Ingin bernostalgia ke masa lampau sekaligus menikmati budaya dan pesona keindahan alam yang tiada duanya?
Maka berkunjunglah ke kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur ini.
Kota Malang dulunya merupakan salah satu daerah pemukiman favorit bangsa Belanda pada jaman kolonial karena beriklim sejuk. Tak hanya itu saja, catatan sejarah dan kekayaan budayanya pun kini terus memikat para wisatawan dari seluruh dunia.

Dan semua daya tariknya itu masih bisa Anda nikmati hingga sekarang.
Ya, berbagai bangunan peninggalan masa kolonial sampai sisa-sisa kejayaan kerajaan Hindu masa lalu dengan mudah bisa Anda temui di Malang. Semua terjaga dengan baik meskipun budaya pop dan modern mulai menjamur.

Kafe-kafe dan tempat makan hipster adalah salah satu tren yang mulai berkembang. Dan perpaduan modernitas dan keanggunan masa lalu tersebut menjadikan Malang sebuah destinasi kuliner yang benar-benar unik.

Surgannya para penikmat kopi : BataPuti Coffeehouse

Taman senantiasa menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan. Salah satunya yang ada di BataPuti Coffee House.
Untuk Anda yang datang dengan pasangan, tempat ini akan terasa jauh lebih spesial karena sisi romantis yang ditawarkan. Di bagian outdoor misalnya, di mana Anda bisa menghabiskan waktu di bawah temaram malam, tapi tetap disuguhi suasana yang jauh dari kata mengerikan.
Background jembatan gantung yang ada sebelah cafe ini bisa menjadi spot menarik untuk Anda ber-selfie dengan pasangan. Dijamin, hasilnya bakal keren banget!
Bukan itu saja yang menjadikan BataPuti spesial bagi para pasangan, tapi juga karena menu makanan dan minumannya. Meski lebih didominasi sajian kopi, namun ada juga menu lain untuk memanjakan Anda dan pasangan, sekaligus memaksa untuk berlama-lama di sini.
Silahkan coba Bruschetta yang rasanya tiada duanya, atau mungkin Rock n Roll Fried Spring Rolls, atau bahkan sekadar Tempo Mendoan dan Tape Rondo Royal. Untuk kopi, Anda bisa menikmati banyak sajian, pun demikian dengan float, squash, blended ice dan teh spesial.
Jadi, dengan pemandangan taman yang keren, makanan yang asyik, minuman yang menyegarkan, serta suasana yang cozy, sepertinya tidak butuh alasan lagi untuk tidak ke BataPuti, bukan begitu?

  • Alamat: Jl. Araya Megah no. 9, Kompleks Taman Indie, Araya, Malang
  • Telepon: (0341) 416 999
  • Email: [email protected]
  • Jam Operasional: 16.00 – 24.00

Nongkrong sambil menghangatkan diri mengelilingi perapian: Campfire Outdoor Cuisine

Kota Batu terkenal akan hawanya yang lumayan dingin. Salah satu cara untuk membunuh rasa dingin paling efektif adalah dengan berkumpul mengelilingi api unggun atau perapian. Tapi membayangkan harus mengumpulkan kayu bakar saja sudah bikin malas.
Tenang, kini telah dibuka tempat nongkrong yang lagi hits di kawasan Batu, yaitu Campfire Outdoor Cuisine. Uniknya, cafe ini mengusung konsep terbuka dengan “api unggun” tersedia di setiap meja. Dan yang bikin lebih asyik, karena apinya dinyalakan menggunakan batu bara dan gas, maka jangan khawatir terganggu oleh asap pembakaran.
Setiap meja dikelilingi oleh bangku melingkar permanen yang dilapisi bantalan empuk, jadi Anda bisa nongkrong menghangatkan diri sepuasnya.
Karena di tiap meja sudah ada “api unggun”, maka sebagian besar menu yang ditawarkan adalah bakar-bakaran alias barbecue yang bisa kita bakar sendiri. Mulai dari Flame Grilled Chicken, Ribs BBQ, Grilled Banana, atau jika ingin mencicipi banyak jenis makanan, Anda bisa memesan Campfire Sampler yang terdiri dari sosis, ayam dan sebagainya.
Kalau sudah keasyikan nongkrong rame-rame bersama teman-teman atau keluarga mengelilingi “api unggun” membara seperti ini, rasanya yang kurang cuma satu, yaitu… gitar!

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno No. 300 (depan Hotel Mentari), Kota Batu, Jawa Timur 65233
  • Telepon: 0821 1244 2293
  • Jam Operasional: 16.00 – 24.00

Nuansa alam pedesaan nan asri: Paddy City Resort

Paddy City Resort menjadi salah satu tempat paling romantis untuk dihabiskan bersama pasangan Anda.
Resort ini memiliki pemandangan alami terbaik dan udara yang menyejukkan, dengan area persawahan menjadi andalannya.
Ada satu spot spesial di mana Anda bisa menghabiskan waktu berada di tengah sawah, mendengarkan gemericik air dari sungai, duduk di meja dan kursi yang memang disediakan khusus, untuk Anda bisa menikmati suasana spesial di tengah alam terbuka, menikmati sajian panganan dan minuman seperti wedang jahe.
Yang spesial dari tempat ini bukan hanya suasana pedesaan dan persawahan, tapi juga atmosfer kekeluargaan yang ditawarkan oleh sekitarnya. Dengan hotel bertetangga dengan rumah warga secara langsung.
Bagaimana dengan makanannya? Resort ini menyajikan masakan tradisional, seperti Krengseng Sapi, Sup Iga Sapi, Ayam Rica-Rica dan masih banyak lainnya. Untuk rasanya, jangan ditanya karena standar yang digunakan adalah standar hotel.
Secara keseluruhan, tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mendapatkan suasana romantis bersama pasangan, makan malam romantis di tengah alam terbuka. So sweet banget!

  • Alamat: Perum Tatasurya Jl.Regulus 9 Tlogomas Malang, Indonesia
  • Telepon: (0341) 557 791
  • Email: [email protected]
  • Jam Operasional: 08.00 – 22.00

Menikmati sejuknya alam pegunungan: Pupuk Bawang Cafe & Dining

Bayangkan, berada di kaki gunung, duduk bersantai menyaksikan hamparan sawah dan ladang, juga pepohonan dan rumah-rumah penduduk yang asri, ditemani penganan favorit bersama orang terkasih.
Seru, bukan? Semua itu bisa Anda dapatkan di Pupuk Bawang Cafe & Dining.
Cafe ini berlokasi di tempat yang tenang jauh dari keriuhan kota dan menyuguhkan alternatif refreshing yang aduhai rasanya.
Di siang hari, udaranya tidak terasa terik dan Anda bisa menyaksikan kebun seledri yang hijau dengan gunung sebagai background-nya. Saat malam, suasana berganti menjadi lebih syahdu dengan lampu kota mengambil alih inti keindahan dari kejauhan.
Bukan hanya pemandangannya saja yang jadi andalan cafe ini, menu yang disajikan pun bervariatif, mulai dari camilan seperti Onion Ring, hidangan barat seperti Classic Beef Burger, hingga sajian bercita rasa Asia, Ayam Lima Rasa yang jadi Andalan.
Oh iya, sembari menunggu pesanan datang, ada free popcorn lho buat mengisi waktu Anda sambil ditemani aneka cocktail. Mantap!

  • Alamat: Jalan Panglima Sudirman No.116, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 55313.
  • Telepon: 0822 1777 7507
  • Jam Operasional: 10.00 – 24.00

Makan di tengah pematang sawah: Cafe Sawah Pujon Kidul

Pernah memiliki angan-angan bisa makan bersama orang kesayangan di tengah sawah nan hijau dengan suasana pedesaan nan romantis? Kini Anda bisa mewujudkan angan-angan itu!
Perpaduan antara setting cafe yang unik, pemandangan alam yang ciamik dan makanan yang lezat membuat tempat ini harus menjadi salah satu tujuan Anda saat ke Malang.
Dari tempatnya sendiri, Cafe Sawah ditata sedemikian rupa dengan menonjolkan sisi tradisionalnya. Adanya gazebo dari bambu dengan atap ijuk dan meja-meja kayu yang otentik menegaskan hal itu.
Sementara pemandangannya sangat luar biasa. Berada di tengah persawahan, Anda bisa menyaksikan langsung Gunung Dorowati dan Gunung Putri Tidur dari kejauhan dan sawah-sawah yang menghijau. Karena mengikuti kontur tanah, lansekap kafe pun menjadi berundak, yang kemudian menjadi ciri khas tambahan dari tempat ini.
Untuk makanannya, tak usah terlalu berharap banyak bakal mendapat menu yang wah karena memang yang ditawarkan di tempat ini adalah pemandangan alamnya. Meski begitu, dengan dinginnya udara di tempat ini, sepiring Nasi Jagung, semangkok bakso dan teh panas pun terasa spesial.

  • Alamat: Pujon Kidul, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
  • Jam Operasional: 07.00-22.00
  • Cara ke Sana: Dari Malang, ambil arah menuju Coban Rondo lewat jalur Batu-Kediri hingga sampai ke Patung Sapi, setelahnya ikuti arah ke Pujon Kidul.

Lokasi pre-wedding favorit yang dipenuhi benda kuno: Rumah Coffee Loe Mien Toe

Berbeda dengan sebagian besar restoran di daftar ini yang kuat dengan pengaruh Eropa, tempat yang satu ini murni mengusung konsep perpaduan Cina-Jawa secara maksimal.
Dan itu tampak dari dekorasi dan berbagai pernak-pernik yang menghiasinya di setiap sudut.
Dilihat banyaknya barang-barang vintage yang ada di dalamnya, sepintas tempat ini menyerupai sebuah vila yang dihuni oleh seorang kolektor benda-benda kuno.
Keunikannya itulah yang menjadikan Rumah Coffee Loe Mien Toe jadi tempat favorit para calon pengantin sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

  • Lokasi: Jalan Tata Surya No. 2, Dinoyo, Malang
  • Telepon: 0812 1788 8813
  • Jam Operasional: 13.00 – 24.00

Panorama kota dan pegunungan yang memukau: The Clubhouse Restaurant & Lounge, Jambuluwuk Resort Batu

Banyak cara menikmati indahnya Kota Batu dan Malang, dan salah satu opsi yang bisa diambil adalah dengan menikmati makan malam romantis bersama pasangan di The Clubhouse yang terdapat di Jambuluwuk Resort Batu ini.
Tempat ini menawarkan pemandangan yang istimewa, terutama di malam hari. Dari lereng Gunung Panderman, Anda dan pasangan bisa menyaksikan kemerlip lampu Kota Malang dan Batu dari ketinggian. Udara yang dingin akan menambah sisi romantis.
Tapi itu belum semua dari ‘paket istimewa’ yang bisa Anda dapatkan.
Menu makanan yang ditawarkan untuk menikmati malam romantis juga tak kalah spesial. Beratapkan langit dan bintang (jika cuacanya cerah), Anda bisa menikmati makanan dengan menu lokal atau internasional. Tersedia pula paket romantic dinner istimewa untuk pasangan.
Semua itu akan semakin menambah sisi romantis dengan iringan musik melow, yang pastinya akan membuat kehangatan dengan pasangan semakin larut.

  • Alamat: Jambuluwuk Resort Batu, Jl. Trunojoyo No. 99, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312
  • Telepon: (0341) 512 999
  • Jam Operasional: 08.00 – 22.00

Suasana malam romantis di bawah kerlip lampu: Cafe Bukit Delight

Kota Malang sudah menjadi kawasan pemukiman padat penduduk. Hampir sulit menemukan lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan alam yang mengesankan.
Tapi, ada satu tempat di mana Anda bisa menikmati perpaduan apik pemandangan antara perkebunan, pegunungan dan perkampungan penduduk di salah satu sudut Kota Malang. Tempat itu bernama Cafe Bukit Delight.
Dibuka mulai sore hari, cafe ini menjadikan pemandangan Malang di malam hari sebagai andalan menarik pengunjung. Bukan hal yang berlebihan, karena memang suasana malam hari di sini begitu mengesankan.
Dengan Gunung Arjuna, Panderman dan Banyak menjadi background, perkebunan dan rumah penduduk yang ditandai dengan kelap-kelip lampu dari kejauhan menjadikan suasananya menjadi syahdu.
Suasana di cafe ini sendiri juga nyaman dan apik. Furnitur papan dan kursinya dari kayu, dengan pohon-pohon yang diatur sedemikian rupa menambah keasrian cafe itu sendiri. Saat malam, deretan lampu-lampu akan menghiasi area terbuka cafe ini. Keren abis!
Menu yang disajikan cukup spesial. Untuk makanannya, ada Hotdog, Chicken Blackpepper Rice, Chicken Barbeque Rice dan Beef Teriyaki Rice.

  • Alamat: Jl. Raya Joyoagung No.1, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144
  • Jam Operasional: 16.00 – 24.00 (Senin tutup)

Bersantap di bawah pepohonan rindang di tengah hutan: Daun Coklat (Dancok) Cafe

Nama cafe ini ikonik banget, dan bila sampai ke lokasi di mana tempat ini berada, Anda juga akan mendapati pemandangan alamnya pun tak kalah istimewa.
Konsep dari Daun Coklat Cafe ini memang sebagai cafe outdoor. Karena itu yang menjadi daya pikatnya adalah pemandangan alam di sekitar.
Setting-an cafe pun disusun sedemikian rupa untuk bisa membuat pengunjungnya menyatu dengan alam. Ada hammock yang siap mengayun Anda di antara pepohonan, ada juga sejumlah dek kayu di antara pepohonan, juga kursi santai untuk memberikan Anda kesempatan bersantai di tengah hutan pinus yang sejuk dan asri, melihat langsung keindahan lembah Songgoriti. Adem rasanya!
Tempat ini juga instagrammable abis. Tak sedikit yang sudah melakukan foto pre-wedding di Dancok Cafe.
Bagaimana dengan makanannya?Ada Tahu Dancok yang wajib Anda coba. Tahu goreng renyah berisi sayuran dan cabai hijau yang rasanya gurih-gurih pedas. Tertarik mencoba?

  • Alamat: Alamat: Kawasan Wisata Coban Rondo, Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
  • Telepon: 0812 1737 0035
  • Jam Operasional: 09.00 – 17.00 (Hari biasa) | 09.00 – 18.00 (Akhir pekan)
  • Tiket Masuk: Rp2.500,-

Bersantai dan bersantap di tepi telaga: Pondok Desa Kampoeng Telaga

Beberapa tempat makan memiliki kolam ikan atau akuarium raksasa, tapi restoran yang satu ini dibangun benar-benar di sekeliling telaga yang cukup luas!
Terletak di sebuah lahan seluas 35 hektar, sebagian besar area tempat ini merupakan kolam besar yang diisi dengan banyak sekali ikan koi.
Saking besarnya, di manapun Anda memilih tempat duduk, dijamin tetap akan mendapatkan pemandangan telaga tersebut.
Pilihan makanannya juga cukup banyak, dari ikan kakap bakar, cumi goreng sampai aneka tumisan dan sayur-sayuran.
Resort tempat restoran ini berada dikelilingi oleh pepohonan hijau nan asri, sehingga kalau sudah kenyang makan, Anda bisa berjalan-jalan sejenak ke sekitarnya.

  • Lokasi: Dusun Telaga Boutique Villa Resort
  • Telepon: 0857 9119 7916
  • Jam Operasional: 10.00 – 22.00

Apakah masih ada kafe dan tempat makan unik di Malang yang layak untuk direkomendasikan? Beri komentar di bawah ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

10 Cafe di Jombang Paling Ngehits

Jika bicara soal cafe, Jombang juga menjadi salah satu kota yang memiliki…

Cafe di Mojokerto yang Ngehits

Salah satu kota di Jawa Timur ini tidak hanya memiliki sisa bangunan bersejarah saja,…

Tempat Nongkrong di Jombang

Nongkrong jadi kebiasaan yang dilakukan sebagian masyarakat untuk bertukar ide atau sekadar…