Kuliner Khas Jember yang Legendaris

Menu kuliner

Jember adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Selain mempunyai banyak tempat wisata Jember yang menarik, kota di Jawa Timur ini juga mempunyai ragam makanan khas yang banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Mau tahu Menu kuliner Jember apa saja yang menjadi rekomendasi dari tempatwisataindonesia.id? berikut ulasan lengkapnya.

Pecel Gudeg

Menu kuliner

Menu kuliner khas Jember Jawa Timur ini cukup unik karena merupakan kolaborasi antara nasi pecel dengan gudeg, cecek, potongan daging, rempeyek, kacang panjang, dan sambal pecel yang khas.

Gudeg yang merupakan makanan khas Yogyakarta berpadu dengan pecel yang menjadi makanan khas wilayah Jawatimuran. Satu porsi pecel gudeg disajikan bersama dengan lauk yang dapat kamu pilih sendiri sesuai dengan selera.

Soal harga, tergantung dari jenis lauk yang kamu tambahakan, semakin banyak lauknya maka harganya akan semakin mahal. Pecel gudeg ini dapat dengan mudah kamu temukan di setiap warung makan yang ada di Jember.

Pecel Pincuk Garahan

Olahan makanan berjenis Jember satu lagi adalah pecel pincuk garahan. Pecel pincuk garahan mempunyai keunikan tersendiri karena wadah atau tempat yang digunakan untuk menyajikan makanan ini menggunakan daun pisang. Rasa masakan pecel pincuk dominan pedas yang berasal dari kuah sambal kacang yang disiram di atas bahannya, berbeda dengan pecel pada umumnya yang relatif mempunyai rasa gurih.

Pecel pincuk garahan ini juga sedikit asam jika dirasakan. Bumbu sambal kacang dalam pecel pincuk garahan juga tidak sehalus bumbu pecel pada umumnya, bahkan kacang yang dipakai dalam bumbu kacang masih sangat terasa. Tambahan lain yang disajikan dalam satu porsi pecel pincuk garahan diantaranya adalah tauge dan sayur gundo. Setelah mencobanya, pasti kamu akan bisa membedakan rasa dari pecel biasa dan pencel pincuk garahan.

Pia Tape

Makanan ciri khas Jember selanjutnya adalah pia tape. Lagi lagi berbahan dasar tape yang menjadi ciri khas sajian kuliner Jember. Pia tape mempunyai beragam varian rasa mulai dari rasa keju, rasa coklat, rasa pisang, rasa strawberry, sampai dengan rasa blueberry. Pia ini mempunyai tekstur sedikit keras pada bagian kulitnya namun lembut didalam.

Warnanya coklat kekuningan dengan rasa manis dari tape keluar saat digigit. Pia tape sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Jember setelah kamu puas berkeliling dan menjelajah wilayah Jember. Selain kemasannya modern, simpel, dan mudah dibawa, pia tape ini mampu bertahan selama beberapa hari sehingga tidak mudah busuk.

Martabak dan Terang Bulan King

Martabak dan terang bulan King sangat cocok bagi kamu pecinta makanan manis. Berbagai varian rasa dan topping disajikan di martabak terenak dan terkenal di Jember ini. Kamu rugi jika ke Jember tidak sempat merasakan sajian martabak dan terang bulan dari King ini.

Martabak dan terang bulan King dapat kamu temui di Jalan Karimata Nomor 50 tepatnya samping Hotel Royal, Jember. Buka mulai jam 3 sore sampai jam 10 malam.

Roti bakar Tjiliwoeng Jember

Roti bakar tjiliwoeng ini merupakan tempat makan yang enak dijadikan tempat bersantai dengan teman maupun keluarga. Lokasinya sangat strategis berada di tengah Kota Jember. Kedai ini banyak menyediakan pilihan menu yang enak dan lezat olahan roti bakar. Alamat roti bakar tjiliwoeng ini berada di Jalan Ciliwung Nomor 11, Jember.

Soto Ayam Dahlok

Menu kuliner

Soto ayam dahlok merupakan Menu kuliner legendaris di Jember karena sudah terkenal dan berdiri sejak tahun 1958. Nama dahlok diambil dari lokasi kedai soto ini yang persis berada di belakang apotek Dahlok, namun sekarang apotek tersebut sudah tutup.

Soto dahlok disajikan dalam tiga macam masakan, yaitu soto biasa, soto istimewa, dan soto jeroan. Satu porsi soto ayam dahlok hanya dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah saja. Lokasinya ada di Jalan Fatahillah Nomor 1, Jember.

Bakso Kabut

Namanya saja unik apalagi rasanya. Bakso kabut ini merupakan bakso telur dimana jika biasanya sajian bakso berisi telur, sedangkan bakso kabut ini dibalik karena ada telur yang melapisi bakso. Rasanya sangat nikmat dan beda dengan bakso telur lainnya. Satu porsi bakso kabut sangatlah murah karena harganya berkisar 5 sampai 15 ribu rupiah saja. Bakso kabut dapat kamu temui di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember.

Ayam Panggang Sari Jaya

Penjual Menu kuliner ini berada di Jalan Rasa Sultan Agung Nomor 124 yang dulunya bernama rumah makan Cheong On. Ayam panggang sari jaya merupakan menu andalan di resto ini yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dengan tambahan bumbu kecap yang menggugah selera.

Nasi Langgi

Kuliner Khas Jember

Menu kuliner khas Kota Jember Jawa Timur selanjutnya adalah nasi langgi yang berisi nasi, daging sapi bumbu bali, sambal goreng teme, sambal goreng kentang, petis, telur asin, abon sapi, mentimun, dan ditambah dengan sambal. Nasi langgi akan dengan mudah kamu temui di seluruh penjuru Kota Jember.

Wedang Cor

Minuman khas Jember ini sangat terkenal di kalangan warga asli Jember. Rasanya perpaduan antara asem, manis, dan hangat. Wedang cor biasanya disajikan bersama dengan pisang goreng, tahu isi, dan gorengan lainnya. Wedang cor terbuat dari campuran beberapa bahan diantaranya susu kental manis, tape singkong atau tape ketan hitam ditambah dengan jahe dan air hangat.

Jenang Waluh

Makanan khas Jember berikutnya ada jenang waluh. Jenang waluh memakai daging buah labu kuning atau disebut juga dengan waluh. Makanan ini biasa disajikan bersama dengan olahan dari ketan yang dicampur dengan kelapa tua yang diolah menjadi uli. Rasanya sangat enak dan recommended untuk dicicipi. Paduan antara aroma dan rasanya sangat pas dan mantap. Rugi jika kamu berkunjung ke Jember dan tidak sempat mencicipi sajian kuliner jenang waluh ini.

Tahu Hwa

Tahu hwa merupakan sajian kuliner yang terbuat dari ampas tahu dan disajikan dengan kuah jahe. Pedagang tahu hwa biasanya berjualan menggunakan motor dan berkeliling atau ngetem di depan pom bensin Ahmad Yani, Jember. Rasa tahu hwa ini sedikit pahit namun dicampur dengan kuah jahe yang hangat dan manis menjadikan kuliner yang satu ini recommended untuk dicoba.

Tape Bakar

Tape bakar sebenarnya makanan khas Bondowoso, hanya saja karena Bondowoso dan Jember bedekatan, makanan ini juga banyak ditemui di Jember. Terbuat dari tape singkong yang dibuang tengahnya kemudian diberi isian gula merah, selai buah, atau coklat dan dibalut dengan daun pisang untuk dibakar menjadikan tape bakar ini mempunyai rasa yang unik. Tape bakar lebih nikmat disantap ketika masih hangat.

Demikian ulasan dan tambahan informasi mengenai makanan khas Jember yang patut kamu coba ketika mempunyai kesempatan berkunjung ke kota Jember. Semoga ulasan ini dapat berguna dan menambah wawasan tentang kulinermu ya. Ditunggu kedatangannya di Jember!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *