juga: Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Ayam taliwang sendiri adalah jenis makanan berupa ayam bakar, yang punya cita rasa gurih dan juga pedas. Rasa gurih dan pedasnya inilah yang membuat makanan ini berbeda dari ayam bakar biasanya. Ada beberapa pilihan penyajian dari ayam taliwang, yaitu pedas manis, plecingan, sambal lima, bakar kecap, bakar madu, goreng asam ataupun goreng biasa.

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Plecing kangkung merupakan makanan khas Lombok timur, yang biasanya jadi teman makan ayam taliwang. Dari namanya, bahan baku utama makanan ini pastinya adalah kangkung. Kangkung tersebut akan direbus, dan disajikan dingin, lalu diberi tambahan sambal yang terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi dan garam.

Selain kangkung, ada tambahan tauge dan kacang goreng untuk variasinya. Rasanya lezat, apalagi dimakan bersama dengan sepiring nasi hangat.

3. Bebalung

bebalung Makanan Khas Lombok terbuat dari Iga

Bebalung dalam bahasa Sasak berarti ‘tenaga’. Seperti namanya, makanan berkuah satu ini memang dianggap masyarakat Lombok sebagai makanan untuk penambah tenaga serta vitalitas.

Makanan ini menggunakan tulang iga sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Sekilas, tampilannya hampir mirip dengan soto atau gulai. Bumbu-bumbu seperti lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih dan merah serta cabai rawit dalam makanan satu ini membuat aroma dan rasanya ketika kita memakannya jadi terasa sedap.

4. Sate Pusut

Sate Pusut Khas Lombok

Kalau sate lilit terkenal sebagai makanan khas Bali, nah, kalau makanan khas Lombok ada sate pusut. Secara tampilan mungkin terlihat mirip, ya. Yang membedakan keduanya terletak di bumbu yang dipakai. Pada sate pusut, tidak menggunakan bahan santan kelapa seperti sate lilit Bali.

Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi ataupun ikan laut. Namun orang-orang di Lombok seringkali menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan bakunya.

Baca Juga: Mengenal 8 Makanan Khas Maluku Favorit

5. Beberuk Terong

Beberuk Terong

Makanan Lombok lainnya yang wajib kamu coba yaitu beberuk terong, yang punya cita rasa yang pedas manis. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan pendamping nasi ini yaitu terong gelatik yang berbentuk bulat kecil berwarna putih keunguan dan punya tekstur renyah, serta diolah menggunakan bumbu seperti plecing.

Ada dua pilihan penyajian dari beberuk terong, yaitu beberuk terong bulat mentah dan juga beberuk terong bakar suwir. Rasa menyegarkan dari beberuk terong ini cocok sekali dipadukan dengan ayam taliwang serta nasi hangat.

6. Sayur Ares

Sayur Ares Makanah Khas Lombok dari Pelepah pisang

Sayur ares terkenal sebagai makanan yang berasal dari Lombok Timur, berbahan dasar ares atau yang biasa dikenal sebagai pelepah pisang yang masih muda. Ares tersebut akan diolah dengan kuah santan yang gurih. Bila mencobanya, kamu akan merasakan paduan rasa gurih dan manis.

Umumnya, makanan ini akan disajikan di acara-acara pernikahan orang-orang dari Suku Sasak. Namun di beberapa restoran di Lombok pun sudah banyak yang menyajikan menu ini.

7. Sate Rembiga

Sate Rembiga

Selain sate pusut, Lombok juga punya sate rembiga. Nama ‘Rembiga’ sendiri diambil dari nama jalan yang ada di Mataram, Lombok.

Bahan sate rembiga ini yaitu terbuat dari daging sapi, yang sebelumnya sudah ditumbuk agar lebih empuk ketika dimakan. Daging sapi yang sudah ditumbuk tersebut akan direndam di bumbu khusus hingga 2 jam sebelum ditusuk dan juga dibakar. Rasanya manis, gurih dan pedas. Biasanya sate rembiga akan disajikan bersama lontong, bulayak (sejenis lontong tapi dibungkus daun lontar), plecing, urap ataupun mi goreng.

8. Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Pujak dari Lombok

Makanan khas Lombok berikutnya adalah makanan yang umumnya jadi santapan Hari Raya Idul Fitri. Poteng jaje tujak atau tape jajan tumbuk ini terbuat dari tape dan ketan putih.

Baca Juga: Menyantap Makanan Khas Papua Penuh Cita Rasa Alam

Konon katanya, orang yang membuat makanan manis satu ini harus dalam keadaan suci atau sedang tidak haid. Bahkan dikatakan, rasanya akan lebih enak ketika membuat poteng jaje tujak ini setelah solat.

Dari 8 makanan khas Lombok di atas, yang mana saja yang sudah pernah kamu coba? Atau malah membaca artikel di atas, membuat kamu jadi penasaran ingin coba semuanya?


Related posts

Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

admin

Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Marsyaviani Darestuti

Berkenalan dengan Kue Peler Bedebu Asal Kepulauan Seribu

Marsyaviani Darestuti