Kuliner

15 Makanan Khas Jawa Timur yang Lezat dan Bikin Nagih

Setiap daerah di Indonesia punya keunikannya tersendiri. Baik dari budaya, tempat wisata ataupun kulinernya. Salah satunya adalah daerah Jawa Timur, yang punya makanan khas Jawa Timur yang menarik untuk dicoba. Sekali coba, sudah pasti bikin nagih dan selalu rindu.

Daerah yang berada di paling timur pulau Jawa ini menyimpan beragam kuliner menarik yang patut dicoba ketika kamu mengunjunginya. Selain itu, ada banyak juga makanan khas dan tradisional dari Jawa Timur yang kini sudah banyak dijajakan di daerah lain selain daerah asalnya. Jadi bila kamu rindu untuk makan makanan khas Jawa Timur, kamu sudah bisa dengan mudah mencarinya di daerahmu sendiri.

Baca Juga: 30 Makanan Khas Daerah yang Populer dari Seluruh Penjuru Indonesia. Wajib Coba!

Umumnya, makanan tradisional yang dimiliki daerah Jawa Timur punya cita rasa yang gurih, berempah dan cenderung pedas. Namun, ada juga makanan lain yang masih bisa kamu konsumsi, kalau kamu bukan orang yang suka pedas. Selain itu, ada banyak ragam makanan khas Jawa Timur yang unik dan lezat.

1. Rawon

Rawon Makanan Khas Jawa Timur yang sangat Disukai

Makanan khas Jawa Timur rawon ini yang paling terkenal dan cocok di setiap lidah orang dari beragam daerah. Rawon ini merupakan sup daging yang punya kuah berwarna hitam, yang warnanya berasal dari kluwek. Kuahnya ini terasa manis dan gurih. Ketika disajikan, rawon yang berisikan potongan daging ini disajikan bersama tauge, telur asin dan juga kerupuk udang. Dan jangan lupa juga untuk menikmati rawon dengan nasi hangat ya!

  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur Makanan Khas Jawa Timur

Makanan satu ini asalnya dari Surabaya, salah satu kota besar di daerah Jawa Timur. Nama cingur ini diambil dari bahan utama yang digunakan dalam kuliner satu ini yaitu cingur atau daging pada mulut sapi. Daging mulut sapi ini direbus dan dicampur dengan irisan tempe, timun, tahu, nanas, sayuran, lontong, serta bumbu kacang dan petis. Mungkin setelah tau bahan utamanya apa, kamu akan merasa aneh. Namun setelah dikonsumsi, dijamin, kamu akan terus ketagihan, karena rasanya yang lezat!

3. Lontong Kupang

Meskipun namanya Lontong Kupang, Tapi ini Makanan Khas Jawa Timur loh

Kuliner bernama lontong kupang ini kamu temukan dengan mudah di Surabaya, Pasuruan dan juga Sidoarjo. Di daerah pesisir Jawa Timur pun sangat mudah menemukan penjual kuliner satu ini. Makanan tradisional Jawa Timur ini dibuat dari kupang putih, yang merupakan sejenis hewan laut yang menyerupai kerang berukuran kecil. Kupang putih ini dimasak dengan beragam bumbu, untuk menambah rasanya jadi lebih nikmat.

4. Pecel

Pecel, Makanan Khas Jawa Timur yang sudah Populer

Pecel adalah makanan yang mudah sekali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, begitu pun di Jawa Timur. Semua kalangan menyukai makanan yang berisikan sayuran, yang disiram bumbu kacang yang gurih dan pedas. Lalu disajikan dengan lauk pendamping lainnya, seperti rempeyek, ataupun kerupuk puli. Nah, di Jawa Timur sendiri, pecel dibuat dengan beragam jenis, yang sudah disesuaikan dengan daerah masing-masing, seperti khas Jember, Malang dan lainnya.

Baca Juga: 11 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Hingga ke Daerah Lain

5. Soto Lamongan

Sesuai dengan namanya, soto satu ini berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya adalah pada soto lamongan terdapat koya. Koya adalah bubuk gurih berbahan dasar kerupuk udang dan bawah putih. Ketika memakan soto dengan campuran bubuk koya ini, cita rasa soto pun akan jadi semakin gurih, lezat dan pastinya berbeda dari yang lain.

6. Lontong Balap

Makanan khas Jawa Timur berikutnya ini memang punya nama yang terbilang unik. Konon katanya, nama ini diambil karena ketika di tahun 1913 lalu, banyak orang yang berjualan lontong di sekitar kebun binatang. Semua penjual pun balap-balapan untuk tiba lebih pagi di area tersebut, sehingga namanya pun disebut lontong balapan atau lontong balap. Ini adalah kuliner yang terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, sate kerang dan lenthok, diberi kecap, sambal dan bawang goreng, serta bumbu pelengkap lainnya. Siraman kuah segarnya yang gurih pun semakin menambah kenikmatan rasanya.

7. Nasi Tempong

Ini adalah makanan tradisional yang asalnya dari Banyuwangi, Jawa Timur. Isian menu kuliner satu ini terdiri dari sayur rebus, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin, bakwan jagung, sambal, dan nasi. Sambal yang dimiliki nasi tempong ini punya ciri khas tersendiri karena rasanya yang sangat pedas. Itulah kenapa kuliner ini diberi nama tempong, yang berarti memukul dan menampar, karena rasa pedasnya yang seolah-olah menampar lidah para penikmatnya.

Baca Juga: Mengenal 8 Makanan Khas Maluku Favorit

8. Tahu Tek

Seperti namanya, bahan utama kuliner satu ini sudah pasti adalah tahu. Jadi, tahu yang digoreng setengah matang disajikan dengan tauge, kentang goreng, lontong dan juga timun. Lalu, campuran tersebut disiram bumbu kacang serta petis, yang rasanya sangat menggugah selera dan pastinya bikin ketagihan.

9. Sego Tumpang

Sego tumpang atau nasi tumpang adalah kuliner khas Kediri, Jawa Timur. Nama tumpang ini diabli karena menu makanan satu ini menggunakan kuah sambal tumpang, yang terbuat dari tempe basi atau yang biasa dikenal masyarakat Jawa dengan sebutan tempe bosok. Tempe yang sudah membusuk ini dimasak dengan ayam serta kerupuk kulit. Sudah pernah coba, belum?

10. Rujak Soto

Kuliner khas Jawa Timur ini dapat ditemukan dengan mudah di daerah Banyuwangi. Makanan ini terbilang unik karena menggabungkan dua jenis makanan yang berbeda, yaitu rujak sayur dan juga soto babat. Isian menu ini adalah lontong, mentimun, sayuran rebus, tahu, tempe, dan juga daging sapi serta jeroan. Jangan lupa taburkan bawang goreng, seledri, emping, kecap manis dan kerupuk udang untuk membuat rasanya semakin nikmat.

11. Lodho Ayam

Lodho ayam adalah menu andalan khas Tulungagung, Jawa Timur. Kuliner ini berbahan ayam yang dimasak dengan bumbu khas yang sudah turun temurun. Lodho ayam ini terdiri dari 2 jenis, yaitu lodho ayam kuah encer dan kuah kental. Rasanya tentu saja sama-sama lezat, jadi, kamu bisa memilih sesuai selera ya!

Baca Juga: Berkunjung ke Kota Kembang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Bandung Ini

12. Bebek Sinjay

Kalau berkunjung ke Bangkalan, Madura, tidak lengkap rasanya bila tidak mencoba bebek sinjay. Kuliner satu ini berbeda dari olahan bebek lainnya, karena daging bebek sinjay punya tekstur yang empuk dan juga tidak berbau amis. Rasanya semakin nikmat bila kamu memakannya dengan teman nasi putih panas dan juga sambal mangga.

13. Nasi Krawu

Gresik, Jawa Timur, juga punya salah satu kuliner andalan daerahnya, yaitu nasi krawu. Makanan ini terbuat dari daging sapi, sambal terasi dan juga serundeng. Yang membuatnya menarik, nasi krawu ini biasanya disajikan menggunakan daun pisang. Jangan lupa mencoba nasi krawu ketika ke Jawa Timur ya!

14. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang, Makanan Khas Jawa Timur

Kalau sebelumnya, kuliner yang disebutkan punya rasa yang gurih. Yang satu ini punya cita rasa yang manis, dan biasanya dijadikan jajanan atau cemilan. Kalau biasanya gethuk terbuat dari bahan baku berupa singkong, yang satu ini berbahan dasar pisang raja nangka yang punya rasa manis asam yang khas dan juga lembut.

15. Brem

Brem, Oleh-oleh Khas Jawa Timur

Nah, yang satu ini biasanya dijadikan buah tangan untuk diberikan pada sanak saudara. Umumnya, kuliner ini mudah ditemukan di Madiun, Jawa Timur, tapi kini di tiap daerah di Jawa Timur pun, khususnya di tempat yang menjual oleh-oleh, sudah banyak menjajakan brem. Ini adalah makanan yang terbuat dari sari ketan, yang dimasak, lalu dikeringkan. Sari ketan ini sebelumnya sudah melalui proses fermentasi selama satu malam, sehingga rasa yang dihasilkan pun unik dan lezat.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Tengah Populer

Dari daftar makanan khas Jawa Timur di atas, adakah yang merupakan makanan favoritmu? Jangan lupa untuk mencicipi kuliner di atas bila berkesempatan untuk mengunjungi Jawa Timur, ya!

Related posts

Rekomendasi 12 Restoran Sehat Kekinian di Jakarta

Rostina Alimuddin

12 Makanan Khas Solo yang Menggugah Selera. Sudah Pernah Coba?

30 Makanan Khas Daerah yang Populer dari Seluruh Penjuru Indonesia. Wajib Coba!