Makanan Khas Lumajang yang Perlu Kalian Ketahui

Makanan khas Lumajang

Lumajang dikenal sebagai kota pisang. Hal ini karena hampir semua kebutuhan pisang di pulau Jawa disuplai dari Lumajang. Selain dikenal sebagai kota pisang, Lumajang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Terletak di antara kota Probolinggo dan Jember, Lumajang didominasi oleh wisata alam. Mulai bukit, air terjun, pemandian alami dan tentu nya Makanan khas Lumajang.

Saat kamu berkunjung atau mampir lewat Lumajang, akan lebih afdol lagi jika kamu mencicipi makanan khas Lumajang. Masyarakat Lumajang yang beragam suku bangsanya, membuat makanan khas Lumajang pun beraneka macam. Sehingga, saat kamu mencicipinya tidak akan membosankan. Karena banyak sekali pilihannya. Nah, apa saja makanan khas Lumajang pemikat lidah yang bisa kamu cicipi? Yuk cuus!

Pecel Telo

Banyak kota-kota di Indonesia yang memiliki sajian nasi pecel. Begitu pula Lumajang. Uniknya nasi pecel Lumajang ini adalah dari bumbunya. Umumnya bumbu pecel terbuat dari bahan utama kacang tanah. Berbeda dengan bumbu pecel Lumajang yang ditambah dengan telo. Telo atau biasa disebut dengan ubi jalar ini ditambahkan sebagai bumbu pecel.

Makanan khas Lumajang ini memiliki rasa khas, karena bumbunya sendiri itu yang menjadi ciri khasnya. Untuk mendapatkan pecel telo, kamu dapat datang ke pasar Sukodono Lumajang. Biasanya buka mulai jam 5 pagi dan biasanya jam 9 pagi sudah habis. Untuk menikmatinya kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,-. Gimana, murah bukan untuk menikmati kuliner unik ini?

Bledus

Bledus merupakan salah satu makanan khas Lumajang yang berbahan dasar Jagung. Jagung yang sudah tua dipipil, kemudian dipisahkan biji jagung dan bonggolnya. Kemudian dikukus hingga empuk. Jika perlu beri taburan sedikit garam, agar rasanya menjadi lebih gurih. Cara menikmati bledus yang nikmat adalah dengan menambahkan parutan kelapa di atasnya. Kemudian campur hingga merata dan siap disantap.

Makanan yang disajikan sebagai pengganti nasi ini seringnya disajikan pada pagi hari. Untuk menikmatinya, kamu dapat berkunjung ke pasar Baru Lumajang. Atau karena mudahnya pengolahan, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Lebih hemat bukan? Dan tentunya akan dapat lebih banyak.

Lontong Petis Lumajang

Salah satu kuliner khas Lumajang adalah lontong petis. Mendengar kata petis tentu saja tidak asaing. Hal ini karena banyak makanan khas Jawa Timur yang bumbunya ditambah dengan petis. Begitu pula dengan Lumajang. Kota yang dekat dengan daerah pesisir ini memiliki makanan khas Lumajang yang berbumbu petis juga.

Lontong petis Lumajang disajikan dengan pelengkap ayam suwir, tahu goreng, kecambah, telur, dan seledri atau daun kucai. Untuk mendapatkan makanan khas Lumajang ini amat mudah. Karena dijual di warung-warung di pinggir jalan raya Lumajang. Lontong petih dihargai Rp. 10.000,- untuk seporsinya.

Kue Lupis Lumajang

Makanan khas Lumajang berikutnya yaitu kue lupis. Kue ini terbuat dari bahan utama ketan yang dikukus kemudian dihaluskan. Disajikan dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah yang legit dan nagih. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Lumajang jika tidak mencicipi kue lupis terlebih dahulu.

Rasa gurih dan mani dari kue lupis ini menjadikannya makanan favorit wisatawan yang berkunjung atau mampir di Lumajang. Lokasi untuk mendapatkan kue lupis ini yaitu di jalan Panglima Besar Sudirman No. 51 Lumajang. Buka mulai jam 8 pagi hingga 9 malam.

Martabak Lumajang

Ketika mendengar martabak pasti terbersit martabak telur umumnya. Namun, sayang sekali martabak Lumajang ini berbeda dengan martabak telur umumnya. Salah satu makanan khas Lumajang ini terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang kemudian digoreng. Disajikan dengan disiram saus petis khas Lumajang. Keunikan inilah yang patut kamu coba saat berkunjung ke Lumajang.

Martabak Lumajang yang rekomendasikan sekali untuk kamu kunjungi yaitu martabak Mbak Saseh di daerah Pulosari. Di rumah makan ini, martabak Lumajang dibanderol dengan harga yang amat murah yaitu Rp. 6.000,- perporsinya. Gimana? Tertarik mencoba kuliner unik nan murah ini bukan.

Tape Pisang

Sebagai kota pisang, tentunya Lumajang memiliki oleh-oleh khas pisang. Salah satunya adalah tape pisang. Makanan khas Lumajang yang sekaligus sebagai oleh-oleh ini terbuat dari buah pisang yang dibalut dengan tape singkong, yang kemudian dibungkus dengan rapi. Sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dari Lumajang.

Untuk mendapatkan tape pisang ini amat mudah. Hal ini karena di toko oleh-oleh dari Lumajang telah menyediakannya. Menikmati tape pisang tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena perkotaknya dibanderol dengan harga mulai Rp. 12.500,-.

Keripik Pisang Lumajang

Makanan khas Lumajang
Homemade Dehydrated Banana Chips in a Bowl

Keripik pisang tentunya juga akan mudah sekali ditemui di kota pisang ini. Keripik pisang merupakan oleh-oleh wajib yang harus dibeli saat berkunjung ke kota pisang ini. Banyaknya panenan buah pisang di Lumajang ini, juga dimanfaatkan untuk membuat keripik. Sehingga, tidak hanya buah pisang segar saja yang dijual, namun juga keripiknya.

Keripik pisang Lumajang ini banyak dijual di semua toko oleh-oleh dari Lumajang. Sehingga, kamu dapat dengan mudah menemukannya. Rasa-rasa yang ditawarkan pun berbagai macam. Tidak hanya rasa orisinalnya saja, namun juga ada rasa madu dan berbagai macam rasa lainnya. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp. 10.000,- per bungkusnya.

Itulah daftar makanan khas Lumajang yang sangat terkenal. Jika kamu berkunjung ke Lumajang, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner di sana. Sekian dari kami semoga artikel ini bisa membantu kamu. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *