Restoran di Banyuwangi yang Terkenal

Restoran di Banyuwangi

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang pas untuk berkunjung ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga. Lebaran juga merupakan momen melepas kangen dan menjalin kembali silaturahmi setelah berpisah sekian lama.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pada momen libur Lebaran adalah dengan berwisata kuliner. Namun tak jarang, banyak restoran atau warung makan yang tutup ketika libur Lebaran. Padahal ketika pulang kampung tentunya juga ingin melepaskan rindu akan kuliner kota asal.

Berkunjung ke restoran yang nyaman serta memiliki konsep atau suasana yang seru adalah aktivitas yang menyenangkan. Jangan khawatir, Restoran di Banyuwangi yang berada tak jauh dari pusat kota ini tetap memilih beroperasi ketika libur Lebaran.

Osing Deles Resto

Restoran di Banyuwangi

Sebagian besar warga Banyuwangi pasti sudah tidak asing lagi dengan Osing Deles. Restoran di Banyuwangi yang memiliki konsep one stop shopping ini seringkali menjadi tujuan banyak travel dan rombongan untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi. Mulai dari kaos, souvenir, snack, hingga kain batik.

Tak hanya toko oleh-oleh, di lantai 2 toko juga terdapat kafe yang ornamen dan desain interiornya unik. Cocok buat kalian yang suka nongkrong dan berfoto.

Tempatnya yang cukup luas dan terkesan santai, cocok untuk dijadikan lokasi makan dan nongkrong bersama keluarga. Menunya juga bervariasi, mulai dari kuliner tradisional Banyuwangi seperti Nasi Tempong dan Rujak Soto. Hingga kuliner mancanegara seperti spageti dan pizza.

Tak hanya menunya yang menarik dan bervariasi, cara penyajiannya juga sangat Instagramable. Sedangkan untuk harganya ada di kisaran Rp 10 ribu-Rp 50 ribuan. Untuk di momen hari raya kali ini, Osing Deles beroperasi pada H+1 Lebaran.

  • Alamat : Jl. KH. Agus Salim No. 12, Banyuwangi
  • Jam Operasional : 08.00 – 23.00
  • CP : +6282243495950
  • Instagram : @osingdeles

Resto Kaisar

Restoran di Banyuwangi kedua di tengah kota yang buka di H+1 Lebaran adalah Resto Kaisar. Terletak di alamat Jl. Kepiting No. 100 dekat lampu merah MAN Sobo, restoran ini memiliki menu andalan ikan bakar dan ayam bakar.

Namun bukan itu saja, di sana juga menyediakan menu seafood, dan makanan standar seperti nasi dan mi goreng dengan kisaran harga mulai dari Rp 10 ribu-Rp 45 ribu.

Konsep bangunannya sekilas mirip Joglo dengan material bangunan mayoritas dari kayu. Di resto ini disediakan pula dua alternatif tempat duduk untuk menikmati hidangan, ada yang memakai kursi dan adapula yang lesehan.

Didesain untuk keluarga, restoran ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat berkumpul keluarga ketika mudik ke Banyuwangi.

  • Alamat : Jl. Kepiting No. 100, Banyuwangi
  • Jam operasional : 08.30 – 22.00
  • CP : +6285850662455
  • Instagram : @restokaisar_banyuwangi

Waroeng Kemarang

Berlokasi di daerah Taman suruh yang terdapat banyak sawah, Restoran di Banyuwangi ini juga beroperasi pada H+1 Lebaran. Untuk yang ingin menikmati kuliner tradisional Banyuwangi seperti Pecel Pitik, Sego Tempong, Semanggi, Uyah

Asem, Rujak Soto, Kucur, dan lainnya dengan pemandangan sawah, resto ini cocok dimasukkan ke dalam daftar kunjunganmu ketika mudik ke Banyuwangi.

Harga menu yang ramah di kantong dengan kisaran harga mulai dari Rp 4 ribu hingga Rp 37 ribu saja membuat banyak keluarga berkunjung ke sini. Tak hanya harga murah, pemandangan yang menyejukkan mata juga ditawarkan resto ini.

Mereka memiliki rumah adat Suku Osing terbesar yang menjadi bagian utama resto ini, serta beberapa saung yang didirikan mengitari sawah. Di sini kamu juga bisa berfoto menggunakan kostum Penari Gandrung dan di saat-saat tertentu ada orang yang memainkan angklung paglak di tengah sawah, alat musik tradisional dari Banyuwangi.

Bahkan setiap akhir pekan, Waroeng Kemarang menyuguhkan kesenian Banyuwangi seperti Tari Gandrung, Tari Barong Kemiren, dan beberapa kesenian lokal lainnya untuk menghibur tamu. Unik bukan.

  • Alamat : Jl. Perkebunan Kalibendo KM. 5, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah
  • Jam operasional : 07.00 – 22.00
  • CP : +3333386507
  • Instagram : @waroengkemarang

Kolam Kita Resto

Restoran di Banyuwangi beikutnya adalah kolam kita resto. Tak jauh dari pertigaan Patung Barong Desa Kemiren terdapat sebuah restoran keluarga yang juga unik. Kolam Kita Resto memiliki beberapa saung yang dibangun di atas sebuah kolam ikan.

