Image default
Lokal

Menggugah Selera, Ini Dia 8 Makanan Khas Riau yang Lezat!

Seperti daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, Provinsi Riau, juga memiliki beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Provinsi yang berada di Pulau Sumatera ini, secara budaya memang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu, karena letaknya yang berseberangan dengan Negara Malaysia dan Singapura. Hal ini juga tentunya membuat banyak pilihan makanan khas Riau yang punya cita rasa melayu.

Berikut ini adalah 8 makanan dari Riau yang tidak boleh kamu lewatkan:


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

  1. Gulai ikan patin

makanan khas riau gulai ikan patin

Makanan khas Riau gulai ikan patin ini punya ciri tampilan warna kuah gulainya yang kuning pekat dan kental, serta potongan ikan patin yang digunakan cenderung berukuran besar. Di Riau, kamu bisa dengan mudah menemukan menu ini di setiap restoran atau rumah makan.

Soal rasa pun kamu tak perlu khawatir, karena gulai ikan patin ini adalah menu favorit di Riau, yang tentunya punya rasa yang lezat. Sebagaimana menu makanan khas Sumatera, gulai ikan patin ini kaya akan bumbu dan rempah. Cita rasanya pedas, manis dan juga gurih. Menu ini cocok sekali dimakan dengan nasi hangat serta sayur pucuk daun ubi.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Lampung yang Memanjakan Lidah

  1. Mie sagu

makanan khas riau mie sagu

Bagi kamu yang tinggal di luar Provinsi Riau, nama Mie sagu mungkin akan terdengar asing. Padahal di Pekanbaru, Riau, menu ini adalah menu mie yang disukai serta terkenal lho.

Biasanya, mie dibuat dari tepung terigu, namun seperti namanya, mie sagu ini dibuat berbahan dasar tepung sagu. Tekstur mienya tentu saja akan lebih kenyal. Bentuknya sendiri mirip dengan kwetiaw.

Biasanya untuk mengonsumsi Mie sagu ini, akan lebih nikmat bersama sambal goreng ikan teri, tauge rebus, serta daun kucai. Kalau kamu sedang mencari menu khas Riau yang unik tapi lezat, kamu bisa mencoba Mie sagu ini.

  1. Gulai belacan

makanan khas riau gulai belacan

Menu gulai favorit berikutnya dari Riau yaitu gulai belacan. Belacan sendiri dikenal juga dengan sebutan terasi. Makanan satu ini memang menggunakan terasi sebagai salah satu bahannya. Selain itu, bahan lain yang jadi isiannya, biasanya yaitu udang.

Untuk bagian kuahnya, terdapat campuran santan, kemiri, lada serta asam jawa, yang membuat rasanya menjadi gurih dan segar ketika kamu menyantapnya.

  1. Sup tunjang

Sup tunjang

Makanan khas Riau berikutnya ini merupakan olahan kaki sapi. Untuk kaldu kuahnya dibuat dari rebusan tulang kaki sapi. Di bagian tulangnya pun masih terdapat sedikit daging yang menempel, yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu mencoba sup tunjang ini. Bagian kaki sapi ini akan direndam dengan beragam rempah, yang membuat daging-daging yang masih menempel di tulang menjadi empuk ketika di makan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga data menikmati sumsum yang berada di dalam tulang kaki sapi tersebut.

  1. Bolu kemojo

makanan khas riau bolu kemojo

Bisa dibilang ini adalah salah satu jajanan khas Riau, yang sering jadi panganan yang akan disajikan saat hajatan, berbuka puasa ataupun lebaran.

Bolu kemojo ini sendiri pertama kali dipopulerkan pada tahun 1998. Dulu, bolu kemojo adalah camilan yang biasa dikonsumsi ketika kumpul keluarga.

Yang membuat bolu kemojo ini unik adalah, umumnya warna adalah hijau kecoklatan dan berbentuk seperti bunga. Rasanya pun beragam, seperti rasa cokelat, keju, kacang merah, pandan ataupun rasa durian.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Kuliner Medan yang Dijamin Bikin Lidah Ketagihan


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

  1. Cincalok

Cincalok

Cincalok merupakan olahan udang kecil yang dibuat dengan tahapan fermentasi. Tahapan ini umumnya dilakukan selama 20 sampai 30 hari, lho. Karena proses fermentasi inilah yang membuat cincalok punya aroma dan rasa yang khas.

Cincalok sendiri biasanya dihidangkan sebagai pelengkap sambal, yang dapat kamu makan bersama nasi putih hangat.

  1. Mie lendir

makanan khas riau mie lendir

Selain mie sagu, Riau juga punya mie lendir. Ini adalah menu olahan mie dengan menggunakan kuah kacang yang kental, yang memang menyerupai lendir. Namun jangan salah, rasanya ternyata lezat lho.

Mienya sendiri menggunakan jenis mie kuning. Ketika mengonsumsinya, kamu dapat menambahkan telur rebus, tauge serta cabai rawit.

  1. Nasi lemak

Nasi lemak

Nasi lemak mungkin seringkali dikenal sebagai makanan khas Negara Malaysia. Namun, di Riau pun, makanan ini jadi favorit lho.

Secara tampilan dan rasa, mungkin nasi lemak bisa dibilang mirip dengan nasi uduk. Rasa nasinya gurih, serta aromanya yang harum, karena dimasak menggunakan campuran santan serta daun pandan.

Nasi lemak, biasanya dimakan bersama beragam lauk lain, seperti telur balado, ikan teri goreng, tempe, daging, dan lainnya.

Itulah beberapa makanan khas Riau yang wajib kamu coba, bila kamu mengunjungi Riau. Sekali mencoba makanan dan jajanan ini, sudah pasti akan membuatmu rindu untuk mencobanya lagi!


Related posts

Bukan Hanya Pempek, Ini Dia 20 Makanan Khas Palembang yang juga Wajib Untuk Dicoba

Marsyaviani Darestuti

13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Risma Mualifa

Resep dan Tips Membuat Roti Ketawa yang Renyah, Empuk, dan Mekar

Linda Arista