Lokal

9 Makanan Khas Sumatera Barat, Selalu Pengen Teriak Tambuah Ciek

Sumatera Barat terkenal dengan berbagai keunikan budaya, salah satunya cita rasa kuliner yang lezat dan pedas dengan berbagai macam olahan. Kuliner khas Sumatera Barat dikenal dengan makanan yang berminyak dan bersantan. Namun, itu tidak menghalangi para pecinta kuliner, terutama pecinta makanan pedas dan kaya rempah.

Kuliner minangkabau bisa ditemui dimana saja, bahkan keberadaannya sampai di luar negeri loh Foodies, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei, dan Filipina.

Kira-kira apa saja ya makanan khas Sumatera Barat itu? berikut ini diantaranya:

1. Rendang

Rendang Makanan Khas Sumatera Barat Mendunia

Siapa tak kenal makanan yang satu ini, bahkan namanya sudah mendunia dan menjadi salah satu kuliner terenak loh Foodies, yups. Rendang. Makanan khas Sumatera Barat ini kaya akan rempah. Diolah dari daging sapi yang dicampur dengan santan, cabai, serai, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya, kemudian dimasak selama berjam-jam.

Rendang memiliki bahan pengawet alami karena mengunakan bumbu alami yang bersifat antiseptik dan mampu membunuh bakteri patogen, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas merupakan bahan alami yang memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Untuk itu, rendang bisa tahan berminggu-minggu loh Foodies.

Sajian ini merupakan hidangan yang wajib bagi masyarakat Minangkabau saat perayaan adat Minangkabau, upacara adat, dalam menyambut tamu kehormatan, di hari raya, maupun di hari-hari biasa. Rendang sangat lezat disajikan dengan nasi hangat beserta gulai nangka, daun singkong, cabe hijau, dan kuah gulai lainnya.

2. Sate Padang

Sate Padang Makanan Khas Sumatera Barat yang ada dimanan

Kalau Madura punya sate dengan khas bumbu kacangnya, nah.. Sumatera Barat punya sate dengan khas bumbu kentalnya. Sate Padang merupakan sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Biasanya Sate Padang Panjang kuahnya identik berwarna kuning sedangkan sate Pariaman lebih berwarna merah. Keduanya mempunyai rasa yang khas dengan campuran berbagai rempah dan cabai sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan pedas.

Sate Padang kebanyakkan menggunakan daging sapi, lidah sapi, jeroan, dan daging kerbau. Daging yang sudah direbus dengan bumbu ditusuk kemudian di bakar menggunakan arang atau tempurung kelapa, lalu sate disajikan dengan ketupat dan kuahnya. Eitss.. Jangan lupa, sate Padang paling enak dimakan dengan kerupuk kulit atau keripik singkong pedas ya Foodies.

3. Ketupat Sayur

Ketupat Sayur Khas Sumatera Barat

Bosan dengan sarapan yang itu-itu saja? Mungkin ketupat sayur padang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Biasanya ketupat ini disajikan dengan gulai nangka atau gulai pakis dan gulai kacang panjang dicampur dengan kerupuk merah, telur bulat rebus, dan sambal merah, sehingga rasanya tercampur sempurna yang bisa membuat lidah bergoyang.

4. Dendeng Balado

Dendeng Balado Khas Sumatera Barat

Makanan khas minangkabau yang satu ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis dan lebar, kemudian direbus dengan bumbu dan rempah, setelah itu daging sapi dipukul dengan cobek, lalu digoreng hingga kering. Daging goreng ini kemudian diberi cabai merah uleg kasar yang ditumis dengan bawang merah dan jeruk nipis.

Dendeng balado sangat cocok disajikan dengan nasi hangat, bumbu rendang, rebus daun singkong, dan lauk lainnya. Cita rasa pedas dan kulit cabainya selalu menggoda Anda untuk menikmatinya.

5. Ayam Pop

Ayam Pop Makanan Khas Minangkabau yang legendaris

Hidangan yang satu ini termasuk salah satu hidangan ayam goreng, namun ayam pop. Berbeda dengan ayam goreng biasanya karena ayam ini memiliki warna yang masih putih pucat sehabis dimasak. Sebelum digoreng, ayam ini sudah dimasak dengan campuran air kelapa dan bawang putih yang dicincang halus.

Kemudian, ayam pop digoreng sebentar ke dalam minyak panas agar matang sempurna. Biasanya ayam pop disajikan dengan sambal tomat yang dicampur dengan cabai dan bawang lalu digiling hingga halus. Paling cocok disantap dengan nasi hangat beserta rebusan daun singkong. Hmm..yummy..

6. Soto Padang

Soto Padang Makanan Khas Sumatera Barat

Soto merupakan makanan berkuah yang kaya akan rempah. Setiap daerah di Indonesia mempunyai rasa soto yang khas, begitupun dengan soto Padang. Soto Padang ini disajikan dengan irisan daging dan paru sapi yang digoreng garing, kemudian dicampur dengan soun, perkedel kentang, dan kerupuk merah muda, lalu ditaburi bawang goreng, seledri, dan daun bawang. Agar rasanya lebih mantap dan pedas, jangan lupa untuk membubuhi cabai gilingnya ya Foodies.

Hidangan berkuah yang satu ini sangat cocok dimakan kapan saja terutama disaat cuaca hujan. Soto Padang bisa ditemui dimana saja terutama di Rumah Makan Padang atau kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh Foodies. Bahannya sangat mudah dan pembuatannya juga tidak sulit.

7. Bubur Kampiun

Makanan Khas Sumatera Barat bukan hanya yang bersantan

Foodies.. Sarapan bubur ayam atau bubur sumsum itu sudah biasa. Mungkin sesekali kamu perlu ganti selera dengan mencoba bubur khas Sumatera Barat, yaitu Bubur kampiun. Bubur ini terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi dan bubur conde atau candil.

Meskipun sangat jarang ditemui, bubur ini sangat mudah untuk dibuat sendiri kok Foodies. Pertama, kamu harus memasak ketan putih yang diberi santan kemudian dikukus. Kedua, kamu perlu memasak bubur sumsum yang dibuat dari tepung beras dicampur dengan santan, daun pandan, dan sedikit garam. Ketiga, kamu harus memasak bubur ketan hitam yang terdiri dari ketan hitam dimasak dengan air dan diberi gula. Keempat, kamu bisa memasak bubur kacang hijau. Kelima, kamu harus membuat kolak pisang. Dan keenam, kamu harus membuat candil yang terbuat dari tepung ketan, tepung tapioka, dicampur dengan gula merah.

8. Itiak Lado Mudo

Itik Lado Mudo, Makanan Khas Sumatera Barat yang unik

Untuk kamu pecinta bebek, sepertinya kurang afdhal kalau belum mencoba hidangan yang satu ini, itiak lado mudo atau bebek cabai hijau. Makanan khas Kota Gadang, Kabupaten Agam ini merupakan olahan daging bebek yang dimasak dengan bumbu khas dan cabai hijau yang sudah dihaluskan.

Daging bebek yang digunakan adalah bebek muda yang berusia sekitar 6 bulan, kemudian dimasak dengan bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan cabai hijau. Daging bebek dimasak selama satu hari satu malam agar pedas cabai meresep sempurna ke dalam daging dan tidak bau amis.

9. Gulai Tambusu

Gulai Tambusu, Makanan Khas Sumatera Barat

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Kabupaten Agam. Gulai Tambusu terbuat dari usus lembu atau kerbau yang diisi dengan kocokan telur dengan berbagai rempah, kemudian disajikan dengan kuah gulai santan yang kental, pedas, dan gurih. Selain kocokan telur, usus kerbau juga biasanya diisi dengan tahu yang dicampur telur. Biasanya gulai tambusu ini disajikan dengan nasi kapau.

Masih banyak lagi makanan khas Sumatera Barat yang bisa kita temui di rumah makan Padang Foodies. Selain rasanya yang menggugah selera, harganya juga masih sangat terjangkau. Eittss.. tapi jangan sampai berlebihan ya. Segala yang berlebihan itu tidak baik.  Yuk.. Kita terus lestarikan budaya Indonesia salah satunya dengan cara menjaga kulinernya. Temukan makanan khas lain dari daerah kamu hanya Dibungkus.com.

Related posts

11 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Hingga ke Daerah Lain

Risma Mualifa

Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Marsyaviani Darestuti

13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Risma Mualifa