Lokal

11 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Hingga ke Daerah Lain

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta memiliki suku asli yang disebut suku Betawi. Banyak kebudayaan menarik yang dimiliki Betawi sehingga membuatnya memiliki ciri khas tersendiri. Tidak hanya budayanya yang beragam, Betawi juga punya sederet kuliner khas mulai dari makanan, jajanan dan beberapa jenis minuman. Menariknya, banyak makanan khas Betawi yang sampai terkenal hingga ke daerah lain. Meskipun banyak kuliner baru bermunculan, kuliner legendaris dari Betawi terbukti tetap eksis.

Baca Juga: Mengenal 8 Makanan Khas Maluku Favorit

Kuliner asli Betawi diketahui mendapatkan pengaruh dari beberapa budaya yang sempat mendiami wilayah tersebut, seperti Arab, Cina dan Eropa. Hal itu menyebabkan kuliner Betawi memiliki rasa yang kaya dan beragam. Kebanyakan makanan Betawi saat ini sering dijumpai saat perayaan tertentu, sementara beberapa yang lain masih dijual bebas. Satu hal yang pasti bahwa makanan Betawi menjadi salah satu warisan dan bentuk kekayaan budaya yang masih tetap diturunkan dari generasi ke generasi.

1. Kerak Telor

Kerak Telor, makanan khas betawi paling populer

Mendengar nama kerak telor pasti semua orang akan langsung tahu bahwa makanan tersebut berasal dari suku asli ibukota. Makanan khas Betawi yang satu ini sampai sekarang masih dibuat dengan cara masak tradisional. Telur ayam atau telur bebek dituang dalam kuali yang memanas bersama nasi putih di atas tungku arang. Bahan kemudian dicampur dengan cara diaduk dan dibiarkan mengering. Setelah kering, adonan dibalik hingga kuali menghadap ke bawah. Sebagai sentuhan akhir, taburan bawang goreng, abon, serundeng atau ebi sangrai ditambahkan di atas adonan yang sudah matang.

2. Soto Betawi

Jakarte Punya Soto, Namanya Soto Betawi sebagai makanan khas Betawi

Sebagian besar wilayah di Indonesia memiliki menu khas soto, tidak terkecuali Betawi. Isiannya begitu khas dan berbeda dari kebanyakan menu soto, yakni berupa jeroan sapi. Keunikan lain juga datang dari kuah soto Betawi yang tidak hanya menggunakan santan tetapi juga dicampur susu. Tak heran jika kuahnya memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Soto Betawi termasuk kuliner asli Betawi yang sampai saat ini masih banyak dijual di berbagai tempat makan. Tak jarang tempat makan yang menyediakan menu tersebut sudah berdiri sejak puluhan tahun.

3. Nasi Uduk

Popularitas Nasi Uduk sudah lewat batas, Membuat makanan khas betawi satu ini sudah menjadi makanan nasional

Selain punya menu soto khas, Betawi juga punya menu nasi legendaris. Nasi uduk Betawi begitu terkenal hingga ke berbagai wilayah lain. Makanan khas Betawi yang kerap jadi menu sarapan itu menggunakan nasi putih yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah sebagai sajian utamanya. Sementara pelengkapnya bisa berupa telur dadar yang disuwir, ayam goreng, tahu goreng dan emping goreng. Sambal dan daun kemangi juga kerap ditambahkan untuk menambah selera makan.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Tengah Populer

4. Asinan Betawi

Makanan khas betawi, asinan penuh sayur

Asinan dikenal sebagai makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dengan siraman kuah khusus. Berbeda dengan asinan Bogor yang terdiri dari buah-buahan, asinan Betawi dibuat dari berbagai jenis sayuran segar seperti selada, tauge, kol dan sawi. Semua bahan yang digunakan telah melewati proses pengasinan atau pengacaran dengan diberi garam dan cuka. Kemudian semua bahan yang sudah siap disiram dengan kuah kacang dan gula merah yang pedas. Rasanya yang manis, pedas dan segar berpadu nikmat dengan gurihnya kerupuk sebagai pelengkap.

5. Gado-gado

Selain asinan, Betawi juga masih punya pilihan kuliner lain yang terbuat dari bahan-bahan segar. Makanan khas Betawi yang satu ini disebut gado-gado dengan bahan utama sayuran kangkung, kubis, tauge dan kacang panjang. Sayuran yang telah matang disajikan di piring lalu disiram dengan kuah kacang serta ditambah telur rebus dan emping di atasnya. Jangan heran kalau gado-gado banyak ditemukan di kota lain karena memang menu yang satu ini sudah sangat populer. Gado-gado juga sering dijadikan menu makanan sehat bagi vegetarian dan tak jarang disebut sebagai salad khas Indonesia.

