Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

Saat mengenang masa-masa SD rasanya tidak pas kalau tidak bernostalgia pula dengan jajanannya. Tidak bisa dipungkiri jika jajanan anak SD memang nikmat dan lezat apalagi harganya yang sangat bersabahat dengan kantong anak SD kala itu.

Anak 90-an pasti susah move on dengan jajanan anak SD nih. Belum lagi kalau mengingat tiap moment yang dihabiskan bersama teman masa SD sambil ngemil jajanan di sekolah. Nah, untuk mengobati kerinduan kalian dengan jajanan anak SD, berikut ini kami berikan kumpulan jajanan anak SD yang bikin nostalgia.

Telur Gulung

Jenis jajanan yang satu ini sepertinya memang menjadi penghuni tetap di setiap halaman depan sekolah. Hampir tiap hari jajanan telur gulung ini akan menjadi pemandangan di tiap jam-jam istirahat. Sesuai namanya, telur gulung ini sendiri terbuat dari telur yang kemudian digulung dengan menggunakan batang lidi. Sebelumnya, adonan telur dicampur dengan air terlebih dahulu lalu saat dituang ke dalam penggorengan telur tersebut harus segera digulung.

Baca Juga: Mengenal 8 Makanan Khas Maluku Favorit

Pada dasarnya, cara membuat telur gulung ini sangat mudah dan bisa dibuat di rumah tapi entah mengapa telur gulung yang dijual abang-abang depan SD memang memiliki sensasi yang berbeda. Di zaman tahun 2000-an, generasi 90-an sudah bisa menikmati telur gulung hanya dengan harga lima ratus rupiah per batangnya. Namun, bagi generasi zaman now memang sepertinya harus merogoh kantong lebih dalam karena telur gulung saat ini sudah seharga seribu hingga dua ribu rupiah per batangnya.

Telur Dadar Mini

Jajanan anak SD dadar telur yang melegenda

Nah, jajanan telur dadar mini ini biasanya cukup menarik perhatian anak SD karena selain enak dan murah, pembelinya juga bisa membuat sendiri telur dadarnya. Bisa dibilang jajanan yang satu ini merupakan hasil kolaborasi antara penjual dan anak SD. Sampai saat ini pemandangan seperti ini masih ramai terlihat di depan gerbang Sekolah Dasar. Kalau dulunya harga telur dadar mini masih bisa didapatkan dengan harga lima ratus rupiah percetakan, sekarang harganya sudah naik menjadi seribu rupiah per cetakan.

Es Potong

Es potong merupakan salah satu jajanan menyegarkan yang sangat legend bagi anak 90-an. Biasanya, es potong ini akan laku deras di jam-jam pulang sekolah SD. Pokoknya, pas pulang sekolah rasanya tidak pas tanpa kehadiran es potong ini di mulut. Ukuran es potong ini juga bergantung dengan seberapa banyak uang yang kalian keluarkan. Semakin banyak uang kalian maka semakin panjang juga potongan es yang didapatkan.

Es Serut

Panas beli es serut jajanan anak SD

Tak hanya es potong, es serut juga menjadi jajanan penghilang dahaga anak SD di masa lalu. Es serut biasanya lebih segar dinikmati di saat-saat jam olahraga berakhir. Es serut ini sendiri memiliki konsep yang unik karena memiliki warna yang ceria dan disertai dengan taburan sirup manis di atasnya. Meskipun masih sering ditemui di beberapa tempat akan tetapi es serut ini sepertinya sudah mulai jarang terlihat di wilayah-wilayah Sekolah Dasar.

Mie Lidi

Jajanan anak SD yang sampai sekarang masih dicari, lidi-lidian

Jajanan yang satu ini termasuk jenis jajanan anak SD yang bikin ketagihan. Satu kali masuk mulut rasanya susah untuk berhenti mengunyah. Mie lidi ini sering juga disebut dengan lidi-lidian di kalangan anak SD. Bahannya sendiri terdiri atas tepung terigu dan tepung sagu yang kemudian dibentuk seperti lidi. Setelah itu lidi-lidian ini akan ditaburi bubur cabai dan garam secukupnya untuk menimbulkan sensasi asin dan gurih. Saat ini jajanan mie lidi sudah memiliki rasa yang bervariasi jadi tidak akan monoton lagi dengan rasa pedas gurih saja.

Cokelat Payung

Jajanan legend yang terakhir ialah cokelat payung. Jajanan coklat payung ini dulunya sangat mudah sekali ditemui diberbagai warung-warung. Mulai dari kantin sekolah hingga di warung-warung tetangga. Sayangnya, jajanan yang memiliki harga super murah ini yaitu hanya seratus rupiah saja sudah sangat susah ditemui saat ini. Bahkan cokelat payung sudah seperti nyaris punah di tengah menjamurnya jajanan anak SD kekinian lainnya.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Tengah Populer

Demikianlah informasi tentang kumpulan jajanan anak SD yang bisa membangkitkan kembali memori nostalgia masa kecil kalian. Semoga tulisan ini bisa mengobati rindu kalian yah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *