Kuliner Khas Bojonegoro yang Wajib Kalian Cobain

Kuliner khas Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kuliner adalah provinsi Jawa Timur. Kuliner khas Bojonegoro ini sering kali menjadi buruan para pecinta kuliner. Meski memiliki tampilan yang cukup sederhana, namun cita rasa yang ditawarkan ini membuat para penikmatnya menjadi ketagihan.

Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Bojonegoro, jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner khas setempat. Karena berwisata ke Bojonegoro tidak akan lengkap tanpa mencoba kulinernya. Cita rasa yang nikmat dan khas akan memanjakan lidahmu, sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan kuliner di Bojonegoro ada yang mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Berikut beberapa kuliner nikmat khas Bojonegoro yang sudah kami rangkum.

Putu

Siapa yang tidak kenal kue putu? Makanan khas Bojonegoro ini memiliki rasa yang manis, gurih dan enak. Apalagi jika disantap ketika masih hangat. Bahan untuk membuat kue putu juga cukup sederhana yaitu tepung beras butiran kasar, gula jawa dan parutan kelapa sebagai pelengkap saat putu sudah matang dan siap disajikan. Cetakan yang digunakan untuk membentuk kue putu adalah bambu yang dipotong dan dilubangi. Rasanya yang enak akan membuat siapa saja yang menyantapnya menjadi ketagihan.

Gethuk Lindri

Gethuk merupakan nama jajanan yang sudah tidak asing di telinga sebagian besar orang Indonesia. Karena sudah menjadi makanan tradisional khas negara ini. Gethuk juga menjadi makanan khas Bojonegoro, karena keberadaanya yang sudah cukup lama dan kepopulerannya di Kabupaten Bojonegoro.

Gethuk khas Bojonegoro berbahan utama singkong. Selain itu nama lain gethuk di daerah ini dikenal dengan gethuk lindri. Rasanya yang manis dan dilengkapi dengan parutan kelapa menjadikan jajanan yang satu ini sangat nikmat. Cocok disajikan bersama kopi ataupun disantap langsung.

Nasi Flambe

Jika kamu berkunjung ke Bojonegoro, kamu wajib mencoba makanan khasnya yang satu ini, yaitu Nasi Flambe. Nasi putih hangat disajikan bersama udang goreng, telur orak-arik, ayam suwir yang akan memanjakan lidahmu.

Kenikmatan kuliner ini semakin mantap dengan sambal terasi yang rasanya menggugah selera. Meski tampilannya sederhana namun rasa dari nasi flambe ini akan membuat kamu ketagihan. Harga satu porsi kuliner ini pun cukup terjangkau dan dijamin tidak akan menguras dompet.

Sego Buwuhan

Bagi warga Bojonegoro, sego buwuhan merupakan menu kuliner yang sudah tidak asing lagi. Karena masakan yang satu ini sudah menjadi menu keseharian warga setempat. Keberadaannya pun cukup mudah ditemui, banyak pedagang yang menjajakan sego buwuhan di tepi jalan, hingga di rumah-rumah.

Satu porsi sego buwuhan terdiri dari nasi putih hangat, momok tempe, mie, sayur tewel bisa pula sayur blonceng, sate daging sapi atau telur serta dilengkapi dengan rempeyek teri atau kacang. Rasanya tentu saja sangat nikmat dan bikin nagih.

Tak hanya itu, Sego Buwuhan ini juga mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori hidangan terbanyak. Pada acara Pagelaran Bojonegoro Thengul International Folklore Festival 2019 (TIFF) pada bulan Juli disajikan 26.600 ribu sego buwuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *