30 Makanan Khas Daerah yang Populer dari Seluruh Penjuru Indonesia. Wajib Coba!

30 Makanan Khas Daerah yang Populer dari Seluruh Penjuru Indonesia. Wajib Coba!

Indonesia, bukan hanya negara yang kaya dengan keberagaman suku dan budaya. Tapi juga segala jenis makanan khas daerah yang unik, punya cita rasa tinggi, bahkan beberapa makanan tersebut juga dikenal hingga ke mancanegara karena rasanya yang lezat.

Pengertian makanan khas daerah adalah setiap masakan atau kuliner yang merupakan olahan yang jadi ciri khas suatu daerah tertentu. Setiap daerah, pasti punya minimal satu makanan khas yang berasal dari daerah tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas yang populer dan bisa kamu coba bila mengunjungi daerah tersebut.

1. Mie Aceh

Seperti namanya, ini merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Aceh. Makanan ini berupa sejenis mie yang punya tekstur tebal, serta dicampur dengan irisan daging dan bumbu rempah yang terbilang kuat. Mie Aceh ini bisa diolah dengan cara digoreng, rebus ataupun tumis. Ada juga pilihan isian yang bisa kamu coba, seperti daging sapi ataupun seafood.

2. Bika Ambon

Walaupun makanan satu ini namanya bika ambon, tapi ternyata asalnya bukan dari Ambon. Jadi jangan salah, ya. Malah, kue satu ini asalnya dari Sumatera Utara, dan umumnya dijual di Kota Medan. Tidak sedikit orang yang menjadikan kue bertekstur lembut ini sebagai buah tangan untuk sanak saudara ataupun kerabat.

3. Rendang

Makanan khas Indonesia yang sudah mendunia bahkan dinobatkan jadi makanan terlezat ini asalnya dari Sumatera Barat. Kuliner khas satu ini dibuat dari olahan daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa dan juga bumbu rempah. Ketika dibuat, makanan ini butuh waktu berjam-jam untuk mengaduknya hingga jadi sebuah rendang. Namun karena dibuat dengan waktu yang tidak sebentar, masa tahan makanan ini pun cenderung bertahan lama.

4. Pempek

Makanan khas daerah Palembang yang paling populer ini sudah bisa dengan mudah kita temui di setiap daerah lain, selain daerah asalnya. Kuliner satu ini terbuat dari olahan ikan dan tepung sagu. Cara makannya, pempek akan dipotong-potong kecil, lalu di siram menggunakan kuah cuko atau cuka yang punya cita rasa asam, gurih dan juga manis.

Baca Juga: Bukan Hanya Pempek, Ini Dia 20 Makanan Khas Palembang yang juga Wajib Untuk Dicoba

5. Tempoyak

Ini adalah makanan khas Bengkulu yang punya cita rasa dan cara membuat yang terbilang unik. Bagaimana tidak, ternyata tempoyak terbuat dari buah durian yang difermentasikan selama 3 sampai 5 hari. Aromanya terbilang kuat, dan rasanya sangat unik. Tempoyak ini, setelah jadi, dapat digunakan sebagai bahan tambahan masakan lain, seperti pepes tempoyak mujair, tempoyak ikan nila, ataupun nila bumbu tempoyak kemangi.

6. Pulai Ikan Patin

Makanan satu ini merupakan kuliner populer di masyakarat Jambi. Gulai ikan patin dimasak dengan tempoyak atau durian fermentasi. Tapi ada juga sebagian masyakakat yang membuat gulai ikan patin ini dengan santan kelapa, menggantikan tempoyak. Ini dipilih untuk menghindarkan bau serta rasa yang menyengat dari bahan tenpoyak, yang mungkin tidak sukai setiap orang.

7. Gulai Belacan

Yang satu ini adalah makanan terkenal dari Riau. Belacan sendiri adalah sebutan lain dari terasi. Makanan ini dibuat dari campuran daging, udang ataupun ikan dengan kuah yang sudah dicampur dengan terasi. Rasanya unik, namun lezat.

8. Otak-otak

Kalau sebelumya, Riau punya gulai belacan. Sedangkan Kepulauan Riau, seperti Batam, Tanjung Pinang ataupun Pulau Penyengat, punya makanan khas daerah berupa otak-otak. Di daerah tersebut ada dua jenis otak-otak, yang terbuat dari ikan dan juga dari cumi yang cita rasanya lebih pedas. Otak-otak sendiri merupakan makanan yang biasanya dibungkus menggunakan daun berwarna hijau, yang dibakar di bara api. Rasanya yang lezat berpadu dengan aroma bakarannya, sungguh menggugah selera.

9. Mie Bangka

Makanan Khas Daerah Mie Bangka

Kuliner yang terbuat dari mie kuning basah yang disiram kuah berbumbu dari bahan ikan, udang, cumi ataupun kepiting ini adalah makanan yang bisa kamu temui ketika pergi ke Bangka Belitung. Walaupun begitu, makanan yang punya tambahan isian berupa tauge, mentimun dan kerupuk ini juga sudah banyak dijual di daerah lain, walaupun bukan daerah asalnya.

10. Seruit

Makanan Khas Daerah Lampung, Ikan Seruit

Ini adalah makanan khas Lampung, berupa ikan besar yang diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. Umumnya, kuliner ikan ini dimakan dengan menggunakan campuran berupa sambal tempoyak atau sambal mangga, untuk menambah kelezatannya.

11. Kerak Telor

Makanan Khas Daerah Betawi, Kerak Telur

Jakarta, juga punya makanan khas daerahnya sendiri, lho. Yang paling terkenal dan banyak disukai adalah kerak telor. Ini adalah kuliner yang dibuat dengan bahan berupa beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi (udang kering), yang kemudian disangrai kering, dan disajikan dengan tambahan bawang merah goreng dan bumbu kelapa sangrai. Rasanya gurih, namun juga ada rasa sedikit manis dari tambahan bumbu kelapa sangria yang ternyata menggunakan gula pasir. Makanan legend ini mungkin sudah sangat sulit ditemui, kecuali di tempat wisata ataupun bazzar kuliner di Jakarta.

12. Sate Bandeng

Makanan Khas Daerah, Sate Bandeng

Banten juga punya makanan khasnya yaitu sate bandeng. Sate bandeng ini punya daging yang empuk dan juga tidak bertulang. Bandeng diolah dengan menggunakan gula cokelat ataupun santan. Nah, bagi kamu yang tidak suka makan bandeng karena banyak durinya, bisa coba makanan satu ini nih. Selain itu, kamu juga bisa jadikan sate bandeng sebagai oleh-oleh, lho.

13. Surabi

Makanan Khas Daerah Surabi

Makanan khas daerah Jawa Barat ini punya cita rasa yang manis. Terbuat dari adonan tepung beras dan juga terigu, yang dibakar menggunakan tembikar tanah liat. Lalu dikonsumsi menggunakan tambahan saus manis gula jawa. Kalau makan surabi, pasti tidak cukup satu buah, karena rasanya yang lezat dan aroma bakaran yang menghiasinya.

14. Lumpia

Lumpia adalah makanan khas Semarang yang bisa kamu temui dengan mudah di daerah asalnya, mulai dari pinggir jalan ataupun restoran besar. Kuliner satu ini punya isian berupa rebung, telur dan daging udang. Umumnya ada dua pilihan lumpia yang bisa kamu coba, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Jangan lupa, cocol saus manis gurihnya ya ketika dimakan!

15. Tempe Mendoan

Kuliner ini berasal dari Banyumas. Makanan olahan dari tempe ini, umumnya punya ukuran tempe yang cukup lebar. Lalu tempe dilumuri tepung berbumbu dan kemudian digoreng. Untuk mengonsumsinya, biasanya tempe mendoan dimakan bersama cabai rawit ataupun sambal kecap.

16. Gudeg

Kalau ditanya dari mana asal gudeg, sudah banyak banyak orang yang mengetahuinya. Ya, gudeg ini berasal dari Yogyakarta. Makanan legend satu ini terbuat dari Nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Di Jogja, banyak dijual nasi gudeg, yang merupakan campuran nasi, gudeg, dengan tambahan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tahu dan juga sambal goreng krecek.

17. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas daerah Jawa Timur, terutama Surabaya. Isian rujak cingur sendiri terbuat dari mulut sapi atau cingur. Umumnya disajikan dengan tambahan sayur, dan diberi bumbu yang terbuat dari petis udang, air, gula, kacang tanah goreng, cabai, garam serta irisan tipi pisang biji hijau muda.

18. Ayam Betutu

Nah, yang satu ini adalah makanan khas daerah Bali yang populer dan jadi primadona. Ini merupakan olahan ayam yang umumnya disajikan utuh, lalu diberi bumbu dan dipanggang di dalam api sekam. Rasanya lezat, dengan cita rasa gurih serta berbumbu yang nikmat.

19. Daging Asap (Sei)

Kuliner berupa daging yang dimasak dengan cara diasap atau disebut sei ini adalah makanan favorit dan khas dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kabupaten Rote Ndao. Makanan ini adalah irisan daging tipis yang diasapi bara api pohon kesambi. Nantinya, daging asap ini bisa diolah kembali dengan bumbu-bumbu tambahan atau dimakan begitu saja.

20. Ayam Taliwang

Ayam taliwang dibuat dengan menggunakan daging ayam kampung muda, yang kemudian dibakar dan dibumbui sambal terasi atau sambal bawang. Umumnya, ayam taliwang nikmat dikonsumsi bersama dengan plecing kangkong.

21. Soto Banjar

Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan ini berbahan utama ayam. Bumbunya berupa kayu manis, biji pala dan juga cengkeh, yang menambah aroma harum masakan satu ini. Ketika ingin dikonsumsi, daging ayam suwir akan diberi tambahan perkedel ataupun kentang rebus, telur rebus dan juga ketupat.

22. Bubur Pedas Sambas

Seperti namanya, makanan ini berasal dari Sambas, Kalimantan Barat. Walaupun namanya adalah bubur pedas, namun rasanya tidak sepedas namanya kok. Makanan ini adalah bubur yang dimakan dengan campuran sayur.

23. Juhu Singkah

Yang satu ini sangat terkenal di daerah Kalimantan Tengah, terutama masyarakat Dayak. Kamu bisa menjumpai makanan ini dengan mudah di Palangkaraya. Kuliner ini terbuat dari umbut rotan yang paling nikmat dimakan dengan ikan betok. Umumnya, umbut rotan ini dapat ditemukan di hutan sekitar tempat tinggal warga.

24. Ayam Cincane

Kalau yang satu ini asalnya dari Kalimantan Timur, khususnya Samarinda. Umumnya, makanan ini disajikan ketika masyakarat Samarinda mengadakan pesta pernikahan atau penyambutan tamu kehormatan. Olahana yam satu ini disajikan dengan bumbu kemerahan yang merupakan ciri khasnya.

25. Sup Konro

Sup konro atau sup iga sapi ini paling terkenal di Bugis dan Makasar. Bukan hanya menggunakan iga sapi saja, tapi juga ada tambahan daging sapi di dalamnya. Lalu disajikan dengan kuah kehitaman dan ketupat. Kuahnya sendiri terbuat dari kluwek yang memang berwarna hitam.

26. Lapa-lapa

Makanan khas Sulawesi Tenggara ini punya cita rasa yang gurih. Umumnya makanan ini dikonsumsi bersama ikan kaholeonarore atau ikan asin, untuk menambah cita rasanya. Sudah pernah coba?

27. Binte Biluhuta

Beralih ke daerah Gorontalo, yang punya binte biluhuta. Ini makanan berupa milu atau jagung, udang, kelapa yang setengah tua, belimbing satur, daun kemangi dan daun bawang, bawang merah serta jeruk nipis.

28. Bubur Manado

Bubur manado atau tinutuan ini umumnya merupakan makanan yang dijadikan menu sarapan. Kuliner bubur ini terbuat dari beragam campuran sayuran, tanpa daging. Paling lezat menyantapnya dengan tambahan ikan asin, nih!

29. Papeda

Papeda atau bubur sagu adalah makanan pokok dari masyakarat Maluku dan juga Papua. Makanan ini dibuat dengan menggunakan tepung sagu. Umumnya, memakan papeda, paling cocok dengan tambahan ikan tongkol atau ikan mubara kuah kuning.

Baca Juga: Mengenal 8 Makanan Khas Maluku Favorit

30. Ikan Bakar Manokwari

Papua Barat juga punya kuliner khas daerahnya yaitu ikan bakar Manokwari. Yang membedakan dari ikan bakar biasanya adalah, ikan bakar Manokwari ini punya bumbu khusus yang membuatnya punya cita rasa berbeda ketika dimakan.

Dari makanan daerah di atas yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, yang mana yang paling ingin sekali kamu coba? Selain dalam daftar di atas, ternyata kuliner Indonesia masih banyak lagi, lho, macamnya. Dan yang pasti punya rasa yang lezat dan unik. Kalau kamu berkunjung ke daerah-daerah tertentu, sempatkan untuk mencoba menu khas daerah sana ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *