Wedang Cor Minuman Tradisional Khas Jember

Wedang Cor

Jika berkunjung ke Jember, Jawa Timur jangan sampai melewatkan untuk mencicipi minuman khas dari daerah ini. Nama minuman tersebut yakni wedang cor. Minuman Tradisional ini telah menjadi minuman yang paling digandrungi masyarakat Jember. Bahkan, minuman yang terbuat dari banyak bahan itu sudah dikenal punya andil besar dalam mempererat keakraban dan persaudaraan di antara warga, khususnya di warung-warung kopi.

Tidak percaya? Coba tengok warung-warung kopi alias warkop yang mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan Jember. Para pengunjungnya, jika tidak pesan minuman kopi atau teh, ya pasti wedang cor sambil ngobrol ngalor-ngidul hingga berlarut-larut.

Kami mencoba untuk mengunjungi salah satu warung kopi yang ada di Jalan Padjajaran, Sumbersari, Jember. Bagi masyarakat sekitar, warung kopi tersebut diyakini merupakan warung kopi yang pertama kali mempopulerkan minuman tradisional ini di Jember. Selama dikenal bertahun-tahun lamanya, minuman ini tidak banyak memiliki variasi. Baik rasa maupun bahan bakunya.

Komposisinya sederhana. Yakni terdiri dari jahe, ketan hitam, dan susu kental manis. Setelah dikumpulkan dalam satu gelas kaca, bahan-bahan tersebut kemudian diaduk bersama dengan gula dan air panas. Setelah diaduk rata, kemudian minuman tersebut didiamkan beberapa menit agar ketan hitam yang ikut teraduk tadi mengendap.

Baru setelah itu wedang cor dapat diseruput. Menikmati jenis minuman asli Kota Pandalungan ini paling enak jika ditemani oleh gorengan. Soal harga, dijamin murah selama jahe dan ketan hitam yang membentuk wedang cor ini masih mudah didapat dari tanah air. Hanya Rp 6.000 per gelasnya.

Menyinggung soal khasiat yang biasanya menyertai minuman-minuman tradisional, memang belum pernah ditemukan penelitian khusus dari pakar tentang khasiat yang terkandung dalam wedang coor ini. Tapi, kata banyak orang, wedang coor cukup ampuh untuk melawan hawa dingin yang dirasakan tubuh serta mengembalikan stamina tubuh usai letih bekerja seharian.

Anda tak perlu menunggu ke Jember untuk bisa menikmati Wedang Cor. Simak resep membuat Wedang Cor yang mudah, praktis dan singkat.

Bahan-bahan

  • 100 gr jahe (bakar dan memarkan)
  • 150 gr tape ketan hijau
  • 800 ml air
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Pembuatan:

  • Rebus air dan jahe sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 700 ml dan angkat.
  • Ambil Tape ketan hijau dan taruhlah di gelas beri susu kental manis.
  • Tuangkan rebusan air jahe tadi dan aduk hingga rata.
  • Sajikan wedang cor selagi hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *