Makanan Tradisional Indonesia
Kuliner

8 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

Indonesia tidak hanya terkenal dengan keberagaman budaya dan juga keindahan alam dan tempat wisatanya. Berbagai makanan tradisional khas setiap daerah di Indonesia juga sangat populer hingga ke mancanegara. Sebut saja rendang, sate dan nasi goreng yang sangat digemari oleh para warga negara asing. Bumbu khas di setiap menu kuliner tradisional Indonesia memang selalu menggugah selera.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Keberagaman budaya di setiap provinsi di tanah air juga menghasilkan berbagai jenis cita rasa makanan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, setiap melakukan perjalanan rasanya memang wajib untuk mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi tersebut. Berikut ini kami rekomendasikan 8 jenis makanan tradisional paling populer di tanah air yang harus kalian cicipi paling tidak sekali seumur hidup.

1. Rendang

Rendang, Makanan Tradisional Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara
Source: Tribunnews.com

Rendang adalah salah satu makanan tradisional yang telah mendunia. Kuliner asli Sumatera Barat ini sangat disukai oleh para wisatawan asing. Cita rasa pedas dan gurih dari daging Rendang membuat siapapun akan ketagihan mencicipinya. Tak tanggung-tanggung, salah satu chef kenamaan dunia yaitu Chef Gordon Ramsay memasak Rendang di acara National Geographic Uncharted. Hingga hari berbagai jenis makanan juga sudah memiliki rasa Rendang sebut saja mie instan dan cemilan lainnya yang telah dimodifikasi.

2. Gudeg

Makanan Tradisional Indonesia, Gudeg
Source: Pergikuliner.com

Gudeg merupakan kuliner khas Jogjakarta yang terbuat dari bahan nangka muda lalu dimasak dengan campuran kuah santan. Pada umumnya, Gudeg dibuat selama kurang lebih 24 jam lamanya. Hal ini dilakukan agar rasa dan bumbu gurih dari santan dan nangka bisa menyatu dengan sempurna. Gudeg juga sering disajikan dengan lauk tempe, tahu, telur, ayam dan sambal goreng.

3. Papeda

Papeda, Makanan Khas Indonesia Timur
Source: IDNTimes.com

Makanan tradisional yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan khas wilayah timur Indonesia. Selain di Papua, Papeda juga menjadi makanan khas di wilayah Maluku. Bahan dari Papeda ini ialah tepung sagu yang kemudian dihidangkan bersama kuah kuning yang berisikan ikan tongkol. Kuah ini juga disertai bumbu kunyit dan jeruk nipis yang akan menghasilkan rasa asam, manis dan juga gurih. Selain makanan berat, bahan sagu di Papua juga sering dijadikan cemilan yaitu Kue Sagu. Biasanya Kue Sagu akan dihidangkan dengan teh sambil bercengkerama bersama keluarga di sore hari.

Baca Juga: Mengenal 8 Makanan Khas Maluku Favorit

4. Soto Banjar

Makanan Khas Indonesia dari Kalimantan, Soto Banjar
Source: Cookpad.com

Setelah dari Papua saatnya mengenal makanan khas dari Kalimantan Selatan yang bernama Soto Banjar. Adapun bahan utama dari Soto Banjar ialah ayam dan rempah-rempah khas seperti kayu manis, biji pala dan juga cengkeh. Sup Soto Banjar memiliki aroma yang khas karena campuran bumbu rempah-rempah  seperti kayu manis, biji pala dan juga cengkeh.

5. Mie Aceh

Makanan Khas Tradisional dari Provinsi Paling Barat, Mie Aceh
Source: Indozone.id

Sesuai namanya, makanan yang satu ini berasal dari Aceh. Bahan utamanya ialah mie kuning yang disajikan dengan potongan daging kambing ataupun sapi. Masyakat Aceh juga sering menggunakan kepiting, cumi maupun udang pada Mie Aceh ini. Pada umumnya, Mie Aceh terdiri atas tiga jenis yaitu Mie Aceh Goreng, Mie Aceh Kuah dan juga Mie Aceh Setengah Basah. Mie Aceh akan semakin lezat saat ditaburi bawang goreng, emping, mentimun, hingga taburan jeruk nipis di atasnya.

Baca Juga: Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

6. Gulai Belacan

Gulai Belacan, Makanan dari Riau

Gulai Belacan berasal dari Riau dan terdiri atas kuah yang dicampur dengan belacan atau terasi. Karena menggunakan bahan utama yaitu terasi maka makanan ini memiliki cita rasa yang sangat kuat. Beberapa rempah lainnya di dalam Gulai Belacan ini ialah lada, kemiri, bawang merah dan juga bawang putih.

7. Kerak Telor

Kerak Telor Makanan Khas dari Ibukota
Source: Iwantantomi.com

Warga Jakarta pasti sudah kenal dengan kuliner yang satu ini. Kerak Telor memang menjadi makanan tradisional Jakarta di mana bahan-bahannya terdiri ats beras ketan putih, telur ayam dan juga udang kering. Tak ketinggalan kelapa yang telah disangrai kering dan yang memberikan aroma khas dari Kerak Telor. Yang menarik dari proses pembuatan ialah karena Kerak Telor dimasak di atas tungku arang dengan cara dibalik.

8. Sop Konro

Sop Konro Makanan Khas Indonesia dari Sulawesi
Source: Traveloka.com

Sulawesi Selatan juga memiliki kuliner khas yang bisa membuat kalian ketagihan saat mencobanya. Sop Konro merupakan sup yang berisikan tulang iga sapi dan daging sapi dengan kuah yang sangat kental. Sop Konro juga dihidangkan dengan potongan ketupat sebagai menu pelengkapnya.

Makanan tradisional Indonesia memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Rasanya memang lebih lengkap untuk mencicipinya langsung dibandingkan membahasnya saja. Nah, mungkin ini saatnya membuat list daerah tujuan dan kuliner khasnya sekarang juga.

Related posts

Berkunjung ke Kota Kembang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Bandung Ini

Risma Mualifa

30 Makanan Khas Daerah yang Populer dari Seluruh Penjuru Indonesia. Wajib Coba!

12 Makanan Khas Solo yang Menggugah Selera. Sudah Pernah Coba?