6. Semur Jengkol

Satu lagi kuliner khas Betawi yang sangat terkenal dan menjadi ciri khas dari suku di Jakarta tersebut, namanya semur jengkol. Bahan utama jengkol memang dikenal memiliki bau yang kurang sedap. Bahkan beberapa orang enggan memakannya karena alasan tersebut. Namun bagi penggemarnya, semur jengkol menjadi makanan nikmat yang bercita rasa tinggi. Menurut sejarah, semur jengkol bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan. Semur jengkol nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

7. Nasi Kebuli

Nasi kebuli sebenarnya bukan makanan asli dari Betawi. Menu nasi ini merupakan hasil pengaruh budaya India dan Timur Tengah yang sempat mendiami Jakarta. Nasi ini dimasak dengan banyak jenis rempah sehingga rasa yang dihasilkan begitu unik. Daging kambing menjadi salah satu bahan utama dalam makanan khas Betawi ini ditambah dengan kaldu dan susunya sebagai pengganti santan. Dari segi rasa dan tampilan, nasi kebuli mirip dengan nasi biryani asal Timur Tengah.

8. Nasi Ulam

Selain nasi uduk dan nasi kebuli, nasi ulam juga masuk dalam daftar makanan asli Betawi yang legendaris. Kemunculannya di kalangan masyarakat Betawi merupakan hasil pengaruh budaya Melayu. Nasi ulam dimasak dengan campuran beberapa rempah seperti daun salam, lengkuas dan serai. Tidak heran jika rasa nasinya saja sudah gurih kemudian bertambah nikmat dengan pelengkap berupa dendeng daging, serundeng, perkedel, tahu dan tempe goreng dan juga kerupuk.

9. Roti Buaya

Kuliner yang satu ini sangat mewakili tradisi dan budaya masyarakat Betawi. Roti buaya menjadi sajian wajib dalam acara pernikahan. Seperti namanya, roti ini memiliki bentuk seperti buaya lengkap dari ujung kepala hingga ekor. Kehadiran makanan khas Betawi ini dalam acara pernikahan bukan tanpa sebab. Roti buaya dipercayai sebagai simbol kesetiaan dan diharapkan pasangan yang menikah bisa saling setia seumur hidup. Roti buaya yang dahulunya tidak memiliki rasa tertentu, kini sudah dikembangkan menjadi roti isi selai berbagai rasa.

10. Dodol Betawi

Makanan ringan bernama dodol juga termasuk jajanan yang ada di sebagian besar daerah di Indonesia. Betawi juga memiliki sajian dodol khas yang disebut dodol Betawi. Jajanan yang satu ini kerap dijumpai saat perayaan lebaran. Dodol Betawi sampai sekarang masih mempertahankan keasliannya dari pilihan rasanya yang hanya ada sedikit variasi, yaitu ketan putih, ketan hitam dan durian. Sedangkan cara membuat dodol yang berwarna gelap tidak jauh berbeda dengan cara memasak dodol lain pada umumnya.

Baca Juga: Berkunjung ke Kota Kembang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Bandung Ini

11. Putu Mayang

Selain kuliner yang bercita rasa gurih, Betawi juga kaya akan pilihan makanan khas dengan rasa manis nan legit. Salah satunya adalah kue putu mayang yang memiliki warna-warni yang menarik. Makanan yang satu ini berasal dari tepung kanji atau tepung beras yang dicetak menyerupai bentuk mie. Disajikan dengan kuah santan yang dicampur gula, putu mayang mampu menghadirkan rasa yang enak. Putu mayang termasuk kuliner Betawi yang sudah jarang ditemui kecuali di festival rakyat.

Tidak akan pernah kehabisan ide berwisata kuliner jika datang ke Jakarta. Sederet makanan khas Betawi yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi referensi santapan. Jenisnya yang beragam dijamin akan memuaskan nafsu makan serta membuat perut kenyang.

Related posts

Makanan Khas Aceh untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Lutfiyah Risdiana

Menyantap Makanan Khas Papua Penuh Cita Rasa Alam

Rostina Alimuddin

Berburu 16 Makanan Khas Semarang yang Selalu Bikin Rindu

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment