Berkunjung dan berekreasi tentu saja tak lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas kota yang kalian kunjungi, seperti saat berkunjung ke kota Tulungagung. Namun bagi yang baru pertama kali datang ada rekomendasi makanan yang bisa kalian nikmati dan kalian bawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah atau pun teman kerja. Berikut ini adalah daftar makanan khas dari Tulungagung yang wajib kalian coba :

Sate dan gulai kambing

Mungkin saja di kota Anda ada banyak penjual sate dan gulai kambing. Namun di Tulungagung memiliki sate dan gulai kambing dengan rasa yang khas dari daerah ini. Hal ini karena bumbu yang diberikan terasa lebih masuk dan meresap ke dalam dagingnya. Selain itu perbedaannya ada juga pada saat proses memasaknya. Proses memasaknya dengan cara dibakar dan di rendam ke dalam kuah gulainya.

Kue sagon

Mungkin Anda sudah pernah merasakan kue sagon. Jenis kue tradisionil ini sangat pas dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke kota Tulungagung. Rasa dari kue ini lezat, manis, gurih dan mempunyai aroma wangi. Bahan dari pembuatan kue ini adalah kelapa, tepung kanji, tepung sagu dan masih banyak yang lain.

Ayam lodho

Masakan ayam londho ini hampir sama dengan opor. Namun ayamnya diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Sehingga saat Anda mencicipinya akan terasa lebih enak dan ingin mencobanya kembali. Biasanya masakan ini akan ditemani dengan lontong atau ketupat. Namun jikalau tidak ada keduanya dapat menggunakan nasi putih saja.

Enting-enting kacang

Enting-enting kacang ini umumnya dapat disebut dengan geti. Makanan ini menjaid kudapan ringan yang bisa di nikmati kapan pun. Dibuat dari kacang tanah yang dicampurkan dengan wijen. Ke dua bahan ini tercampur rata dalam larutan gula. Jenis makanan ini memiliki rasa manis dan gurih sehingga membuat penikmatnya ketagihan.

Kepiting sambal ijo

Menggoyang lidah dengan masakan laut yang khas dari kota Tulungagung ini adalah kepiting sambal ijo. Jenis masakan ini membuat lidah Anda menjadi ketagihan jika sekali menikmatinya. Ini karena rasa bumbu sambal ijo ini khas dan membuat perut yang lapar menjadi sangat puas dengan menikmati masakan ini.

Ayam goreng Tulungagung

Ayam goreng ciri khas dari kota Tulungagung menjadi type masakan yang lezat. Jika Anda nongkrong di kafe maupun sedang nikmati waktu bersama dengan keluarga. Jenis masakan ini memang menjadi menu yang khas dan tidak boleh ditinggalkan.

Jenang syabun

Jenis jenang yang satu ini biasanya menjadi oleh-oleh khas kota Tulungagung. Dibuat dari serat ketan dan memiliki rasa manis legit dan tekstur yang lembut. Sehingga membuat Anda dapat mengonsumsinya dengan ditemani teh tawar.
Berikan oleh-oleh ini untuk semua orang yang Anda sayang. Jenis makanan ini cocok bagi lansia yang sudah tidak mempunyai gigi sebab tekstur yang lembut saat dikunyah.

Jenang grendol

Bagi Anda yang suka pada jajanan dengan rasa manis dapat nikmati jenang grendol. Tipe cemilan yang ciri khas dari kota ini membuat Anda nikmati rasanya. Dibuat dari tepung kanji serta jadi jajanan tradisionil yang selalu dilestarikan di kota ini. Sehingga Anda bisa menikmati jajanan ini untuk mendapatkan rasa yang khas.

Sompil

Mungkin Anda masih merasa asing dengan nama makanan yang satu ini yaitu sompil. Jenis makanan ini bisa ditambahkan lontong dan lodho untuk menikmatinya. Sedangkan untuk rasa akan menawarkan rasa pedas. Tetapi Anda yang menyukai cita rasa mirip ini akan membuat lidah menjadi semakin ketagihan.

Kerupuk rambak

Makan tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan kerupuk untuk menambah selera saat mengkonsumsinya. Jika Anda miliki moto demikian tentu saja kerupuk rambak yang satu ini dirasakan nikmat apabila dijadikan sebagai makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh. Untuk rasa yang ditawarkan begitu renyah serta gurih sehingga cocok buat pelengkap di saat makan.

Itulah 10 jenis makanan dan juga camilan unggulan dari Tulungagung yang mesti kalian cobain saat berkunjung ke kota yang berbatasab langsung dengan laut selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tempat Makan di Nganjuk yang Melegenda

Tempat makan di Nganjuk ‚Äď icip-icip kuliner mantab dengan menyajikan menu yang…

Oleh Oleh Khas Mojokerto

Mojokerto¬†merupakan salah satu kota yang populer yang terletak di Provonsi Jawa Timur.…

Tempat Makan di Batu, Malang Paling Enak

Tempat makan di Batu – Batu, sebuah kota kecil di daerah Jawa…