Oleh Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Kalian Bawa Pulang

Oleh oleh khas Mojokerto

Oleh Oleh Khas Mojokerto – Mojokerto merupakan salah satu kota yang populer yang terletak di Provonsi Jawa Timur. Kota ini tepatnya berjarak 50 km sebelah barat daya dari pusat Kota Surabaya. Salah satu yang menjadi daya tarik Kota yang satu ini adalah Oleh oleh khas Mojokerto yang sangat bervariasi.

Mojokerto sendiri merupakan sebuah daerah yang terdiri dari Kabupaten Mojokerto serta Kota Mojokerto yang tentunya berada di daerah Jawa Timur. Kepadatan penduduk juga terjadi di kota ini, bahkan tak kalah dari kota lainnya. Berbagai macam suku dan budaya pun terdapat di Mojokerto.

Mojokerto juga merupakan wilayah yang memiliki pusat pemerintahan kerajaan terbesar di Tanah Air ini. Tak heran jika Kota Mojokerto ini menyimpan berbagai macam makanan khas yang sangat bervariasi.

Jika anda sedang berada di Kota Mojokerto ataupun hanya sekedar mampir sejenak di Kota Mojokerto, jangan lupa untuk mencicipi Oleh oleh khas Mojokerto. Mau tau apa saja Oleh oleh khas Mojokerto.

Daftar Oleh oleh khas Mojokerto yang wajib kalian cobain saat berada di kota ini :

Onde-onde

Oleh oleh khas Mojokerto yang pertama adalah Onde-onde. Yap, diantara kalian pasti sudah mencicipi makanan khas yang populer satu ini yakni Onde-onde.

Kue Onde-onde sendiri adalah makanan khas Mojokerto yang terbuat dari campuran tepung ketan yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil. Di dalam Onde-onde sendiri terdapat isian kacang hijau yang telah dilembutkan. Untuk mempercantik tampilan Onde-onde ini biasanya ditaburi dengan biji wijen untuk mempercantik tampilan dari kue Onde-onde ini.

Nah, untuk rasa dari makanan khas yang satu ini jangan diragukan lagi. Onde-onde ini memiliki rasa yang sangat enak dengan tekstur lembut dan kenyal pada saat kita mencoba mencicipinya.

Jika kamu sedang bertandang di Kota Mojokerto ini, kamu bisa membawa kue Onde-onde ini sebagai oleh-oleh, karena kue ini praktis dan bisa bertahan hingga beberapa hari.

Untuk menemukan makanan khas Kota Mojokerto yang satu ini sangatlah mudah loh, karena kue ini sudah tersedia di beberapa toko oleh-oleh maupun di pasar tradisional di daerah Mojokerto tentunya.

Kerupuk Rambak

Oleh oleh khas Mojokerto selanjutnya yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah Kerupuk Rambak. Makanan ringan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang populer, dan mungkin kamu juga pernah mencobanya.

Kerupuk Rambak merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan terlebih dahulu tentunya, lalu diolah sehingga jadilah Kerupuk Rambak Khas Mojokerto.

Jika kamu ingin membeli Kerupuk Rambak ini sebagai oleh-oleh kamu harus pintar-pintar dalam memilih. Pasalnya tidak mudah membedakan Kerupuk Rambak yang masih enak dengan yang sudah basi. Agar kamu tidak kecewa nantinya, pastikan kamu memilih toko dan perhatikan juga waktu yang tepat ya.

Kerupuk Upil Khas Mojokerto

Yap, ada satu lagi nih kerupuk yang menjadi salah satu Oleh oleh khas Mojokerto, namanya Kerupuk Upil. Jangan salah dengan namanya ya teman! Kerupuk Upil ini bukanlah berbahan dasar upil (kotoran hidung) kok teman hhe.

Nama tersebut diberikan didsaarkan pada proses memasaknya yakni pada proses penggorengan Kerupuk Ini tidak menggunakan minyak goreng. Untuk menggoreng kerupuk ini biasanya menggunakan pasir sebagai media penggorengannya.

Kerupuk ini biasanya banyak dijual di toko-toko yang ada di kawasan Mojokerto tentunya sudah dalam keadaan terbungkus rapi di dalam plastik. Kerupuk khas Mojokerto yang satu ini sangat cocok sekali bisa disajikan dengan sambal petis.

Bagi kamu yang sedang melancong ke Kota Mojokerto, jangan lupa untuk mencicipi Kerupuk khas Mojokerto ini. Eetts jangan lpa juga untuk membelinya sebagai buah tangan untuk orang-orang tercinta di rumah kamu.

Sate Keong

Oleh oleh khas Mojokerto yang selanjutnya akan kita bahas di elrajab.com adalah sate. Sate merupakan salah satu makanan khas Mojokerto yang sebenarnya sudah banyak menjadi makanan khas di daerah lain. Sebagai contohnya adalah Kota Medan yang juga memiliki sate sebagai makanan khas daerah mereka.

Namun Tak ada yang menyangka sekalipun bahwa sate juga menjadi makanan khas Mojokerto. Tapi sate di Mojokerto ini berbeda dengan sate-sate lainnya loh yaa. Sate di Mojokerto ini berbahan dasar keong yang banyak hidup di pesawahan masyarakat sekitar.

Untuk membuat sate keong, pertama-tama keong harus direbus dengan air mendidih agar semua kotoran yang ada pada keong hilang. Selain itu, perebusan juga sangat berguna untuk memudahkan mengeluarkan daging keong dai cangkangnya.

Selesai mengeluarkan daging keong dari cangkangnya, keong dilumuri dengan bumbu lalu ditusuk hingga berbentuk seperti sate pada umumya. Tapi bumbu yang digunakan juga bukan sembarang bumbu loh ya sehingga akan menghasilkan rasa yang unik.

Yap, gimana nih sobat, tertarik untuk mencoba makanan khas yang satu ini? Jika iya monggo mencicipi sate unik khas Mojokerto ini yang akan membuat kamu ketagihan.

Sambel Wader

Nah, Oleh oleh khas Mojokerto yang satu ini merupakan salah satu kekayaan kuliner Mojokerto yang khas. Siapa sangka Mojokerto mempunyai makanan khas yang berbahan dasar ikan wader. Yap, kuliner ini adalah Sambel Wader.

Ikan wader ini merupakan yang hidup di air tawar. Untuk mendapatkan ikan wader ini, biasanya masyarakat mencarinya di sungai ataupun dengan cara membudidayakannya di keramba-keramba kecil.

Cara mengolah ikan wader ini sangatlah mudah lho sobat. Ikan wader terlebih dahulu dibersihkan dari sisik dan kotorannya. Setelah ikan bersih, ikan tersebut langsung digabungkan dengan bahan pembuat sambel lainnya, seperi bawang merah dan cabai merah. Ikan wader siap digoreng hingga matang dan siap untuk disajikan.

Kerupuk Memble Khas Mojokerto

Oleh oleh khas Mojokerto yang satu ini masih berupa kerupuk yang tentunya cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga tercinta. Hahoo, ada yang tau nggak apa nama kerupuk ini? Yap, Kerupuk ini bernama Kerupuk Memble.

Proses pembuatan Kerupuk Memble khas Mojokerto ini menggunakan dua wajan sekaligus. Terdapat dua tahapan untuk menggoreng Kerupuk Memble ini. Tahapan yang pertama adalah kerupuk ini digoreng menggunakan minyak panas. Setelah itu masuk pada penggorengan proses kedua yakni kerupuk digoreng dengan temperatur suhu yang sedang.

Proses penggorengan kerupuk yang satu ini lumayan rumit sobat. Tak sedikit pula yang gagal dalam praktek menggoreng kerupuk ini. Namun jangan khawatir karena kerupuk ini sangat mudah untuk kita jumpai di pasaran, tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

Sate Bangil

Nah satu lagi nih Oleh oleh khas Mojokerto yang berjenis sate dan dikenal dengan nama Sate Bangil. Sate Bangil merupakan sebuha makanan khas Mojokerto yang berbahan dasar kambing.

Perbedannya yang terdapat pada Sate Bangil ini dengan sate kambing yang lainnya adalah  kita bisa menentukan sendiri sate dari bagian kambing apa yang kita inginkan sesuai selera. Semua tergantung dengan permintaan para pembelinya.

Satu porsi sate Bangil ini berisi 10 tusuk sate yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan tidak lupa pula dengan sambalnya.

Salah seorang penjual Sate Bangil yang cukup masyur di Kota Mojokerto adalah warung Sate Bangil milik Bang Soleh. Warung sate Bang Soleh ini tepatnya terletak di Jalan Majapahit 428, Mojokerto. Tenang sobat, warung sate ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 10 malam ko sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *