Berkunjung ke Kota Kembang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Bandung Ini

Berkunjung ke Kota Kembang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Bandung Ini

Sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, kota Bandung juga menjadi tujuan wisata favorit para pelancong. Bukan tanpa alasan, kota yang dijuluki kota kembang itu memiliki banyak pilihan wisata terbaik. Tidak hanya wisata alam atau tempat rekreasi keluarga yang populer, wisata kuliner Bandung juga begitu digemari. Beberapa makanan khas Bandung menjadi ikon kota tersebut dan sangat sayang dilewatkan apabila berkunjung ke sana.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Kuliner khas Bandung sangat beragam, mulai dari makanan berat, jajanan, kue-kue tradisional hingga beberapa yang kerap dijadikan oleh-oleh. Rasanya tidak akan puas jika hanya dalam waktu singkat menjelajahi kota Bandung dan menikmati sajian kulinernya. Dibutuhkan waktu yang lama untuk mencoba cita rasa dari semua kuliner khas Bandung dan jangan sampai lupa untuk membawanya pulang sebagai buah tangan. Berikut adalah sederet makanan asli Bandung yang selalu berhasil menggugah selera.

1. Peuyeum

Disebut sebagai salah satu makanan khas Bandung yang sangat populer, peuyeum kerap menjadi pilihan oleh-oleh. Di daerah lain di pulau Jawa, peuyeum juga sering disebut tape yaitu makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Bedanya peuyeum asli Bandung sedikit encer dan lebih berair. Rasanya yang asam sekaligus manis menghasilkan sensasi tersendiri saat berada di dalam mulut. Selain itu, peuyeum juga terkenal akan harganya yang merakyat serta ketahanan yang lumayan lama.

2. Tahu Susu

Satu lagi kuliner khas Bandung yang sering dijadikan buah tangan yaitu tahu susu. Seperti namanya, campuran susu murni digunakan dalam pembuatan tahu ini sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat. Berbeda juga dengan tahu pada umumnya, tahu susu khas Bandung memiliki isi yang teksturnya begitu lembut namun padat dan mengenyangkan. Tak heran jika di sentra oleh-oleh khas Bandung, makanan yang satu ini selalu diburu pembeli. Untuk menambah rasa nikmatnya, tahu susu biasa dimakan dengan sambal.

3. Cuanki

Cuanki yang masuk dalam daftar makanan khas Bandung populer sering disebut mirip bakso Malang dari segi penyajiannya. Isinya saja yang berbeda yaitu terdiri dari bakso halus, tahu rebus, siomay kukus dan siomay goreng. Perbedaan lain juga terlihat dari kuah cuanki yang lebih kental dibanding kuah bakso pada umumnya. Kuah yang kental itu merupakan hasil dari olahan berbagai bumbu yang dimasak bersamaan. Dalam keadaan hangat, satu mangkok cuanki dijamin bisa mengisi perut yang lapar.

4. Mie Kocok

Makanan Khas Bandung dengan toping daging ayam, kikil, bakso, dan lainnya

Bandung memang memiliki banyak pilihan makanan berkuah. Selain cuanki yang telah dibahas sebelumnya, ada juga mie kocok. Makanan ini terbuat dari bahan utama mie yang dimasak dengan kuah kaldu sapi. Sebagai pelengkap, dalam semangkok mie kocok terdapat pula taoge, bakso dan kikil serta taburan bawang goreng, seledri dan irisan jeruk nipis. Nama makanan ini sesuai cara penyajiannya yaitu dicampur dan dikocok. Menu makanan ini banyak ditemukan di berbagai kedai makan dan dijual dengan harga yang ramah di kantong.

5. Combro

Cemilan Combro, makanan khas bandung yang bikin nagih di kala hujan

Mendengar nama combro, jelas bahwa yang teringat langsung kota Bandung. Kuliner yang tergolong camilan ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan di bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom. Makanan khas Bandung yang satu ini dibuat dengan teknik digoreng sehingga bagian luarnya garing dan gurih. Satu hal yang menarik dari combro adalah namanya yang ternyata singkatan dari oncom di jero yang dalam bahasa Sunda artinya oncom di dalam.

Baca Juga: Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

6. Nasi Timbel

Nasi Timbel Makanan Khas Bandung yang Populer

Ingin makan menu nasi khas Bandung yang legendaris? Nasi Timbel adalah jawabannya. Menu ini disajikan berupa nasi yang dibungkus daun pisang. Tentu bungkusan nasi tidak hanya terhidang sendirian, melainkan ditemani beberapa jenis lauk pauk seperti tahu, tempe dan ayam goreng. Tidak ketinggalan sambal terasi yang akan semakin menambah kenikmatan sajian ini. Rasa nasi timbel akan semakin sempurna dengan lalapan segar seperti daun kemangi atau selada. Menu andalan orang Bandung ini kerap disantap saat jam makan siang karena porsinya yang mengenyangkan.

Daftar makanan khas Bandung siap memanjakan lidah saat berkunjung ke kota tersebut. Masih ada rekomendasi kuliner khas Bandung lain selain yang sudah disebutkan. Selain dinikmati di tempat, jangan terlewat untuk membawa beberapa jenis kuliner tersebut sebagai oleh-oleh saat pulang dari Bandung.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *