Oleh Oleh Khas Lumajang yang Wajib Kalian Ketahui

Oleh Oleh Khas Lumajang

Oleh Oleh Khas Lumajang – Pada saat berkunjung ke suatu daerah, seringkali orang-orang terdekat ataupun kerabat kita minta dibawakan oleh-oleh yang khas dari tempat tersebut. Seperti kita ketahui, setiap daerah, kota ataupun negara pasti memiliki yang namanya oleh-oleh khas sebagai ciri dari tempat itu sendiri.

Sama halnya dengan kota Lumajang, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini juga tidak lepas dari yang namanya buah tangan baik itu berupa makanan, minuman ataupun souvenir unik. Nah, Sahabat Dibungkus mau tahu apa saja oleh-oleh khas Lumajang yang paling bagus buat dibawa pulang keluarga? Tanpa basa-basi, langsung aja yuk kita simak info dibawah ini.

Pisang Agung

Dikenal sebagai kota Pisang, tak heran jika buah manis berwarna kuning ini kerap dijadikan Oleh Oleh Khas Lumajang oleh para wisatawan. Memang pisang sangat mudah ditemukan di daerah lain tapi buah khas Lumajang berbeda dimana ukurannya bisa lebih besar 2-3 kali lipat dari  biasanya. Berburu pisang agung paling mudah di pasar Buah Ranuyoso. Soal harga  sangat bervariasi, tergantung dari keahlian Sahabat  dalam hal tawar-menawar.

Keripik Pisang

Oleh Oleh Khas Lumajang

Dijuluki sebagai kota Pisang, ya wajar saja kan kalau daerah Lumajang ini memiliki banyak makanan yang bahannya terbuat dari buah berwarna kuning tersebut. Bagi Sahabat Dibungkus yang tidak ingin repot membawa pulang satu tandan pisang, maka cemilan praktis satu ini bisa dijadikan pilihan sebagai buah tangan.

Keripik pisang khas Lumajang ini teksturnya renyah dan citarasanya  juga lezat, cocok untuk dijadikan sebagai cemilan saat santai bersama keluarga atau kerabat. Beberapa merk terkenal diantaranya ada Keripik Kirana, Oven dan Pisang Madu. Semua ini bisa didapatkan di toko oleh-oleh dan harganya berbeda-beda.

Tape Pisang

Selain keripik, di Lumajang buah pisang juga diolah menjadi jajanan tradisional berupa tape, Sahabat JejakPiknik sudah pernah coba belum makanan satu ini? Nah, sesuai namanya makanan enak ini bahannya memang terbuat dari pisang yang diolah dengan cara difermentasi, sama seperti tape pada umumnya. Kira-kira gimana ya rasanya?

Jika kalian penasaran, langsung saja yuk ke pusat oleh-oleh atau bisa juga ke rumah Toyyibaturahmah, seorang pembuat tape pisang terkenal di Lumajang. Alamat rumahnya berada di ds.Kalibendo, Pasirian, Lumajang. Selain dapat melihat langsung cara pembuatannya, disini kita juga bisa mendapat tape pisang harga murah meriah hanya Rp.10.000 saja.

Keripik Tempe

Mendengar nama makanan satu ini pasti sudah tidak asing lagi kan buat Sahabat JejakPiknik? Memang keripik tempe banyak dijumpai di daerah lain, tapi tak ada salahnya kan membeli oleh-oleh khas Lumajang satu ini. Selain gurih dan renyah, keripik tempe khas Lumajang ini sangat cocok dijadikan cemilan saat duduk santai sembari menikmati acara tv kesukaan. Sama halnya dengan tape pisang, keripik tempe juga banyak dijual di toko oleh-oleh dan harganya pun dijual dengan sangat terjangkau, dijamin tidak akan membuat kantong bocor.

Keripik Nangka

Satu lagi makanan ringan khas Lumajang yang rasanya juga tak kalah renyah dan gurih dari olahan buah pisang namanya adalah keripik nangka. Keripik nangka ini memiliki rasa tidak terlalu manis, gurih dan bertekstur renyah sehingga membuatnya sangat cocok untuk dijadikan teman saat bersantai.

Selain itu, keripik nangka juga telah dikemas dengan rapi jadi membelinya sebagai oleh-oleh bisa menjadi ide paling bagus. Keripik nangka sangat mudah ditemui di toko atau pusat oleh-oleh dan harganya hanya berkisar Rp.10.000/ons dan Rp.80.000/kg. Sangat terjangkau bukan?

Keripik Talas

Selain buah pisang, nangka dan tempe, di Lumajang umbi talas juga kerap dijadikan bahan untuk pembuatan keripik. Keripik talas ini citarasanya sangat gurih juga enak dan selain itu teksturnya pun renyah, sangat cocok dijadikan teman santai saat bersama orang-orang tersayang. Dijual dengan harga hanya berkisar Rp.9.000/500gr, kita sudah bisa membawa pulang keripik talas yang renyah ini. Dan untuk mendapatkannya tidaklah sulit, karena mudah ditemui di seluruh toko oleh-oleh di Lumajang.

Keripik Ketela Ungu

Di Lumajang ada banyak sekali keripik enak yang bahan dasarnya terbuat dari buah-buahan dan sangat cocok bila dijadikan sebagai buah tangan, salah satu contoh keripik ketela ungu. Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari ubi jalar ungu. Soal rasanya tak perlu diragukan lagi, manis legit dan juga renyah, sama seperti makanan pada umumnya. Sebagai buah tangan, keripik ini juga mudah ditemui di toko oleh-oleh dan harganya masih sangat terjangkau kok, tak perlu takut dompet terkuras habis.

Ketan Koro

Satu lagi makanan enak khas Lumajang yang pantas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah ketan koro. Makanan tradisional ini teksturnya sangat lembut juga kenyal karena bahannya sendiri dibuat dari paduan ketan merah, koro serta parutan kelapa. Untuk mendapatkannya, kalian bisa mampir ke lapak Umi Kalsum di daerah Karangbendo RW.05, kec.Tekung, Lumajang. Selain enak, harganya juga murah loh hanya Rp.1.000 saja.

Nah, demikianlah info seputar oleh-oleh khas Lumajang yang paling recommended untuk dibawa pulang. Kalian sudah pernah mencoba semuanya? Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *