Oleh Oleh Khas Bojonegoro yang Bisa Kalian Bawa Pulang

oleh oleh khas bojonegoro

Rasanya kurang lengkap saat pergi ke Bojonegoro untuk berlibur tanpa membeli oleh-oleh khas Bojonegoro. Dari makanan ataupun kerajinan tangannya.

Bojonegoro sendiri adalah suatu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Daerah ini dihuni oleh berbagai masyarakat dengan beragam suku bangsa dan bahasa, mulai dari Jawa hingga Tionghoa dapat dengan mudah kamu temui di Bojonegoro.

Untuk soal oleh-oleh, Bojonegoro memiliki beberapa macam buah tangan khas daerah yang sangat disayangkan apabila kamu tidak membelinya saat berlibur disana seperti beberapa makanan berikut.

1. Ledre

Ledre adalah makanan ringan khas Bojonegoro yang berbentuk gulungan seperti stick roll atau astor, tapi memiliki aroma pisang karena terbuat dari tepung, gula, dan pisang yang dibuat dengan cara digulung. Rasanya sangat lezat dan manis. Jadi, cocok banget buat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kamu juga gak akan kesulitan mencari Ledre karena hampir toko oleh-oleh yang berada di Bojonegoro menjual Ledre dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Balung Kuwuk

Untuk kamu ataupun sanak saudara yang doyan ngemil, makanan ringan khas Bojonegoro yang satu ini wajib sekali kamu beli. Balung kuwuk adalah makanan ringan yang terbuat dari ketela pohon, namun makanan ini sedikit berbeda dengan keripik ketela pohon lainnya. Rasanya lebih enak dan gurih.

Di Bojonegoro sendiri, banyak UKM yang memproduksi makanan ini dikarenakan hasil panen ketela pohon yang melimpah. Jadi, gak heran jika kamu menemukan balung kuwuk hampir di setiap toko-toko di Bojonegoro.

3. Keripik Jahe

Keripik Singkong maupun keripik kentang pasti terdengar biasa karena kamu sudah lumrah memakannya. Tapi bagaimana dengan keripik jahe? Pasti kamu baru tahu kan jika jahe bisa dibuat menjadi keripik.

Nah, di Bojonegoro sendiri, keripik jahe menjadi oleh-oleh wajib bagi para wisatawan yang datang kesana lho. Rasanya pun sangat unik, perpaduan antara rasa manis dan sedikit pedas. Jika sedang mampir ke Bojonegoro, jangan lupa mencicipi makanan yang satu ini yah!.

4. Unthuk Yuyu

Bagi kamu yang berasa daei daerah Jawa Timur ataupun Jawa Tengah pasti gak asing dengan camilan ringan seperti rengginang, gapit, kembang goyang, dan tentunya unthuk yuyu. Meskipun sekarang sudah sangat jarang sekali dijumpai, di Bojonegoro sendiri unthuk yuyu banyak ditemui di toko oleh-oleh. Harganya pun terjangkau.

Jadi, untuk kamu yang ingin mengenang jajanan masa kecilmu, unthuk yuyu bisa menjadi pilihanmu untuk membeli oleh-oleh di Bojonegoro.

5. Ender-ender

Ender-ender adalah makanan ringan yang terbilang jadul tapi tetap eksis sampai saat ini. Camilan ringan yang berbentuk bulat dan pipih ini terbuat dari ubi jalar. Rasanya pun manis dan gurih. Makanan khas Bojonegoro yang satu ini pun dijamin bebas bahan pengawet maupun pemanis buatan. Untuk masalah harga, ender-ender terbilang sangat terjangkau.

Nah, dari kelima oleh-oleh khas Bojonegoro di atas, mana nih yang akan kamu bawa pulang saat berkunjung kesana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *