Makanan Khas Pacitan yang Ngangenin

Makanan khas pacitan

Jalan-jalan ke kampung halamannya pak Susilo Bambang Yudhoyono yuk! Di pacitan ada banyak Makanan khas pacitan yang wajib dicobain satu per satu. Apalagi menu makannya yang masih tradisional banget ala Pacitan yang lezat.

Jadi makin penasaran apa saja ya makanan khas Pacitan. Ternyata bermacam-macam mulai dari kudapan ringan hingga varian soto yang berbeda. Ini nih Qupas rekomendasikan 10 kuliner khas Pacitan yang bisa dicicipi, tapi hati-hati ketagihan dan ingin balik lagi ya:

Soto pacitan

Diawali dengan makanan khas Pacitan yang berkuah, Soto. Menu Nusantara ini memiliki isian yang berbeda dari yang lainnya. Biasanya hanya berisikan suwiran daging ayam dengan kuah bening dan bawang goreng di atasnya. Kalau di Pacitan tentu berbeda, ada tambahan kacang goreng, seledri, dan cambah kecil-kecil. Jadi ada rasa krenyes krenyes saat memakannya.

  • Berlokasi di : Warung makan marem, samping Polsek Kebonagung, Pacitan.

Sego godhong jati

Sego Godhong Jati ini sudah menjadi kuliner khas Pacitan yang memiliki arti nasi bungkus daun jati. Dahulu kala, nasi ini hanya disajikan saat hajatan saja. Namun kini sudah banyak dijumpai di pasar-pasar. Isiannya hanya urap-urap, tumis tempe, ikan asin, dan peyek ikan teri.

  • Berlokasi di : Warung mbak tini, Jalan Dewi Sartika, Sidoharjo.

Tahu tuna

makanan khas pacitan

Kalau ini bisa dijadikan camilan enak nan bergizi sambil berlibur ke tempat wisata Pacitan yang eksotis. Menjadi ikon makanan khas Pacitan yang seringkali diburu oleh para wisatawan. Isian gilingan ikan tuna yang halus menambah rasa enak. Hampir semua anak-anak dan orang dewasa suka memakannya, ditambah lagi dengan gigitan cabai merah.

  • Berlokasi di : Tahu tuna pak ran, Jalan WR. Supratman, Sidoharjo, Pacitan.

Punten

Punten juga camilan yang terbuat dari beras dan santan yang ditumbuk halus. Lalu disajikan dalam bentuk kotak-kotak, teksturnya mirip lontong. Hanya saja punten lebih putih dan halus. Dimakan langsung juga enak, namun kebanyakan orang-orang memakannya dengan tambahan pecel ayam dan sayuran. Jangan lupakan kerupuk upil juga ya.

  • Berlokasi di : Pasar Sundeng, Pacitan.

Kupat Tahu

Kupat tahu jadi masakan favoritnya pak SBY loh. Kuah kecap kental sebagai bumbu dasar kuah ditambah dengan air bawang putih yang menambah gurih masakan khas Pacitan. Apalagi kalau disantap saat masih hangat dengan tahu goreng yang baru diangkat dari penggorengan. Ada isian potongan kotak-kotak lontong, cambah, kol, dan irisan daun seledri agar telihat lebih segar. Tentu akan mengenyangkan sekali. Harganya hanya 5 ribu rupiah saja loh.

  • Berlokasi di : Jalan Jend. Gatot Subroto no.58, Purwoharjo, Pacitan.

Ikan goreng tepung

Makan ikan laut dengan sensasi kriuk-kriuk olahan tepung yang empuk dan gurih. Lumayan makan protein hanya dalam satu suapan camilan. Bisa mampir di warung Bu Sri yang menyediakan ikan goreng tepung dengan nasi hangat dan sambal terasi sebagai pelengkap. Menu makanan khas Pacitan yang bakal ngangenin buat warganya yang merantau ke luar daerah. Apalagi harganya yang cuman 6ribu rupiah saja. Mumer deh!

  • Berlokasi di : Warung Bu Sri, Utara Alun-Alun Kota Pacitan.

Jadah bakar

Di solo, jadah bakar juga menjadi kuliner khas pacitan yang wajib dicoba. Tapi, nggak ada salahnya kan kalau mencoba yang Pacitan punya? Menjadi oleh-oleh khas Pacitan yang wajib dibawa pulang. Cara makannya bisa dicocolin dengan gula halus, kombinasi rasa gurih ketan dan manis gula.

  • Berlokasi di : Warung tanlu mbah geger, dekat RSUD dr.Darsono, Pacitan.

Tiwul

Makanan khas Pacitan ini juga menjadi makanan favorit di daerah Gunungkidul dan Wonogiri. Thiwul sebenarnya terbuat dari ketela pohon yang dikeringkan. Thiwul biasanya menjadi makan pokok seperti nasi bahkan sering juga menjadi pengganti nasi. Dimakan dengan sambal terasi dan lauk pauk. Bisa juga dimakan dengan parutan kelapa agar gurih.

  • Berlokasi di : Lesehan Bukit Indah, Kawasan Sedeng, Pacitan.

Rengginang manis

Makanan khas Pacitan yang terakhir adalah rengginang manis. Biasanya kan rengginang digoreng dengan rasa asin atau original, tapi kalau di Pacitan rasanya manis. Sebelum menggorengnya sobat Qupas masih harus menjemurkan di bawah sinar matahari agar mekar saat digoreng.

  • Berlokasi di : Pusat oleh-oleh kas Pacitan Putra Samudra, Pantai Teleng Rai.

Menggiurkan sekali, makanan khas Pacitan yang harus sobat Qupas cobain satu per satu. Apalagi dengan harganya yang merakyat banget alias murah meriah. Ya, sekalian sambil liburan ke Pantainya yang indah dan nggak kalah sama yang di Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *