Menyantap Makanan Khas Papua Penuh Cita Rasa Alam

Menyantap Makanan Khas Papua Penuh Cita Rasa Alam

Kuliner nusantara memang selalu penuh dengan cita rasa yang khas sesuai daerahnya masing-masing. Beberapa jenis makanan nusantara yang mampu menggugah selera juga terdapat di ujung timur Indonesia yaitu Papua. Mulai dari jenis makanan laut hingga aneka kue semuanya tersedia di Papua. Maka jangan heran bila banyak wisatawan yang ketagihan dengan makanan khas papua ini.

Baca Juga: Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Nah, jika kalian sedang berada di daerah Papua maka jangan sampai melewatkan beragam jenis kulinernya. Dijamin kalian akan semakin ngiler dan jatuh cinta oleh makanan khas Papua. Biar tidak penasaran berikut kami berikan ulasan tentang santapan khas daerah Papua berikut ini.

1. Ikan Bakar Manokwari

 

Ikan Bakar Manokwari, Makanan Khas Papua
Source: Grid.id

Makanan khas Papua yang pertama ialah ikan bakar Manokwari. Pada umumnya, ikan yang dipakai pada jenis makanan yang satu ini ialah jenis ikan tongkol yang kemudian diberi bumbu pedas. Jika kalian pencinta pedas pasti sangat suka dengan rasa yang dihasilkan oleh ikan bakar Manokwari ini. Sambal yang digunakan pada ikan bakar Manokwari ini juga dibuat dengan cara digiling kasar lalu disajikan mentah. Rasa pedas gurih akan sangat terasa ketikan mencicipi makanan yang satu ini.

2. Kue Lontar

 

Kue Lontar, Bukan Pie Bali tapi makanan Khas Papua
Source: Yummy.co.id

Selain makanan laut, Papua juga memiliki makanan khas bernama kue lontar. Menurut cerita dari masyarakat Papua, nama kue lontar berasal dari bahasa Belanda yaitu londtart dan memiliki arti kue bundar. Kue ini memiliki rasa renyah dan lembut di mulut pokoknya cocok disantap saat bersantai ataupun sedang berkumpul dengan kerabat dan sanak saudara.

3. Papeda

 

Makanan Khas Papua Pengganti Nasi, Papeda
Source: Kompas.com

Siapa yang tak kenal dengan kuliner populer Papua yang satu ini. Kuliner yang diolah dari bahan sagu ini telah menjadi makanan pokok sehari-hari oleh masyarakat Papua. Biasanya, masyarakat Papua menghindangkan Papeda ini dengan ikan bakar Manokwari. Selain di Papua, kuliner yang satu ini juga bisa kalian temui di wilayah Maluku dan sekitarnya. Pada setiap acara-acara penting di Maluku maupun Papu, makanan Papeda ini pasti tidak pernah ketinggalan. Bisa dikatakan bahwa Papeda telah menjadi semacam ikon dari kuliner khas Papua. Oleh sebab itu, Papeda menjadi makanan yang sangat istimewa bagi masyarakat Papua.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Sumatera Barat, Selalu Pengen Teriak Tambuah Ciek

4. Sagu Lempeng

 

 

Sagu Lempeng, Rotinya Masyarakat Papua
Source: Merahputih.com

Kuliner khas Papua lainnya yang terbuat dari bahan sagu ialah Sagu Lempeng. Kalian bisa menikmati Sagu Lempeng dengan teh hangat. Sagu Lempeng juga menjadi cemilan khas Papua yang sangat mudah ditemui di pasar-pasar Papua. Makanan yang satu ini juga memiliki nama lain yaitu Sagu Rumbia. Teksturnya yang agak keras memang sangat cocok disajikan dengan secangkir teh hangat. Pokoknya Sagu Lempeng sangat nikmat saat dinikmati di sore hari sambil bercengkrama dengan keluarga.

5. Udang Selingkuh

 

Udang Selingkuh Makanan khas Papua yang unik
Source: KSMTour.com

Karena namanya yang cukup unik, Udang Selingkuh menjadi makanan khas yang selalu sering dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke Papua. Nama Udang Selingkuh ini sendiri berasal dari bahan dasar udang yang mempunyai ukuran yang sangat besar. Capit yang dimiliki udang ini juga menyerupai kepiting dan berbeda dengan capit udang pada umumnya, oleh karena itu hewan laut ini diberi nama Udang Selingkuh oleh masyarakat Papua.

Selain memiliki keunikan pada nama, rasa dari Udang Selingkuh juga sangatlah lezat dan gurih. Saat berada di Papua, pastikan kalian menikmati hidangan khas Papua yang satu ini.

6. Aunu Sanebre

 

Mengenal Aunu Senebre Makanan khas Papua
Source: Borelies20.wordpress.com

Aunu Sanebre merupakan jenis makanan khas Papua yang terbuat dari nasi dan juga ikan teri. Nasi dan teri akan digoreng terlebih dahulu lalu kemudian dicampur dengan irisan daunt alas serta parutan kelapa. Campuran semua bahan ini akan diolah kembali dengan cara dikukus. Pokoknya kalian jangan sampai ketinggalan menikmati cita rasa dari Aunu Sanebre saat berkunjung ke Papua.

7. Sambal Colo-Colo

 

Sambal Colo-Colo
Source: Grid.id

Sambal colo-colo juga menjadi jenis sambal yang wajib kalian nikmati saat berada di Papua. Sambal yang satu ini sering juga dihidangkan dengan berbagai jenis ikan bakar khas Papua. Rasa pedas manis akan sangat terasa di mulut kalian saat menikmatinya.

Baca Juga: 8 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

Jika kalian sedang berada di wilayah Papua maka wajib menikmati ketujuh makanan khas Papua di atas. Bila perlu kalian juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk kerabat ataupun sanak saudara di rumah.

Share