Makanan Khas Jawa Barat dari Singkong
Lokal

Makanan Jawa Barat dari Singkong, Dikenal hingga Luar Daerah

Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam kuliner khas yang menjadi ciri utama. Jawa Barat dengan suku Sunda yang mendominasi daerahnya dikenal dengan pilihan kuliner yang bervariasi, mulai dari makanan berat hingga camilan. Singkong menjadi salah satu bahan baku kuliner di daerah Jawa Barat. Ada banyak sekali jenis makanan khas Jawa Barat dari singkong yang bahkan sampai dikenal hingga luar daerah.

Singkong merupakan salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat. Oleh karena itu, singkong kerap digunakan sebagai makanan pokok masyarakat zaman dahulu sebagai pengganti nasi. Jawa Barat sendiri dikenal sebagai daerah penghasil jajanan singkong yang populer. Sebab tanaman ini dapat ditemui di hampir seluruh wilayah di Jawa Barat. Selain itu, tanaman singkong sangat lekat dengan kebudayaan Sunda. Inilah makanan populer yang terbuat dari singkong.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Selalu Menggugah Selera

Makanan Khas Jawa Barat dari Singkong

1. Putri Noong

Putri Noong

Putri Noong atau disebut juga sebagai ‘mata kebo’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘putri yang mengintip’ merupakan salah satu jajanan khas Jawa Barat yang berbahan dasar singkong. Bentuknya yang mungil namun memiliki warna yang indah serta rasanya yang manis namun gurih menjadi daya tarik tersendiri. Meskipun rasanya manis, ternyata jajanan Putri Noong ini tidak terlalu banyak mengandung gula.

Salah satu makanan khas Jawa Barat dari singkong ini juga menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya dengan parutan kelapa sebagai pelengkapnya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, hanya dengan memarut singkong kemudian diberi pewarna. Kemudian bentuk bulat dan letakkan pisang di bagian tengahnya. Lalu dikukus dan setelah matang bisa disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

2. Makanan Khas Jawa Barat dari Singkong Comro

Siapa yang tidak kenal makanan jawa barat dari Singkong

Comro atau juga sering disebut combro adalah singkatan dari ‘oncom di jero’ yang artinya oncom di dalam. Jajanan ini terbuat dari singkong yang diparut lalu diberi bumbu. Kemudian siapkan oncom yang sudah ditumis dengan daun bawang, kemangi, dan bumbu lainnya. Lalu adonan singkong dipipihkan dan masukkan tumis oncom di dalamnya. Langkah terakhir adalah membentuk singkong menjadi bulat-bulat, setelah itu digoreng hingga matang.

3. Peuyeum Makanan Khas Jawa Barat dari Singkong

Peuyeum atau Tape makanan Jawa Barat dari Singkong

Peuyeum atau secara umum disebut dengan tapai singkong merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat. Tapai adalah hasil fermentasi dari singkong yang diberi ragi. Makanan ini bertekstur lembek ini sekarang jarang ditemui. Namun dibeberapa daerah masih ada yang menjualnya, seperti di Cibaduyut, Leuwipanjang, Padalarang, dan Rajamandala.

Di Jawa Barat terdapat dua jenis tapai, yaitu tapai basah dan kering. Sebenarnya keduanya sama saja, namun tapai kering memiliki rasa yang lebih legit. Biasanya makanan ini dijual dengan cara digantung. Inilah alasan mengapa di Jawa Barat tapai lebih dikenal dengan nama peuyeum gantung dan menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut.

4. Misro

Banyak yang suka ketukar antara combro dan misro, meski sama-sama dari Singkong

Makanan khas Jawa Barat dari singkong yang selanjutnya adalah misro. Misro adalah singkatan dari ‘amis di jero’ dalam bahasa Sunda, yang memiliki arti ‘manis di dalam’. Sedangkan di Jawa Tengah, jajanan ini dikenal dengan nama cemplon. Seiring berkembangnya zaman, yang seharusnya isian misro adalah gula merah, kini menjadi lebih bervariasi. Seperti isian strawberry, keju, kacang, dan masih banyak lagi. Variasi tersebut yang membuat misro masih tetap eksis di era seperti ini.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana. Pertama, parutan singkong dibentuk bulat kemudian dilekukkan bagian tengahnya untuk diisi gula merah yang telah disisir. Kemudian adonan singkong digoreng sehingga gula yang didalamnya akan meleleh karena panas dari minyak. Saat dinikmati, lelehan gulanya menghasilkan sensasi tersendiri dan membuatnya terasa semakin nikmat.

5. Colenak Makanan Khas Jawa Barat dari Singkong

Colenak

Colenak adalah bentuk pengembangan dari tapai, karena colenak merupakan tapai yang dibakar lalu diberi parutan kelapa dan gula merah di atasnya sebagai toping. Makanan ini diperkenalkan pertama kali oleh Aki Murdi sekitar tahun 1930an. Salah satu makanan dari singkong ini merupakan singkatan dari bahasa Sunda yang berarti ‘dicocol enak’. Kandungan gula pada tapai akan mudah gosong ketika dibakar, sehingga perlu kehati-hatian saat memasaknya.

Baca Juga: Berkunjung ke Kota Kembang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Bandung Ini

Jajanan populer masa kini tidak melulu harus kuliner kekinian. Makanan khas Jawa Barat dari singkong juga termasuk kuliner legendaris yang tetap lezat dinikmati. Rasanya yang enak kerap membuat banyak orang rindu akan makanan-makanan tersebut.

Related posts

Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Marsyaviani Darestuti

Bukan Hanya Pempek, Ini Dia 20 Makanan Khas Palembang yang juga Wajib Untuk Dicoba

Marsyaviani Darestuti

9 Makanan Khas Sumatera Barat, Selalu Pengen Teriak Tambuah Ciek

Nita Apriyani

Leave a Comment