Street Food

Kumpulan Makanan Korea Paling Sering Muncul Di Drama Korea

Bagi pecinta drama Korea pasti sudah akrab dengan berbagai jenis makanan Korea yang sering disantap oleh aktor atau aktris favorit mereka. Tidak bisa dipungkiri jika semenjak Korean Wave masuk ke tanah air banyak masyarakat mulai dari para remaja hingga orang dewasa yang semakin menggemari hal-hal berbau Korea. Kekuatan entertainment negeri ginseng memang sangat luar biasa. Selain memiliki penyanyi, dancer, aktor dan aktris dengan acting yang sangat epic, berbagai drama dan reality show yang disajikan juga sangat berkualitas.

Baca Juga: 7 Olahan Minuman dari Cokelat yang Bisa Balikin Mood

Hal yang menarik dari dunia entertainment Korea ialah mengenai budaya ataupun makanan khas yang selalu mereka tampilkan di setiap program-program TV. Oleh karena itu, para penikmat drama Korea di tanah air pun juga jatuh cinta dengan berbagai makanan khas Korea. Maka jangan heran jika saat ini sudah banyak restoran Korea, makanan khas Korea dan cemilan Korea yang dipasarkan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Korea yang pasti sering muncul di tiap drama yang kalian ikuti.

1. Kimchi

Kimchi menjadi makanan Korea yang paling sering ditemui di setiap drama Korea. Entah itu di dalam drama atau variety show, kebanyakan aktor dan aktris Korea memang menggemari makanan yang terbuat dari sayuran fermentasi ini. Kimchi juga dibuat dari bumbu khas yang penuh dengan cita rasa pedas dan asam sehingga sangat cocok dihidangkan dengan berbagai macam lauk.

2. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon merupakan makanan khas Korea yang memiliki bahan dasar mie yang ditaburi saus kedelai hitam di atasnya. Di toping mie ini juga terdapat campuran berbagai jenis sayuran dan potongan daging. Makanan yang satu ini paling sering terlihat di beberapa jenis drama Korea tema Detective. Pokoknya pecinta drakor pasti hafal lah bentuk dari Jjajangmyeon ini.

3. Kimbab

Kimbab makanan Korea
Saniaeka22.blogspot.com

Makanan Korea selanjutnya yang selalu tampil di berbagai acara TV korea ialah Kimbab. Kimbab ini dibuat dengan cara digulung di mana pada bagian luarnya merupakan rumput laut kering. Adapun bagian dalam dari Kimbab ini terdiri atas telur, daging, wortel, bayam dan aneka sayuran lainnya. Karena bahan-bahannya mudah ditemukan di Indonesia maka Kimbab termasuk makanan khas Korea yang populer di masyarakat saat ini. Selain membeli di kedai-kedai makanan khas Korea kalian juga bisa membuat Kimbab secara langsung dari rumah.

4. Bibimbap

Makanan Khas Korea Bibimbap
Source: Diamma.com

Bibimbap di Korea memiliki arti nasi campur. Ya, sesuai namanya jenis makanan yang satu ini memang terdiri dari nasi yang dicampur dengan aneka macam lauk. Di restoran atau tempat makan Korea, Bibimbap biasanya disajikan dengan nasi yang belum tercampur. Lauk pauk disajikan dengan sangat cantik sehingga para pembeli harus mencampur sendiri nasi dan lauk pauk tersebut. Pada umumnya, terdapat 7 jenis sayuran yang digunakan pada makanan yang satu ini. Tak ketinggalan telur, daging dan tahu yang juga menjadi campuran dari Bibimbap. Bibimbap seharusnya dinikmati dalam keadaan hangat agar cita rasa gurih dan lezat dapat langsung dirasakan.

Baca Juga: 8 Makanan Tradisional Indonesia Yang Bikin Ketagihan

5. Japchae

Japchae Makanan Korea
Source: Detik.com

Pelafalan nama Japchae memang tidak jauh berbeda dengan makanan Capcai yang sudah dikenal masyarakat. Kedua makanan ini juga memiliki tampilan yang serupa yaitu campuran bihun dan sayur-sayuran. Yang membedakan ialah bumbu khas Korea pada Japchae dan bumbu khas Indonesia pada capcai.

6. Bulgogi

Bulgogi Makanan Korea seperti Sei Sapi
Source: Detik.com

Bulgogi juga termasuk makanan Korea yang sangat sering dihidangkan pada drama-drama Korea. Makanan ini sendiri terdiri atas potongan daging sapi yang diiris secara tipis lalu kemudian dipanggang. Campuran bumbu yang khas pada daging membuat Bulgogi terasa sangat lezat. Biasanya, Bulgogi juga disajikan dengan taburan biji wijen sebagai topingnya. Saat ini sudah banyak jenis makanan instan khas Korea dengan rasa Bulgogi yang bisa kalian temukan di supermarket.

7. Miyeok Guk

Resep: Miyeokguk, Sup Rumput Laut ala Korea Lezat dan Praktis

Miyeok Guk memiliki arti sup rumput laut. Seperti namanya, sup ini memang terdiri atas rumput laut dengan bumbu kaldu daging dan juga ayam. Kalau kalian adalah pecinta drama Korea sejati pasti sering melihat orang-orang yang berulang tahun dan disajikan dengan sup rumput laut dibandingkan dengan kue. Filosofi sup rumput laut untuk orang yang berulang tahun ini memiliki arti doa dan harapan agar bisa berumur panjang. Miyeok Guk termasuk jenis makanan rumahan sehingga jarang ditemui di berbagai restoran atau warung makan khas Korea.

8. Ramyeon

Ramyeon Makanan Korea Populer Di Indonesia
Source: Kekoreaan.id

Siapa yang tak kenal dengan ramyeon. Pada dasarnya ramyeon di Indonesia adalah sejenis mie instan. Namun, yang membedakannya hanyalah dari bumbu dan jenis mie yang lebih tebal dari mie instan di Indonesia. Di acara-acara TV Korea seperti di drama ataupun di variety show, Ramyeon disajikan langsung dari pancinya dan biasanya langsung disantap dari panci. Mungkin ini menjadi salah satu alasan kenapa menonton drama Korea selalu membuat penonton menjadi lapar. Salah satunya karena para pemain drama tersebut juga sedang menyeduh Ramyeon. Pada akhirnya, penonton pun ikut menyeduh Indomie sambil nonton drama Korea.

9. Gogigui

Gogigui menjadi makanan Korea yang juga sering sekali ditampilkan dalam berbagai drama Korea. Makanan ini sendiri merupakan jenis daging yang dipotong dengan tipis lalu dipanggang ala barbeque. Saat ini kalian tidak perlu repot-repot ke Korea untuk menikmati Gogigui, berbagai jenis restoran Korea di Indonesia juga telah menyediakan menu Gogigui ini.

Yang seru saat menikmati Gogigui ini ialah karena pembeli harus memanggang sendiri daging tersebut. Gogigui juga sangat nikmat disantap dengan selada dan berbagai jenis sayuran lain. Saat menyantapnya, masukkanlah Gogigui dengan satu kali suap saja. Kira-kira seperti itulah cara menyantap Gogigui ala drama Korea.

10. Tteokbokki

Tteokbokki Makanan Korea

Tteokbokki termasuk makanan Korea yang sangat mudah didapatkan bahkan di tanah air. Mulai dari restoran hingga warung-warung kecil khas Korea juga sudah menjual Tteokbokki. Bahan dari makanan yang satu ini ialah kue beras yang kemudian dicampurkan saus khas Korea. Rasa yang dihasilkan dari Tteokbokki ini adalah pedas dan juga manis. Di drama Korea, makanan ini biasanya dihidangkan bersama Ramyeon ataupun sosis dan daging.

11. Bungeoppang

Bungeoppang Cemilan Korea

Bungeoppang merupakan cemilan khas Korea yang berbentuk ikan dan di dalamnya berisikan selai kacang merah. Cemilan ini sangat sering diburu saat musim dingin tiba karena Bungeoppang disajikan dalam keadaan yang masih panas. Kalau ke Korea maka kalian akan menjumpau Bungeoppang ini di warung-warung pinggir jalan. Bentuknya yang unik karena menyerupai ikan serta rasanya yang gurih dan lezat membuat banyak orang menyukai cemilan yang satu ini.

Baca Juga: Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

Nah, itulah beberapa daftar makanan Korea yang sangat sering muncul di setiap drama-drama Korea. Para pecinta drakor pasti sudah sangat akrab dengan semua menu makanan di atas. Jika berkunjung ke Korea pastikan kalian mencicipi semua jenis kuliner khas Korea tersebut. Lalu, di antara ke-11 daftar makanan khas Korea di atas yang telah disebutkan manakah yang menjadi favorit kalian?

Related posts

Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

Rostina Alimuddin

8 Street Food Korea Terenak, Sering Muncul di Tayangan Drama

Risma Mualifa