Di sini pengunjung bisa menghabiskan waktu menunggu pesanan datang dengan memancing ikan. Nantinya, ikan hasil pancingan bisa dibawa pulang ataupun langsung diolah menjadi hidangan yang lezat.

Dengan spesialisasi olahan gurame, resto yang buka pada H+2 Lebaran ini cocok untuk lokasi bersantai keluarga.

Kalau mampir kesini, cobalah menu udang bakar. Udang dengan ukuran sedang, dibakar dengan madu. Rasa manis dari madu begitu nikmat bercampur dengan gurih dan manisnya daging udang yang masih fresh. Harga makanan di sini berkisar mulai Rp 4 ribu-Rp 35 ribu.

  • Alamat : Jl. Banjarsari No. 9, Glagah, Banyuwangi
  • Jam operasional : 10.00 – 21.00
  • CP : +6282142177827
  • Instagram : @kolamkitaresto_

ABR Seafood

Restoran di Banyuwangi

Jika kamu penggemar seafood, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai menu hidangan laut Restoran di Banyuwangi yang satu ini. Buka di hari kedua Lebaran, ABR Seafood menyediakan olahan hasil laut yang nikmat. Mulai dari ikan bakar, kepiting, cumi-cumi, hingga beberapa varian kerang seperti kerang dara, kerang hijau, kerang batik, kerang bambu, dan scallop.

Mungkin bisa dibilang ini adalah resto yang memiliki varian kerang terlengkap di Banyuwangi. Cocok untuk kamu penggemar kerang.

Untuk yang ingin makan ramai-ramai, ABR Seafood memiliki menu mix seafood. Berbagai macam kerang-kerangan, kepiting, dan cumi dimasak menjadi satu.

Tak hanya itu saja, di resto yang beroperasi ini juga menyediakan beberapa menu Chinese Food yang tak kalah sedap. Cobalah nasi goreng Hongkong atau kwetiau goreng yang begitu menggoda selera.

  • Alamat : Jl. KH. Agus Salim 89 C, Banyuwangi
  • Jam operasional : 13.00 – 22.00
  • CP : +6281238681289
  • Instagram : @abrseafood

Pondok Indah

Restoran di Banyuwangi yang satu ini bisa dibilang restoran terbuka paling nyaman dan instagenic di Banyuwangi. Mereka memiliki konsep bangunan yang menyatu dengan alam. Beberapa pondok dan meja kursi kayu tertata rapi di sekitar area restoran yang luas.

Di salah satu sisi kamu juga bisa melihat pemandangan sawah di kejauhan layaknya Ubud. Tak hanya itu saja, suara cenggeret dan aliran sungai juga akan menemanimu bersantap siang.

Berkat lokasi dan suasananya yang nyaman, Resto Pondok Indah sering dijadikan tujuan rombongan petinggi berbagai instansi, ketika berkunjung ke Banyuwangi.

Rekomendasi menu disini adalah nasi bakar. Walaupun dimakan tanpa lauk pun sudah nikmat, tak ada salahnya mengkombinasikan nasi bakar dengan beberapa lauk seperti Oling atau Sidat Kuah, Ayam Goreng, Ikan Wader, dan Belut Goreng. Harga menu bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu sampai kisaran Rp 50 ribu.

Menurut pengalaman di tahun sebelumnya, jika ingin menikmati kuliner disini selama libur Lebaran, lebih baik kamu reservasi terlebih dahulu sehari sebelumnya. Karena tak jarang pengunjung yang langsung datang harus kembali dengan kecewa karena tempat penuh, meskipun sudah banyak kursi yang disediakan.

  • Alamat : Jl. Lijen KM 8,7 Glagah, Banyuwangi
  • Jam operasional : 08.00 – 18.00
  • CP : +6283847624241
  • Instagram : @pondokindahbwi

Srengenge Wetan

Jika ingin mencari Restoran di Banyuwangi dengan sajian tradisional, mungkin kamu bisa berkunjung ke resto yang satu ini. Konsepnya tradisional, ada beberapa makanan yang di display menggunakan peralatan dari tanah liat.

Beberapa andalan di resto ini adalah nasi bakar, nasi Tempong, Koro Pedas, dan Jenang Bedhil.

Koro Pedasnya begitu nikmat. Kacang koro yang dimasak dengan kuah santan dengan cita rasa gurih sedikit pedas. Jenang Bedhil-nya pun tak kalah enak. Perpaduan manis, gurih, lembut, dan ada irisan nangka membuat jenang ini begitu menggoda selera.

Untuk harga makanan disini cukup ramah di kantong, berada di kisaran Rp 10 ribu-Rp 25 ribu saja.

Tak hanya restoran, kini Srengenge Wetan yang berlokasi di Jl. PB. Sudirman No. 175-2 ini juga membuka toko oleh-oleh Banyuwangi. Jadi tak perlu susah-susah untuk mencari oleh-oleh.

  • Alamat : Jl. PB. Sudirman No. 175-2 Banyuwangi
  • Jam operasional : 10.00 – 22.00
  • CP : +628113689060

Itulah beberapa rekomendasi Restoran di Banyuwangi yang cocok untuk keluarga ketika libur Lebaran tiba. Liburan semakin asik ketika lidah dimanjakan dengan rasa kuliner yang nikmat dan makin seru ketika bisa berfoto di lokasi yang menarik. Selamat berlibur, selamat datang di Banyuwangi, The Sunrise of Java.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *