6 Makanan Khas Jawa Tengah Populer

6 Makanan Khas Jawa Tengah Populer

Jika kalian sedang berencana melakukan perjalanan ke Jawa Tengah, maka jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas Jawa Tengah juga. Tidak bisa dipungkiri jika Jawa Tengah termasuk surganya makanan enak. Di tempat ini kalian akan menjumpai berbagai macam makanan tradisional dengan bumbu dan bahan yang khas. Mau makanan manis, pedas, gurih atau pedas manis pun semuanya tersedia di daerah ini. Mulai makanan berat sampai jenis cemilan pun tersaji lengkap di Jawa Tengah. Nah, biar tidak tambah penasaran, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas Jawa Tengah yang wajib kalian coba!

Baca Juga: Bukan Hanya Pempek, Ini Dia 20 Makanan Khas Palembang yang juga Wajib Untuk Dicoba

Nasi Liwet

Nasi Liwet Makanan Khas Jawa Tengah

Nasi liwet merupakan jenis makanan khas Jawa Tengah yang disajikan dengan nasi beserta potongan ayam yang gurih di mulut. Tak ketinggalan pula guyuran sayur labu siam yang akan semakin menambah nafsu makan kalian. Pada dasarnya, nasi liwet ini memiliki cara memasak yang hampir sama dengan nasi uduk. Namun, yang membuatnya semakin nikmat ialah taburan lauk dan sayur labu siam di sekelilingnya. Nasi liwet ini bisa kalian temukan di wilayah Surakarta maupun Solo. Untuk menemukannya pun tidaklah sulit karena berbagai jajanan warung tenda di pinggir selalu menyediakan menu yang satu ini.

Nasi Gandul

Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah Nasi Gandul
Source: Jatengprov.go.id

Menu khas Jawa Tengah selanjutnya ialah nasi gandul. Arti kata “gandu” pada makanan ini sendiri memiliki arti kates atau pepaya. Meskipun demikian, nasi gandul ini sama sekali tidak mengandung bahan pepaya sama sekali. Nasi Gandul biasanya disajikan dengan nasi putih beserta kuah segar. Beberapa jenis lauk seperti daging sapi olahan juga biasanya mendampingi nasi gandul ini. Untuk menikmati nasi gandul ini kalian bisa mengunjungi daerah Pati di Jawa Tengah.

Soto Kudus

Soto Kudus Makanan Khas Jawa Tengah
Source: Indozone.id

Sesuai namanya, soto Kudus memang berasal dari kota Kudus. Soto kudus pada umumnya sudah bisa ditemukan di mana saja. Hingga saat ini menu soto Kudus juga sudah bisa ditemukan di luar wilayah Kudus. Namun, tidak bisa dipungkiri jika menyantap soto Kudus memang akan lebih nikmat jika berada di daerah asalnya. Yang menarik dari hidangan soto Kudus ini ialah daging kerbau beserta kuah bening yang dicampur dengan asam Jawa. Perpaduan bahan-bahannya ini memang akan membuat nafsu makan semakin bertambah. Tak hanya itu, tambahan nasi, tauge, mie, bawang goreng beserta daun seledri akan semakin membuat soto Kudus semakin kaya rasa saat disantap bersamaan.

Baca Juga: Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Jenang Kudus

Jenang Kudus, Si Manis yang Punya Cerita Legendaris dari Jawa Tengah
Source: Inibaru.id

Menu makanan khas Jawa Tengah selanjutnya ialah Jenang Kudus. Jika sebelumnya adalah rekomendasi makanan berat, maka kali ini kita akan membahas cemilan khas Jawa Tengah yang bernama jenang Kudus. Meskipun memiliki tampilan yang menyerupai dodol Garut, akan tetapi jenang Kudus memiliki cita rasa yang berbeda dengan dodol Garut. Pada umumnya, tekstur dari jenang Kudus lebih lembut dan empuk. Cita rasa manis yang dihadirkan di mulut juga tak semanis dodol Garut.

Beberapa bahan dasar dari cemilan yang satu ini di antaranya yaitu tepung beras ketan, gula pasir, gula merah dan juga Wijen. Semua bahan ini akan disatukan lalu diaduk merata hingga mengental. Setelah matang, jenang Kudus kemudian didinginkan lalu dicetak dan dibungkus menggunakan plastik. Campuran wijen di dalam jenang Kudus ini akan memberikan sensasi yang lebih gurih dan legit.

Gethuk

INI DIA! Cara Membuat Getuk Lindri

Cemilan khas Jawa Tengah selanjutnya yang patut kalian coba saat berkunjung ke Jawa Tengah ialah gethuk. Cemilan yang satu ini terbuat dari olahan singkong. Hasil olahan singkong ini akan menjadikan gethuk lebih lembut di mulut. Yang menarik dari gethuk ialah karena penampilannya yang berwarna-warni.

Baca Juga: Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Adapun proses pembuatannya ialah, pertama-tama singkong dihaluskan hingga benar-benar lembut. Setelah itu, adonan singkong yang lembut tersebut akan diberikan pewarna makanan berbagai rasa. Setelah matang, gethuk akan diberikan taburan parut kelapa yang sudah dikukus sebelumnya. Selain gethuk basah seperti gambar di atas, juga terdapat gethuk goreng yang mana prosesnya harus melalui penggorengan terlebih dahulu.

Jika tertarik mencicipi cemilan gethuk ini, silahkan mengunjungi daerah Sokaraja. Tampilan yang cantik serta cita rasa manis dan gurih dari kelapa dan gula merah pasti akan menggugah selera kalian.

Share