Kuliner Lumajang yang Harus Dicobain Saat Mudik

Kuliner Lumajang

Kuliner Lumajang – Mudik lebaran ke kampung halaman, tidak hanya untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Peristiwa ini digunakan untuk wisata keluarga, baik kuliner atau alam.

Nah di Lumajang, ada banyak makanan yang direferensikan oleh Pesona Indonesia, Kementerian Pariwisata. Khofifah Indar Parawansa juga lewat instagramnya bagikan daftar makanan ini. Yuk baca kuliner apapun yang harus dicoba waktu di Lumajan

Capjay Mbak Eni

Berada di Jalan Imam Bonjol, Nomor 14, Kelurahan Citrodiwangsan, Lumajang, capjay ini menjadi Kuliner Lumajang yang melegenda. Porsinya yang banyak dan rasa enak, membuat banyak masyarakat Lumajang ramai-ramai mencicip capjay ini.

Ayam Geprek Tuan Manis

Ayam Geprek ini bisa jadi termasuk baru di Lumajang. Tempatnya di Jalan Semeru, persisnya Serambi Pujasera. Menu favorite masyarakat Lumajang yaitu ayam geprek dengan lelehan Mozarella.

Pecel Telo

Kuliner Lumajang selanjutnya pecel telo. Namanya saja telah unik, Pecel yang umumnya diproses dengan sayur-sayuran serta bumbu kacang saja, sekarang dikasih telo. Umbi yang umumnya dibikin keripik atau olahan makanan lain ini dicampurkan dengan bumbu kacang. Tara.. jadilah pecel telo.

Tak perlu sulit cari hidangan ini, sebab dipasarkan di sejumlah pasar Lumajang. Diantaranya di Pasar Sukodono Lumajang yang membuka mulai shubuh. Tetapi harus cepat ya, sebab pecel ini laku manis.

Mie Semeru

Hidangan Mie ini dapat juga disebut baru di Lumajang. Mie Semeru identic dengan mie pedas yang digemari beberapa remaja. Tetapi, ada pula kok Mie tanpa ada cabenya. Tempatnya juga dekat kota Lumajang. Persisnya di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang.

Kue Lathok

Kue latok ini seperti dengan kue cenil. Tetapi perbedaannya, latok dikukus, sesaat cenil di rebus. Kenyalnya kue ditambah lagi siraman gula merah, membuat pencinta kuliner tidak dapat berhenti makan. Kue ini cukup gampang didapati, terutamanya di beberapa pasar tradisionil Lumajang.

Sate Gule Kambing Pelita

Walau sate gule ini bukanlah makanan ciri khas Lumajang, tetapi ada yang tidak sama dengan sate gule di Pelita. Tempatnya di samping timur Jalan Raya Pelita, tidak jauh dari perempatan Gadingsari. Rasa-rasanya enak dank has, membuat makanan ini banyak dicari masyarakat Lumajang. Ingin mencobanya?

Lalapan Pak Basir

Lalapan dapat diketemukan dimanapun, terhitung di Kabupaten Lumajang. Lalapan Pak Basir di Jalan Kyai Ghozali ini jadi jagoan masyarakat Lumajang, dari mulai masih Lesehan, sampai depot. Bagian besar serta rasa yang enak, membuat lalapan Pak Basir merajai per-lalapan-an di Lumajang.

Kuliner Lumajang Lontong Petis

Hidangan lontong ini seringkali didapati waktu Lebaran di dalam rumah masyarakat. Lontong ini diberikan dengan daging ayam, tahu serta tentu saja petis yang telah lebih dulu diproses jadi lebih enak. Di sejumlah depot spesial lontong, makanan ini dapat didapati, walau tidak gampang, sebab orang condong membuat waktu Lebaran hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *