Street food Korea yang sering dijumpai
Street Food

8 Street Food Korea Terenak, Sering Muncul di Tayangan Drama

Korea Selatan berhasil membawa banyak tren untuk diikuti seluruh dunia. Tren itu diperkenalkan oleh para selebritis dari negeri gingseng tersebut. Setelah tren fashion-nya yang begitu diganderungi anak muda terutama di Indonesia, tren kuliner dari Korea Selatan juga berhasil membuat banyak orang penasaran. Street food Korea atau jajanan khas negara tersebut sering muncul di tayangan drama dan membuat penonton ingin tahu seperti apa kenikmatan rasanya.

Jajanan Korea kemudian banyak bermunculan di Indonesia. Hal ini menjadi kesempatan bagi para penggemar artis Korea untuk mencoba jajanan tersebut. Street food dari Korea pun berhasil menjadi jajanan populer di Indonesia dan menjadi perbincangan di kalangan generasi muda. Bahkan jajan tersebut ternyata berhasil menjawab selera kuliner pecinta Korea di Indonesia. Inilah sederet jajanan pinggir jalan khas Korea yang diakui memiliki cita rasa paling enak.

Baca Juga: Kumpulan Makanan Korea Paling Sering Muncul Di Drama Korea

1. Tteokbokki

Tteokbokki Street Food Korea yang sering muncul di drakor

Berbicara tentang street food Korea yang sekarang paling populer, maka tteokbokki adalah jawaban pertama. Camilan ini tergolong dalam kue beras dengan tekstur yang kenyal. Sebagai pelengkapnya, ada pilihan saus merah pedas atau saus manis yang disajikan bersama kue ini. Di Korea, jajanan ini dijual di berbagai pusat keramaian. Selain enak, harga camilan ini juga relatif terjangkau.

2. Twikim

Twikim Street food Korea, bisa dibilang gorengannya Korea
Source: Adventuretravel.co.id

Twikim bisa dibilang sebagai gorengan khas dari Korea Selatan. Berbeda dengan gorengan ala Indonesia yang biasa disantap bersama cabai rawit, twikim dari Korea umumnya disajikan bersama saus atau kecap asin. Beberapa bahan yang biasa dijadikan twikim antara lain ubi, udang, cumi-cumi, paprika hingga jenis sayuran lainnya. Tidak jauh berbeda dengan gorengan Indonesia, twikim juga menggunakan adonan tepung untuk membalur bahan utamanya.

3. Odeng

Odeng, Street food korea yang sering dianggap usus

Nama street food Korea yang satu ini memang cukup unik dan mudah dilafalkan. Odeng merupakan camilan berupa sate ikan atau sering juga disebut fish cake. Cara membuatnya dimulai dari menghaluskan daging ikan dan dicampur dengan tepung. Kemudian adonan tersebut dibentuk dan ditusuk kemudian direbus dalam kuah kaldu. Odeng sangat nikmat disantap saat masih dalam keadaan panas, makanya jajanan ini sering dibeli saat musim dingin.

4. Kimbab

Kimbab street food Korea mirip Sushi

Jika di Jepang ada sushi, maka di Korea ada kimbab. Meski bentuknya sama dengan sushi, namun keduanya memiliki cita rasa yang berbeda. Dari segi cara membuatnya, kimbab hampir sama dengan sushi yaitu nasi gulung yang bagian luarnya dibungkus dengan rumput laut dan diberi taburan wijen. Isian kimbab berupa daging, sayuran, rumput laut dan beberapa bahan lain. Bentuk kimbab yang lebih kecil membuat makanan ini bisa disantap dalam sekali suap.

Baca Juga: Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

5. Sundae

Sundae

Sundae termasuk street food Korea yang tak kalah populer karena sering ditampilkan di berbagai drama. Jajanan tersebut sering dibilang mirip sosis darah. Namun sebenarnya sundae dibuat dari usus sapi atau babi yang dimasak dengan kuah khusus. Pada bagian dalam usus diisi dengan daging dan sayuran. Sundae diketahui sudah ada sejak zaman Korea kuno sehingga makanan tersebut termasuk dalam camilan legendaris.

6. Jjangmyeon

Jjangmyeon Mie Hitam Asal Korea

Seperti halnya tteokbokki, jjangmyeon juga kerap terlihat di beberapa adegan drama Korea hingga membuat makanan tersebut cukup familiar. Jjangmyeon merupakan mie hitam yang terbuat dari tepung dengan campuran kedelai hitam. Penyajiannya disertai kuah panas sehingga membuat jjangmyeon menghasilkan sensasi yang begitu khas. Makanan ini tersedia di hampir semua restoran Korea termasuk pedagang kaki lima di pinggir jalan.

7. Bungeoppang

Bungeoppang Camilan street Food yang cukup digemari

Bungeoppang menjadi jajanan Korea yang sangat khas karena bentuknya yang mudah dikenali. Camilan tersebut berupa kue kecil dengan bentuk ikan lengkap dengan berbagai jenis isian, seperti ubi manis, kacang merah, cokelat hingga es krim. Bungeoppang dibuat seperti cara membuat waffle namun dengan cetakan bentuk khusus. Bentuk ikan yang menjadi ciri khas makanan ini konon melambangkan keberuntungan.

8. Bbopki

Bbopki

Satu lagi makanan ringan Korea bercita rasa manis yang juga tak kalah populer, yaitu bbopki. Permen khas Korea itu berbentuk bulat besar dan agak tipis. Larutan gula dan baking soda menjadi bahan yang membuat permen ini renyah dan mengembang. Pada proses pembuatannya, berbagai bentuk ditambahkan ketika permen belum mengeras. Bentuk-bentuk di bagian tengah itulah yang membuat permen ini terlihat menarik.

Memang belum semua jenis street food Korea bisa ditemukan di Indonesia. Sementara hanya ada beberapa jajanan khas Korea yang mulai dijual di Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan sebentar lagi akan semakin banyak camilan khas Korea yang hadir di sini dan bersiap memanjakan selera kuliner masyarakat Indonesia.

Related posts

Kumpulan Makanan Korea Paling Sering Muncul Di Drama Korea

Rostina Alimuddin

Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

Rostina Alimuddin

Leave a Comment