Bumbu dapur yang wajib ada di dapur
Resep

Bumbu Dapur yang Wajib di Dapur, Bikin Masakan Tambah Enak

Untuk menghasilkan hidangan yang kaya rasa, dibutuhkan bumbu sebagai tambahan pada masakan. Di semua jenis masakan dari berbagai negara, penambahan bumbu tidak boleh terlewatkan. Karena itu, ada banyak jenis bumbu dapur yang wajib di dapur. Umumnya bumbu dapur yang harus ada merupakan bumbu dasar. Sementara itu bumbu tambahan lainnya bisa menjadi pilihan untuk masakan tertentu.

Bumbu dapur merupakan zat yang berasal dari tanaman beraroma lalu ditambahkan pada masakan dengan tujuan untuk menyedapkan makanan tersebut. Selain untuk menyedapkan makanan, ternyata bumbu dapur juga memiliki kandungan yang menyehatkan. Bumbu dapur kebanyakan memiliki sifat basah sehingga tidak dapat bertahan atau disimpan dalam jangka waktu panjang. Namun ada juga bumbu jenis rempah yang bersifat cenderung kering. Berikut adalah jenis bumbu yang wajib ada di dapur dengan penjelasan lebih lanjut.

1. Bawang Putih

Bawang Putih Bumbu Dapur yang Wajib di Dapur

Bumbu dapur yang paling dasar berasal dari kelompok bawang, salah satunya adalah bawang putih. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbunya baik dihaluskan atau sekadar dicincang. Itulah mengapa bawang putih menjadi bumbu dapur yang wajib di dapur. Manfaat dari bawang putih ternyata juga tak sedikit. Satu di antaranya dapat menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Kumpulan Jajanan Anak SD yang Bikin Nostalgia

2. Bawang Merah

Ada bawang putih ada bawang merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga merupakan bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang Merah umumnya menjadi pendamping bagi bawang putih untuk menghasilkan masakan yang menggugah selera. Bawang merah memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang merah juga mampu membantu menormalkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolestrol, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay

Selain bawang putih dan bawang merah, bawang Bombay juga termasuk bumbu dapur yang wajib di dapur. Dengan ukuran yang lebih besar dibanding bawang merah dan bawang putih, bawang bombay memiliki wangi yang tidak terlalu tajam. Berdasarkan warnanya, bawang bombay dikelompokkan dalam dua jenis yaitu bawang bombay kuning dan bawang bombay merah. Biasanya bawang bombay juga biasa dikonsumsi dalam kondisi segar sebagai campuran salad.

4. Berbagai Jenis Cabai

Jangan lupa cabai-cabaian sebagai Bumbu Dapur yang Wajib di Dapur

Bumbu dapur dasar yang wajib ada berikutnya adalah cabai. Bagi penggemar makanan pedas, cabai tidak hanya wajib di dapur namu juga wajib ada di berbagai jenis masakan. Terdapat beberapa jenis cabai diantaranya adalah cabai merah keriting, cabai rawit, dan cabai hijau. Di balik rasa pedasnya, cabai ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Seperti dapat mengurangi nyeri sendi dan otot, mengurangi risiko penyakit jantung, membakar lemak tubuh, dan masih banyak lagi.

5. Kunyit

Rempah asli Indonesia, Kunyit pun perlu

Kunyit juga termasuk dalam daftar bumbu dapur yang wajib di dapur dan sering dimanfaatkan sebagai penghasil warna kuning pada masakan. Tanaman asli dari Asia Tenggara ini juga memiliki khasiat kesehatan yang tak kalah hebat dari jenis rimpang lainnya. Kunyit mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, menurunkan risiko A;zheimer, dapat membersihkan racun yang ada di tubuh, sebagai sumber antioksidan yang kuat, dan sebagainya.

6. Jahe

Jahe Bumbu Dapur yang Wajib di Dapur

Jahe memiliki rasa pedas dan biasa digunakan untuk masakan bersantan dan masakan yang ditumis. Bukan hanya sebagai bumbu masakan, jahe juga kerap dijadikan minuman hangat yang bisa mengatasi mual, muntah, keringat dingin, dan juga pusing. Tidak hanya itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah peradangan, seperti kram karena haid, nyeri sendi dan nyeri otot, serta berbagai masalah peradangan lainnya.

7. Kencur

Kencur sebagai bumbu dapur

Sama seperti jahe, kencur juga dijadikan sebagai bumbu pada masakan yang dapat memberikan aroma khas makanan Indonesia. Manfaat kencur pun juga tak kalah banyak bagi kesehatan. Diantaranya adalah dapat mengobati diare, mencegah karies pada gigi, menghilangkan stress, serta mengobati batuk dan masalah tenggorokan. Dengan manfaatnya juga aroma khasnya, kencur masuk dalam daftar bumbu dapur yang wajib ada di dapur.

Baca Juga: Menyantap Makanan Khas Papua Penuh Cita Rasa Alam

8. Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas atau laos memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jahe dan keduanya juga memiliki cita rasa pedas, yang membedakannya adalah aroma dan rasa. Jika jahe memiliki rasa pedas yang agak manis, maka lengkuas memiliki rasa pedas yang lebih kuat dan sedikit pahit. Lengkuas juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, contohnya adalah dapat meredakan masalah rambut dan ketombe, sebagai obat luka bakar, dan masih banyak manfaat lainnya.

Sederet bumbu dapur yang wajib ada di dapur menjadi bekal utama dalam mengolah berbagai masakan. Manfaatnya dari bumbu-bumbu dapur yang sangat beragam ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh.

Related posts

7 Olahan Minuman dari Cokelat yang Bisa Balikin Mood

Adhita Diansyavira

Leave a Comment