Makanan Sehat Rendah Lemak
Unik

Deretan Makanan Sehat Tanpa Lemak yang Cocok Untuk Diet

Makanan sehat tanpa lemak atau rendah lemak memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih jika kamu sedang menjalani diet. Makanan tanpa kolesterol tinggi juga menghindarkan tubuh dari beragam jenis penyakit seperti diabetes ataupun jantung.

Pada dasarnya, tubuh manusia tetap membutuhkan lemak dari makanan sebagai sumber energi utama dalam melakukan berbagai aktifitas. Namun, mengkonsumsi lemak secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, jika kamu sedang menjalani pola hidup sehat hindarilah berbagai jenis makanan yang mengandung kadar lemak yang sangat tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis makanan rendah lemak yang cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani diet ketat.

Baca Juga: 7 Olahan Minuman dari Cokelat yang Bisa Balikin Mood

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau masih masuk dalam jajaran makanan sehat

Bisa dibilang sayuran adalah jenis makanan yang nyaris tidak mengandung lemak sama sekali. Beberapa kandungan utama dari sayur itu sendiri ialah vitamin, kalsium, potassium, hingga folat. Kandungan vitamin dan kalsium di dalam sayur ini sangat bermanfaat untuk tubuh terutama dalam mengurangi resiko peradangan. Berbagai jenis sayuran hijau juga telah terbukti ampuh dalam menghindarkan tubuh dari penyakit kanker, jantung hingga diabetes.

Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi selama menjalani pola diet di antaranya seperti kubis, bayam, sawi hingga selada. Biar tidak terasa hambar cobalah menambahkan sayuran hijau ini ke dalam salad atau smoothie kamu.

2. Buah-buahan

Makanan sehat tanpa lemak selanjutnya ialah buah-buahan. Hampir semua jenis buah-buahan masuk ke dalam makanan rendah lemak yang kaya akan vitamin, mineral dan juga serat. Senyawa anti oksidan di dalam kandungan buah-buahan juga dikenal sangat baik dalam melawan penuaan dini.

Anti oksidan ini akan menjaga tubuh kamu dari radikal bebas yang dapat mempercepat kondisi penuaan. Kerusakan sel-sel pada tubuh akibat radikal bebas ini juga bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, radang sendi, hingga kanker. Hingga hari ini telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa buah-buahan dapat menangkal serangan radikal bebas karena kandungan anti oksidannya yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, kamu bisa menjadikan buah-buahan sebagai menu utama kamu dalam menjalani pola hidup sehat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-Kacangan adalah makanan sehat tanpa lemak

Pada dasarnya kacang-kacangan juga termasuk ke dalam kategori sayuran. Salah satu jenis kacang-kacangan yang terkenal dengan kandungan lemaknya yang sangat rendah dan tanpa kolesterol ialah kacang polong. Kacang polong juga memiliki serat yang tinggi, protein, vitamin B, mineral, magnesium, seng hingga zat besi. Maka tidak heran bila banyak orang memasukkan kacang polong di dalam menu sehat harian mereka.

Manfaat lain dari mengkonsumsi kacang polong ialah seperti mengurangi tekanan darah, kolesterol hingga mengelola kadar gula di dalam darah. Banyak penelitian juga telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi kacang-kacangan akan menurunkan berat badan.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

4. Ubi jalar

Kamu juga bisa memasukkan ubi jalar sebagai menu utama kamu saat menjalani pola diet sehat. Di dalam satu ubi jalar berukuran sedang hanya mengandung sekitar 1,4 gram lemak saja. Kandungan vitamin A, C dan B di dalam ubi jalar juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kehadiran beta koragen yang tinggi di dalam ubi jalar berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Orang-orang yang gemar mengkonsumsi ubi jalar juga diklaim terhindar dari resiko penyakit mata seperti katarak dan degenarasi makula terkait usia.

5. Jamur

Jamur menjadi makanan sehat yang bisa Anda coba

Rekomendasi makanan sehat tanpa lemak yang terakhir untuk kamu ialah jamur. Sejak dulu jamur memang telah dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Maka tidak heran, jamur sering dijadikan sebagai obat untuk beragam jenis penyakit.  Namun, tidak semua jamur bisa dikonsumsi loh. Beberapa jenis jamur yang bisa dikonsumsi di antaranya ialah seperti jamur white button, crimini, portabella, shiitake dan juga tiram.

Adanya nutrisi, kalium, serat, vitamin B hingga mineral menjadikan jamur sangat cocok dimasukkan ke dalam menu sehat harian kamu. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa kehadiran anti oksidan yang tinggi di dalam jamur akan menjadikan tubuh lebih kuat sehingga akan kebal terhadap berbagai jenis penyakit berbahaya dan mematikan seperti kanker.

Jika ingin menurunkan berat badan atau sedang ingin mengubah pola makanan harian kamu maka cobalah mengkonsumsi secara rutin beberapa makanan sehat tanpa lemak yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba!

Leave a Comment