Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh oleh khas Banyuwangi

10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi Murah dan Unik yang Bikin Ketagihan

Kalau dengar Banyuwangi, kamu ingat apanya, sih? Wilayah yang diberi julukan Bumi Blambangan ini memang memiliki hal-hal yang tak akan kalian temukan di daerah lain di Indonesia.

Maka dari itu, tempat asal Suku Osing ini harus masuk dalam daftar plesir yang akan kamu jelang. Bukan saja fenomena api biru yang muncul pada jam-jam tertentu di Kawah Ijen dan hanya ada pada dua tempat di seluruh dunia saja yang bisa kamu nikmati di Banyuwangi.

Namun tempat lainnya juga bisa kamu temukan di sana. Api yang berasal dari reaksi pertemuan gas bumi serta oksigen pada suhu tertentu ini hanya dapat kamu temui di Banyuwangi dan Islandia. Betapa membanggakannya Indonesia.

Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren di Banyuwangi. Padahal di Banyuwangi terdapat banyak titip objek wisata keren yang bisa dikunjungi. Mulai dari situs budayanya, situs bersejarah, lokasi foto foto terkini, sampai air terjun yang akan menyegarkan syaraf penglihatan.

Nah kalau sudah puas berjalan-jalan dan mengabadikan momen tersebut, kamu tentu wajib membawa Oleh oleh khas Banyuwangi untuk kerabat, teman, saudara, rekan kantor dan lainnya. Kuliner di Banyuwangi tak kalah menggiurkan. Makanya dijamin kamu tidak akan kecewa bila mencicipinya. Oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa kamu bawa diantaranya sudah Mami rangkum dalam daftar di bawah sini, ya. Jangan lupa oleh-olehnya kirim ke Mami juga.

Kue Bagiak

Oleh oleh khas Banyuwangi

Kue bagiak adalah jajanan atau makanan ringan yang menjadi Oleh oleh khas Banyuwangi. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini selalu diburu oleh wisatawan karena rasa yang gurih dan enak. Kue bagiak terdiri dari berbagai jenis atau varian rasa yang bisa kamu pilih.

Ada vanila, pandan, durian, kacang, dan banyak lagi. Memborong kue bagiak juga tidak akan membuat kamu bangkrut loh. Sebab selain rasanya enak, harga kue bagiak juga sangat ekonomis dan terjangkau. Yang lebih membahagiakan lagi, kue ini bisa kamu temukan hampir di seluruh gerai atau pusat oleh-oleh yang ada di Banyuwangi. Jadi tidak ada tempat khusus makanya seru.

Ladrang

Ladrang atau sabrang, begitu orang biasa menyebut Oleh oleh khas Banyuwangii yang satu ini. Selain sensasi enak dan gurih yang ada di dalamnya, ladrang juga nyatanya dipercaya untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Seperti misalnya penyakit obesitas, kanker, dan diabetes.

Ketiga jenis penyakit dipercaya masyarakat dapat diobati dengan mengonsumsi ladrang secara teratur. Mungkin karena penganan ini mengandung kolin, beta karoten, dan serat yang juga cocok bagi kamu yang sedang dalam proses die. Mungkin karena ladrang memiliki kandungan serat yang lumayan banyak, maka dia juga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan kalian.

Pisang Sale

Apakah kamu salah satu penggemar pisang sale atau sale pisang? Oleh oleh khas Banyuwangi satu ini memang sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Kalian yang kepengin makan pisang sale juga tidak payah jauh datang sampai ke Banyuwangi. Tapi kalau soal rasa, pisang sale yang berasal dari Banyuwangi ini mungkin masih lebih enak dibandingkan pisang sale yang dijual di tempat lain.

Perpaduan rasa manis dan gurih dari pisang sale membuat siapapun akan sulit melupakan. Rasa gurih dari pisang ini berasal dari proses pengeringan yang memakan waktu tidak sebentar. Semakin lama pisang ini dijemur, maka semakin gurih dan enak rasanya. Olahan pisang sale ini hadir dalam berbagai varian yang bisa kalian pilih. Seperti pisang sale goreng, pisang sale basah, dan pisang sale digulung. Lebih suka pisang sale yang mana nih?

Pia Glenmore

Pia atau bakpia mungkin lebih kalian kenal sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Tapi jangan salah. Pia asli Banyuwangi juga tidak kalah enaknya loh bila mau dibandingkan dengan bakpia yang ada di Yogya. Oleh oleh khas Banyuwangi ini Kulit luar nya terasa lebih renyah.

Bagian dalamnya juga diisi dengan sebelas pilihan rasa favorit. Ada kacang ijo, pisang keju, nanas, strawberry, dan masih ada 7 varian rasa lagi. Kamu bisa pilih beberapa varian rasa yang menurut kamu terasa cukup unik.
Kalau masih penasaran bagaimana rasanya pia glenmore ini, kalian bisa langsung mencicipi saja saat berkunjung ke Banyuwangi. Kalau mau lebih puas, sekalian dibeli, ya.

Tape Buntut

Oleh oleh khas Banyuwangi selanjutnya yaitu Tape atau peuyeum bukan hanya bisa kamu temui di Bandung saja. Sebab ternyata ada juga tape di Banyuwangi. Bedanya tape khas Banyuwangi ini menggunakan bungkus dengan daun jati.
Jadi seperti Nasi Jamblang Cirebon ya karena di bungkus daun pohon jati. Uniknya lagi tape khas Banyuwangi ini dibentuk seperti memiliki buntut.

Makanya tak heran jika banyak orang yang akhirnya menamai tape ini tape buntut. Tape Buntut ini masih termasuk panganan tradisional suku Osing di Banyuwangi loh. Disantap dengan secangkir kopi akan jauh lebih mantap.

Kopi Khas Banyuwangi

Selain Aceh, lampung dan beberapa daerah lainnya, Banyuwangi juga memiliki kopi yang menjadi ciri khas. Tiga jenis kopi ini bisa menjadi Oleh oleh khas Banyuwangi untuka kalian, kopi yang diproduksi di sana tentu bisa kamu jadikan alternatif oleh-oleh. Misalnya saja ada Kopi kemiren.

Sesuai namanya kopi ini merupakan hasil produksi masyarakat Desa Adat Osing Kemiren. Kopi ini disebut sebagai kopi dengan kualitas terbaik di Banyuwangi. Di desa adatnya sendiri, pengunjung dapat merasakan langsung proses pengolahan kopi, mulai dari proses menyangrai sampai menyeduhnya. Seru, kan?!

Kemudian ada kopi Lanang. Jika pada umumnya terbelah di bagian tengah, kopi lanang justru memiliki bentuk bulat sempurna dan berbiji tunggal. Dan kopi jenis ini diproduksi di daerah Kalibaru. Dan yang terakhir ada Kopi seblang. Kopi ini diproduksi oleh Kelompok Tani Suko Makmur yang terdiri atas kopi lanang seblang, kopi seblang robusta dan biji kopi luwak.
Semakin banyak variannya, kamu pun jadi lebih enak memilih yang terbaik untuk dijadikan oleh-oleh.

Kerajinan Gintangan Banyuwangi

Oleh oleh khas Banyuwangi

Masyarakat Banyuwangi dikenal sangat produktif apalagi soal seni kerajinan tangan. Hal ini dapat dibuktikan bila kamu datang ke Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi yang sangat terkenal dengan produk anyaman bambunya.

Keterampilan yang dimiliki para perajin di sana sudah diturunkan secara turun-temurun. Maka dari itu tidak heran kalau banyak warga desa Gintangan yang mahir menganyam. Selain dapat melihat dan membeli langsung oleh-oleh anyaman bambu di sana, para pengunjung juga dapat melihat proses pembuatannya langsung loh. Produk anyaman bambu juga sangatlah beragam. Bisa berupa hiasan dinding sampai peralatan dapur juga.

Produk oleh-oleh khas asal Banyuwangi ini umumnya dibuat dengan warna-warna yang segar dan menarik. Produk kerajinan

Gintangan juga tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja ternyata, melainkan sudah sampai luar negeri! Anyaman bambu Banyuwangi ini sudah dipasarkan setidaknya ke Malaysia, Jepang, beberapa negara-negara di Eropa, dan Amerika Serikat. Keren juga, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *