Resep

7 Olahan Minuman dari Cokelat yang Bisa Balikin Mood

Selain lezat, cokelat juga dikenal punya banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Aneka kreasi olahan minuman dari cokelat yang bisa dipadukan jadi berbagai hidangan manis tak heran jika cokelat tak pernah kehilangan peminatnya justru semakin bertambah.

Selain dijadikan kudapan manis, cokelat juga dapat disajikan sebagai minuman yang bisa memperbaiki mood dan pastinya menggugah selera. Berikut 5 olahan minuman berbahan dasar cokelat yang bisa kamu coba di rumah dan menjadi teman sruput.

Olahan Minuman dari Cokelat untuk Teman Sruput

1. Cokelat Panas/Hot Chocolate

Olahan Minuman dari Coklat Panas
Source: altonbrown.com

Minuman cokelat panas yang satu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Berikut cara membuat sajian cokelat panas yang bisa kamu cicipi.

Bahan yang kamu butuhkan antara lain setengah cangkir kecil bubuk coklat, kamu bisa menggunakan bubuk cokelat sachet, kemudian kamu bisa menambahkan satu sendok ekstrak vanilla, air panas secukupnya, sedikit garam dan susu kental manis.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan bahan-bahan seperti bubuk coklat, susu kental manis, ekstrak vanilla (kalau ingin pakai) dan sedikit garam ke dalam wadah, bisa gelas atau mangkuk kalau ingin porsi yang lebih banyak.

Kemudian, tuangkan air panas secukupnya, bisa kamu sesuaikan dengan takaran bahan-bahanmu, lalu aduk sampai rata. Cokelat panas siap disajikan. Cokelat panas juga cocok bila dihidangkan dengan biskuit atau wafer

2. Minuman Cokelat Putih

Olahan Minuman dari Coklat Putih
Source: Mccormick.com

Cokelat putih juga merupakan salah satu cokelat yang banyak digemari, bedanya cokelat putih tak ada kandungan kakao seperti cokelat hitam atau dark chocolatte, hanya lemak nabati dari kakao yang dipadukan dengan susu.

Olahan Minuman dari bahan cokelat putih juga tak kalah lezat dan sehat bagi tubuh. Bahan yang perlu kamu siapkan untuk minuman cokelat putih antara lain 500 ml krim kental, satu sendok teh perisa vanilla dan satu setengah liter susu, kalau kamu mau kamu bisa menggunakan susu rendah kalori karena cokelat putih sudah mengandung banyak lemak.

Pertama, campurkan krim, perisa vanila dan susu, kemudian masak di atas api kecil sekitar 15 sampai 20 menit sambil diaduk perlahan. Aduk sampai campuran bahan di atas mencair.

Jika sudah meleleh, tuang ke dalam gelas dan tunggu sampai tidak terlalu panas dan minuman cokelat putih siap dihidangkan. Kamu juga bisa menambah topping di atasnya seperti permen, krim vanilla atau marshmallow di atasnya.

3. Milkshake Cokelat

Milkshake Chocolate
Source: Freepik.com

Milkshake cokelat jadi minuman berbahan dasar cokelat yang paling sering kita jumpai di restoran. Sajian satu ini memang segar dan cocok sebagai teman makan.

Kamu bisa membuat kreasi milkshake cokelatmu sendriri di rumah. Bahan yang perlu kamu siapkan yaitu 3/4 cangkir kecil susu cair, tiga skop kecil es krim vanilla dan 1/4 cangkir kecil sirup rasa coklat

Cara membuatnya juga cukup mudah, pertama masukkan susu cair dan sirup coklat ke dalam blender, kemudian blender dengan kecepatan maksimal. Setelah itu masukkan es krim vanilla dan blender lagi sampai halus.

Tuangkan ke dalam gelas dan milkshake cokelat siap disajikan.

4. Minuman Cokelat Klasik

Olahan Minuman Cokelat Classic
coffeeisland.gr

Berbeda dengan cokelat panas/hot chocolate, cokelat klasik punya ciri khas dari cita rasanya yang agak pahit. Rasa pahit pada cokelat klasik datang dari dark chocolate yang punya kandungan kakao 50 sampai 90 persen.

Minuman cokelat klasik bisa kamu hidangkan hangat ataupun ingin. Bahan yang diperlukan yaitu dua ons dark chocolate batangan, empat cangkir kecil susu, setengah sendok teh vanilla dan gula pasir secukupnya.

Cara membuatnya, yang pertama campurkan cokelat, gula pasir dan susu dalam satu wadah, kemudian panaskan dengan api kecil. Aduk perlahan sampai cokelat dan bahan lainnya tercampur rata.

Setelah itu, campurkan vanila dan aduk kembali selama beberapa saat. Jika aroma cokelat dan vanilla sudah tercium matikan kompor dan tuangkan ke dalam gelas, sajian minuman cokelat klasik siap dinikmati.

5. Paduan Cokelat dan Moka

Olahan Minuman dari Cokelat dicampur Moka
Source: forkknifeswoon.com

Tak melulu cokelat, jika kamu pecinta kopi kamu harus coba minuman perpaduan cokelat dengan moka. Salah satu minuman unik ini bisa kamu sajikan di rumah. Bahan yang perlu kamu siapkan yaitu setengah cangkir kecil bubuk coklat kopi espresso bubuk, susu kental manis, gula pasir secukupnya dan air panas.

Cara membuatnya, pertama campurkan dua sendok makan kopi espresso bubuk, cokelat, gula, susu kental manis ke dalam wadah, beri air secukupnya dan panaskan pada api kecil selama beberapa saat.

Matikan kompor sebelum mendidih, tuang ke dalam gelas dan kamu bisa menambahkan whipped cream di atasnya.

6. Wedang Cokelat Panas

Wedang Cokelat
Source: Okezone.com

Wedang cokelat panas tak kalah nikmat dengan cokelat panas/hot chocolate, selain enak perpaduan wedang juga dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Untuk kamu pecinta wedang, kamu harus coba kreasi minuman cokelat yang satu ini.

Bahan yang perlu kamu siapkan yaitu satu ruas jahe, satu batang sereh, satu ruas kayu manis, tujuh buah cengkeh, satu sachet cokelat bubuk, satu sendok makan susu kental manis putih dan 300 ml air panas.

Cara membuatnya yang pertama tusuk satu ruas jahe dengan garpu atau pisau kemudian bakar di atas kompor. Panaskan air, jika sudah mendidih masukkan bahan rempah lainnya seperti kayu manis dan cengkeh. Diamkan hingga aromanya tercium.

Kemudian siapkan gelas dan tuang cokelat bubuk ke dalam gelas, jika air rebusan sudah siap, tuang ke dalam gelas berisi cokelat bubuk dan aduk. Wedang cokelat panas siap dinikmati selagi hangat.

7. Chocolate Banana Smoothies

Chocolate Banana Smoothies
Source: Skinyms.com

Selain dikreasikan dengan rempah, cokelat juga bisa diminum dengan campuran buah. Sensasi manis cokelat dan segar buah dapat kamu coba dalam segelas chocolate banana smoothies. Penasaran?

Bahan yang perlu kamu siapkan yaitu tiga sendok makan cokelat bubuk, satu buah pisang, dua sendok makan gula pasir, 300 ml susu kedelai, es serut secukupnya dan whipped cream.

Cara membuatnya juga cukup mudah, pertama siapkan campur pisang, coklat bubuk, serutan es batu, gula pasir, dan susu kedelai, kemudian blender. Jika teksturnya sudah terlihat lebih cair, tuang ke dalam gelas. Kamu bisa tambahkan es sesuai seleramu dan whipped cream untuk topping di atasnya.

Minuman yang mengandung cokelat dikenal dapat memperbaiki suasana hati karena cokelat memiliki kanungan serotin dan antidepresan yang bisa meningkatkan mood. Selain itu cokelat hitam juga dikenal mampu merangsang produksi endorphin, yaitu zat yang dapat memacu rasa senang.

Bukan hanya soal mood, cokelat juga baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung delapan asam amino esensial dan  vitamin A, B1, B2, B3, B12, dan K. Selain itu, cokelat juga mengandung zat flavonol yang yang dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh dan membuat tubuh menajadi lebih bugar.

Manfaat cokelat yang berlimpah dan kreasi yang bermacam-macam tak ada salahnya untuk dicoba untuk mengisi waktu santai di rumah. Jadi, ingin coba kreasi minuman cokelat yang mana? Atau ingin kreasikan minuman dan makanan lainnya? Jangan lupa cek segala resep Dibungkus.com.

Related posts

Bumbu Dapur yang Wajib di Dapur, Bikin Masakan Tambah Enak

Risma Mualifa