Resep

Mengenal Menu Minuman Mocktail, Cocktail Versi Non-Alkohol

--> Liquid Saltnic Rendah Nikotin

Pernah melihat menu minuman mocktail di kafe? Tidak sedikit orang yang mengurungkan niat memesan menu ini, karena dianggap sebagai minuman yang mengandung alkohol. Padahal pemikiran ini keliru lho. Nah, untuk menambah wawasanmu dan tidak lagi kebingungan saat akan memesan menu minuman di kafe, yuk simak penjelasan tentang minuman mocktail!

Iklan Backlink

Apa Itu Mocktail?

Kalau kamu pernah mendengar atau mengetahui ada menu minuman bernama cocktail, maka bisa dibilang mocktail ini merupakan versi cocktail yang tidak beralkohol.

Karena, cocktail merupakan jenis minuman yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Dalam The Oxford English Dictionary pun, cocktail diartikan sebagai minuman yang setidaknya mengandung 1 minuman beralkohol, 1 minuman manis serta 1 minuman asam ataupun pahit. Ini yang menjadikan cita rasa cocktail cenderung terasa pahit atau asam.

Portal Informasi Seputar UKM Indonesia

Baca Juga: Jangan Keliru! Inilah Perbedaan Mocktail dan Cocktail

Sedangkan mocktail, namanya diambil dari kata ‘mock’ yang punya arti meniru atau tiruan. Karena, mocktail ini memang meniru cocktail, yang mana rupanya sama namun komponen atau isinya lah yang berbeda.

Menu minuman mocktail umumnya dibuat dengan pencampuran beragam bahan minum, baik itu jus, sirup, teh, buah segar serta soda. Karakteristik rasa yang umumnya dimiliki mocktail ini adalah manis dan asam, serta segar, karena biasanya ada tambahan soda yang menjadikan minuman ini makin terasa menyegarkan.

apa itu menu minuman mocktail

Dalam hal pembuatan, cocktail cenderung lebih rumit untuk dibuat, karena diharuskan untuk mencampur beberapa macam minuman alkohol dan non-alkohol. Karena inilah, biasanya hanya bartender ataupun mixologist lah yang bisa menyajikan cocktail. Di mana mereka punya pengetahuan dalam meracik minuman.

Sedangkan mocktail dalam pembuatan terbilang lebih sederhana, karena dapat dibuat dengan blender ataupun shaker. Sehingga siapapun dapat membuat mocktail.


Liquid Saltnic Rendah Nikotin

Walaupun mocktail lebih dikenal sebagai menu minuman yang berasal dari pencampuran minuman yang cenderung manis dan asam, namun sekarang ini mulai berkembang jenis minuman mocktail berbahan dasar kopi, yang diberi nama coffee mocktail.

Coffee mocktail dibuat dengan bahan kopi hitam atau espresso yang dicampur dengan buah-buahan, rempah atau herb. Yang mana membuat munculnya rasa baru yang unik, namun tetap tidak menghilangkan karakteristik segar dari mocktail biasanya.

Iklan Hosting

Jenis Mocktail

jenis menu minuman mocktail

Menu minuman mocktail ternyata memiliki banyak jenisnya, seperti:

  • Mojito

Nama minuman satu ini mungkin sering kamu temui dan pesan di kafe-kafe. Mojito sendiri adalah jenis mocktail klasik, yang mana mojito inipun dibagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah virgin green mint yang merupakan campuran daun mint serta siru green apple delifru.

Sebenarnya mojito dulu adalah minuman yang dibuat dari rum putih dan dicampurkan dengan sirup serta daun mint. Namun kemudian, rum pun diganti menjadi soda.

  • Red sangria

Minuman ini berasal dari Spanyol, dan telah ada sejak tahun 200 sebelum masehi. Red Sangria umumnya dibuat dari pencampuran soda, pome juice, lemon, sangria mix syrup, jeruk dan juga es batu.

  • Green soda

Green soda ini adalah minuman dengan perpaduan apel hijau segar dan sirup green apple delifru serta sirup bubble gum delifru.

Iklan Backlink
  • Virgin mary

Kalau jenis minuman cocktail ada yang bernama bloody mary, yang mana di dalamnya terdapat vodka, maka mocktail punya jenis minuman bernama virgin mary. Minuman virgin mary ini dibuat dari pencampuran antara sari lemon, tobacco, jus tomat serta saus Worcestershire.

  • Virgin pina colada

Pina colada sendiri merupakan jenis minuman beralkohol yang berbahan jus nanas, krim kelapa serta rum.

Namun dalam menu minuman mocktail ada virgin pina colada yang menghilangkan rum dalam bahan utamanya, dan digantikan dengan minuman bersoda.

Baca Juga: 7 Olahan Minuman dari Cokelat yang Bisa Balikin Mood

Portal Informasi Seputar UKM Indonesia
  • Tropical coconut

Minuman tropical coconut ini bisa dibilang merupakan resep mocktail sederhana yang bisa kamu buat sendiri. Minuman ini dibuat dari perpaduan sirup coconut, cream delifru dan juga raisin.

Selain tropical coconut, ada juga beberapa jenis mocktail yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah, yaitu tropical mocktail, campuran sederhana antara soda dengan buah seperti lemonade, watermelon juice ataupun lemon squash, apple mojito, mocktail dengan menggunakan selasih seperti punch melon, ocean blue ice, dan juga blue sky punch.

Nah, itulah beberapa hal tentang menu minuman mocktail, yang bisa jadi pilihan minuman menyegarkan untuk kamu yang tidak bisa konsumsi alkohol.


Emkay Blast Lite Lychee

Related posts

Mengenal si Susu Fermentasi Yoghurt: Manfaat, Proses Pembuatan, dan Variasi

admin

10 Resep Makanan Ringan Sehat untuk Dinikmati Setiap Hari

Faqih Jafar

Bumbu Dapur yang Wajib di Dapur, Bikin Masakan Tambah Enak

Risma Mualifa

Leave a Comment