Sayur Kalakan Pacitan yang Ngangenin

Sayur kalakan Pacitan

Sayur Kalakan merupakan salah satu wisata kuliner Pacitan yang populer dan banyak di gemari wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pacitan.  Nasi plus Sayur Kalakan ini menjadi menu favorit masyarakat Pacitan, terutama di wilayah pesisir Pantai Teleng Ria. Yang membuat Kalakan ini menarik untuk dicoba adalah rasa yang berbeda dari makanan sari laut lainnya.

sayur kalakan pacitan

Sayur Kalakan ini mudah ditemui dimana saja di daerah Pacitan, pasalnya sebagian besar masyarakat Pacitan dapat memasak sayur kalakan ini. Harganya pun relatif terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Tidak heran jika Sayur Kalakan dijadikan ikon yang menggambarkan kota 1001 gua, Pacitan. Sayur Kalakan ini berbahan dasar daging ikan kelong (hiu) yang dimasukkan dalam santan yang sudah dicampuri bumbu pedas sehingga Sayur Kalakan ini identik dengan rasanya yang pedas, serta biasanya sayur ini di sajikan dengan nasi tiwul sebagai pelengkapnya.

Sayur Kalakan ini tidak hanya nikmat jika ditambahkan dengan nasi putih saja. Namun akan semakin nikmat jika ditambahkan dengan menu makan siang lainnya, semisal oseng – oseng, ikan bakar, atau kerupuk tengiri. Meskipun Sayur Kalakan ini sudah lumayan pedas, akan menjadi nikmat saat nasi Sayur Kalakan ini dipadukan dengan sambal terasi atau sambal bawang.

Segarnya es degan khas pantai menjadi alternatif paling pas sekaligus menghilangkan dahaga di siang hari anda. Ada juga pilihan minuman segar lainnya, seperti es blewah, es jeruk, maupun menu minuman segar lainnya. Jika anda berkunjung ke Pacitan pastikan meluangkan waktu menikmati citarasa Kalakan. Nasi Sayur Kalakan ini bisa anda dapatkan di warung makan sari laut Bu Gandos, sekitar 1Km dari Pantai Teleng Ria, di jalur bus Pacitan menuju Solo.

Ini adalah salah satu menu andalan kota 1000 g0a, Pacitan dan ini adalah menu wajib serta menu favorite kalau berlibur ke pacitan sengaja dibuat pedas di makan dengan nasi tiwul dan kulup daun kenikir, dan berikut adalah bahan bahan yang digunakan nya :

Bahan-bahan

  1. 20 tusuk Ikan kalakan (kelong asap)
  2. Tempe nagung (olahan tempe mlanding / petai.cina)
  3. Daun kucai
  4. Santan
  5. Bumbu halus :
  6. 6 siung Bawang putih
  7. 8 siung Bawang merah
  8. Cabai sesuai selera (saya 50 buah)
  9. 2 cm Kunir
  10. 1 cm Kencur
  11. 2 butir Miri
  12. Bahan tambahan :
  13. Garam
  14. Gula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *